EVALUASI FAKTOR PENGARUH KEPUASAN PENGGUNA GOVERNMENT TO GOVERNMENT (G2G) MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS ( STUDI KASUS APLIKASI E-OFFICE DISKOMINFOTIK PROVINSI RIAU )

  • Melgisaputra Dwi Nanda Universitas Islam Indonesia
    (ID)

Abstract

Pemerintahan berbasis elektronik atau disebut E-Government merupakan salah satu pemerintah pusat maupun daerah yang memanfaatkan teknologi informasi untuk dapat meningkatkan kualitas kinerja dari setiap stakeholder didalam pemerintahan. Salah satu E-Government terdapat pemerintah kepada pemerintah itu sendiri (Government-to-Government).   Salah satu upaya peningkatan kualitas layanan G2G yang dilakukan Diskominfotik  yaitu Pengembangan aplikasi E-Office. Akan tetapi pada penerapannya dari awal tahun 2016 hingga 2019 belum digunakan secara maksimal oleh seluruh SKPD Provinsi Riau. Pada penelitain ini melakukan analisa faktor pengaruh kepuasan pengguna dengan Webqual dan Importance Performance Analysis (IPA) untuk melihat kesesuaian harapan pengguna terhadap aplikasi E-Office saat ini. Sehingga menghasilkan rekomendasi perbaikan yang sesuai dengan tingkat kepentingan masing-masing faktor.

Kata kunci: E-Government; E-Office; Kepuasan Pengguna; Importance Performance Analysis; Webqual

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Melgisaputra Dwi Nanda, Universitas Islam Indonesia
Teknik Informatika Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia 

References

F. Hair Jr, J., Sarstedt, M., Hopkins, L., & G. Kuppelwieser, V. (2014). Partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM): An emerging tool in business research. European Business Review, 26(2), 106–121. https://doi.org/10.1108/EBR-10-2013-0128

Hair, J. F., Sarstedt, M., Ringle, C. M., & Mena, J. A. (2012). An assessment of the use of partial least squares structural equation modeling in marketing research. Journal of the Academy of Marketing Science, 40(3), 414–433.

Huang, Y.-K., Fan, W. S., Tsai, M.-C., & Ho, Y.-H. (2015). Using Importance-Performance Analysis in Evaluating Taiwan Blog E-Service Quality. Journal of Economics, Business and Management, 3, 338–345.

Kabanga, R. S., Nugroho, H. A., & Winarno, W. W. (2016). Measuring User Satisfaction And Website Adoption Of Government Website Quality On The Dissemination Food Security Information (Pengukuran Kualitas Website Pemerintah terhadap Kepuasan Pengguna dan Adopsi Website dalam Diseminasi Informasi Ketahanan Pangan. Pekommas, 1(1), 45–56.

Martilla, J. A., & James, J. C. (1977). Importance-performance analysis. The Journal of Marketing, 77–79.

Prybutok, V. R., Zhang, X., & Ryan, S. D. (2008). Evaluating leadership, IT quality, and net benefits in an e-government environment. Information & Management, 45(3), 143–152.

Rohman, F., & Kurniawan, D. (2017). Pengukuran Kualitas Website Badan Nasional penanggulangan Bencana Menggunakan Metode Webqual 4.0. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer, 3(1), 31–38.

Sanjaya, I. (2012). Pengukuran Kualitas layanan website kementerian kominfo dengan menggunakan metode webqual 4.0. Jurnal Penelitian Iptek-Kom, 14(1), 1–14.

Tarigan, J. (n.d.). User Satisfaction Using Webqual Instrument: A Research on Stock Exchange of Thailand (SET). 14.

Wicaksono, B. L., Susanto, A., & Winarno, W. W. (2012). Evaluasi Kualitas Layanan Website Pusdiklat BPK RI Menggunakan Metode Webqual Modifikasian dan Importance Performance Analysis. MEDIA, 19(1).

Zhu, Z., Zhu, T., Zhu, Y., & Sun, M. (2012). Study on effective assessment of practical teaching in university based on IPA. In Engineering Education and Management (pp. 391–398). Springer.

Published
2019-09-25
Section
Volume 4, Nomor 2, Oktober 2019
Abstract viewed = 605 times