APLIKASI AUGMANTED REALITY PENGENALAN JENIS KUPU-KUPU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuat dan mengimplementasikan aplikasi pengenalan jenis kupu kupu menggunakan Augmanted Reality, sehingga mempermudah pengunjung mengenali jenis kupu kupu yang ada di penangkaran kupu kupu Bantimurung. Desain penelitian yang digunakan adalah UML yang didesain secara terstruktur yang terdiri dari rancangan model use case diagram, activity diagram, sequence diagram dan class diagram. Software yang digunakan dalam membangun sistem ini adalah unity, vuforia SDK, Blender dan Android. Dalam penelitian ini pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi Augmanted Reality yang menampilkan animasi 3D dan penjelasan mengenai kupu kupu, aplikasi ini juga dapat membantu pengunjung dalam mengetahui tentang kupu kupu.
Kata kunci : Aplikasi, Augmanted Reality, Kupu-Kupu
Downloads
References
Alfa Satyaputra. 2014. Pemrograman Android mengguanakn ADT, Andi, Yogyakarta.
Iwan Setya Nugraha. 2009. Pemanfaatan Augmented Reality. Tugas akhir Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Semarang.
Jogiyanto H.M, 2008, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi “ pendekatan terstruktur teori dan praktek aplikasi bisnis”, Andi, Yogyakarta
Untung M, 2012. Kupu-Kupu di UIN Sunan Kalijaga. Yogyakarta,Bantul:Bento.
Copyright (c) 2019 MIRFAN MIRFAN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.