APLIKASI AUGMANTED REALITY PENGENALAN JENIS KUPU-KUPU

  • MIRFAN MIRFAN STMIK Handayani
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat dan mengimplementasikan aplikasi pengenalan jenis kupu kupu menggunakan Augmanted Reality, sehingga mempermudah pengunjung mengenali jenis kupu kupu yang ada di penangkaran kupu kupu Bantimurung. Desain penelitian yang digunakan adalah UML yang didesain secara terstruktur yang terdiri dari rancangan model  use case diagram, activity diagram, sequence diagram dan class diagram. Software yang digunakan dalam membangun sistem ini adalah unity, vuforia SDK, Blender dan Android. Dalam penelitian ini pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi Augmanted Reality  yang menampilkan animasi 3D dan  penjelasan mengenai kupu kupu, aplikasi ini juga dapat membantu pengunjung dalam mengetahui tentang kupu kupu.

                                                                                

Kata kunci : Aplikasi, Augmanted Reality, Kupu-Kupu

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

MIRFAN MIRFAN, STMIK Handayani
Teknik Informatika STMIK Handayani                                                                                                                        

References

Alfa Satyaputra. 2014. Pemrograman Android mengguanakn ADT, Andi, Yogyakarta.

Iwan Setya Nugraha. 2009. Pemanfaatan Augmented Reality. Tugas akhir Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Semarang.

Jogiyanto H.M, 2008, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi “ pendekatan terstruktur teori dan praktek aplikasi bisnis”, Andi, Yogyakarta

Untung M, 2012. Kupu-Kupu di UIN Sunan Kalijaga. Yogyakarta,Bantul:Bento.

Published
2019-09-16
Section
Volume 4, Nomor 2, Oktober 2019
Abstract viewed = 172 times