DOKUMENTASI DIGITAL MAKANAN TRADISIONAL DAERAH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN DAYA TARIK TASIKMALAYA

  • NUK GHURROH SETYONINGRUM Politeknik Triguna Tasikmalaya
    (ID)
  • CECEP M. KAPI Politeknik Triguna Tasikmalaya
    (ID)

Abstract

Pengaruh budaya luar yang masuk ke Indonesia menyebabkan masyarakat semakin melupakan tradisi budaya yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia. Makanan-makanan tradisional, minuman tradisional, mungkin sudah dipandang sebelah mata dan terkesan kuno.. Metode pengumpulan data untuk keperluan penelitian ini dengan cara wawancara dan observasi yang digunakan untuk mendapatkan data primer. Juga  studi pustaka, teknik pengumpulan ini digunakan untuk mendapatkan data sekunder tentang obyek penelitian dan referensi tentang teori pendukung dan metode melalui buku-buku dan majalah ilmiah. Metode yang digunakan untuk pengembangan sistem informasi adalah SDLC atau Systems Development Life Cycle. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah membantu meningkatkan pesona kota Tasikmalaya terutama dari bidang pangan. Sehingga membantu pendapatan perekonomian kota Tasikmalaya.

 

Kata Kunci: dokumentasi digital, makanan tradisional, Tasikmalaya

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

NUK GHURROH SETYONINGRUM, Politeknik Triguna Tasikmalaya
Jurusan Komputerisasi Akuntansi Politeknik Triguna Tasikmalaya
CECEP M. KAPI, Politeknik Triguna Tasikmalaya
Jurusan Komputerisasi Akuntansi Politeknik Triguna Tasikmalaya

References

Binanto, Iwan. 2010. Multimedia Digital – Dasar Teori dan Pengembangannya, Yogyakarta. Andi Offset

Cahyanto, Sugeng, Setya, dkk. 2012. Penguatan Kearifan Lokal Sebagai Solusi Permasalahan Ketahanan Pangan Nasional. Prosiding The 4th Iternational Conference On Indonesian Studies: “Unity, Diversity and Future”.

Candra, Irawan, yudi. 2016. Perancangan Aplikasi Resep MakananTradisional Indonesia Menggunakan Pendekatan Egile Process Dengan Model Extreme Programming Berbasis Android. Prosiding Seminar Nasional APTIKOM Oktober 2016.

Kurniawati, Ana. 2010. Aplikasi Sistem Informasi Makanan Khas Di Indonesia Menggunakan J2ME. Tugas Akhir Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Mulyani, Sri, Dr. Prof. 2016. Metode Analisis dan Perancangan Sistem Informasi. Bandung. Abdi Sistematika.

Natadjaja, Listia dan Yuwono, Elisabeth Christine. 2017. Kearifan Lokal Kemasan Panganan Tradisional. Yogyakarta. Andi Offset

Pramudita, Klemens, dkk. 2015. Perancangan Media Digital Dokumentasi Nilai – Nilai Lokal dan Tradisi Dalam Pasar Tradisional Surabaya. Jurnal DKV Adiwarna, Vol 1 No.6.

Putra, Darma. 2010. Pengolahan Citra Digital. Yogyakarta. Andi Offset

Ramadhan, Gilang. 2015. Sistem Aplikasi Dokumentasi Digital Batik Wilayah Jawa Barat Berbasis Web. Tugas Akhir Universitas Mercubuana Jakarta.

Salamdian. 2020. Metodologi Pengembangan Sistem Informasi dengan SDLC. Dikutip pada Tanggal 12 Juli 2020. Tersedia di https://salamadian.com/sdlc-system-development-life-cycle

.Simanjutak, Antonious Bungaran, Prof. Dr. 2016 Tradisi Agama dan Akseptasi Modernisasi Pada Masyarakat Pedesaan Jawa. Jakarta. Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Sukmawan, Sony. 2015. Sastra Lingkungan: Sastra Lisan Jawa dalam Perspektif Ekokritik Sastra. Malang. UB Press

Published
2020-10-22
Section
Volume 6, Nomor 1, April Tahun 2021
Abstract viewed = 516 times