PENERAPAN UNIFIED MODELLING LANGUAGE (UML) PADA ANALISIS SISTEM SERTA PERANCANGAN DATABASE TIMBULAN SAMPAH

  • HERLINA HERLINA Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Al Asyariah Mandar
    (ID)
  • MUHAMMAD ASSIDIQ Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Al Asyariah Mandar
    (ID)

Abstract

Masyarakat Sulawesi Barat memiliki kebiasaan untuk membakar sampah, baik sampah organik maupun sampah non-organik. Padahal kebiasaan membakar sampah dapat meningkatkan pemanasan global. Kebiasaan ini tidak dapat diubah seketika dengan edukasi saja. Sebenarnya pemerintah sudah melaksanakan beberapa program penanggulangan sampah, tetapi belum tepat sasaran. Hal ini disebabkan karena validnya data timbulan sampah yang dihasilkan rumah tangga setiap hari. Solusinya adalah dengan terciptanya sebuah aplikasi pendataan timbulan sampah rumah tangga berbasis database sehingga memudahkan stakeholder dalam hal ini pemerintah daerah, terkait pengambilan keputusan perencanaan pembangunan program persampahan serta pemilihan teknologi yang akan diterapkan. Untuk analisis dan perancangan sistem timbulan sampah ini, peneliti menggunakan pemodelan Unified Modelling Language (UML) karena UML memiliki kemampuan fleksibilitas yang baik untuk pengembangan konsep perangkat lunak.

Kata Kunci : Database, UML, Timbulan Sampah

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

HERLINA HERLINA, Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Al Asyariah Mandar

Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Al Asyariah Mandar

MUHAMMAD ASSIDIQ, Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Al Asyariah Mandar

Sistem Informasi,Fakultas Ilmu Komputer,

Universitas Al Asyariah Mandar

References

Badan Standarisasi Nasional. 2002. Tata cara teknik operasional pengelolaan sampah perkotaan. Available from: URL: http://sispk.bsn.go.id/SNI/DetailSNI/6386 [cited 20 Februari 2021].

Dede WTP, Rahmi A. 2019. Unified Modelling Language (UML) dalam Perancangan Sistem Informasi Permohonan Pembayaran Restitusi SPPD. Jurnal Teknoif. Volume(1):32-39.

Dwinda EP, Henderi. 2018. Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Kepegawaian Menggunakan Unified Modeling Language (UML). Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi. Volume7(1):22-33.

Herlina. Peranan IT dalam Pengelolaan Sampah Berskala Desa : Aplikasi Mutakhir Berbasis Android. 2020. Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Nomor Pencatatan : 000186140.

Munawar. 2018. Analisis Perancangan Sistem Berorientasi Objek Dengan UML. Bandung: Informatika.

Nopia Wati. 2019. Sampah dan Pemanasan Global [Internet]. Available from: URL: https://www.researchgate.net/publication/330598717_Sampah_dan_Pemanasan_Global [cited 22 Februari 2021].

Ricka A, Ika MA. 2019. Strategi Pengelolaan Sampah Melalui Analisis Timbulan Dan Karakteristik Sampah Di Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat. Jurnal Teknologi Lingkungan dan Lahan Basah. Volume7(2):92-102.

Suendri. 2018. Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) Pada Perancangan Sistem Informasi Remunerasi Dosen Dengan Database Oracle (Studi Kasus: UIN Sumatera Utara Medan). Algoritma: Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika. Volume3(1):1-9.

Published
2021-09-18
Section
Volume 6, Nomor 2 Oktober, Tahun 2021
Abstract viewed = 1101 times