IMPLEMENTASI METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) UNTUK PENENTUAN PENERIMA BANTUAN SOSIAL COVID-19

  • AHMAD KHARIS MUNANDAR Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi Universitas Stikubank Semarang
    (ID)
  • IMAM HUSNI AL AMIN Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi Universitas Stikubank Semarang
    (ID)

Abstract

Pandemi covid-19 telah sangat mempengaruhi seluruh lapisan masyarakat. Area yang paling berpengaruh karena pandemi ini adalah kejahteraan sosial. Pemerintah telah meluncurkan program bantuan sosial untuk keluarga miskin yang rentan terkena dampak dari covid-19. Dalam pelaksanaan pemberian bantuan  ini disambut baik oleh masyarakat, Akan tetapi timbul permasalahan lain, yaitu bahwa sebagian bantuan sosial tersebut tidak tepat sasaran. Penelitian ini mengambil sampel di kabupaten Demak Jawa Tengah, didalam penelitian ini penggunaan metode AHP yaitu pembobotan nilai pada kriteria yang telah ditetapkan, dan SAW untuk menentukan nilai perangkingan pada alternatif yang ada. Hasil  penelitian ini berupa sistem yang dapat di gunakan untuk menentukan calon penerima bantuan sosial covid-19 dengan lebih cepat, transparan dan dapat menghindari penilaian secara subjektif sehingga lebih tepat sasaran.

Kata Kunci : AHP , Bantuan Sosial, Covid-19, SAW.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

AHMAD KHARIS MUNANDAR, Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi Universitas Stikubank Semarang

Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi

Universitas Stikubank Semarang

IMAM HUSNI AL AMIN, Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi Universitas Stikubank Semarang

Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi

Universitas Stikubank Semarang

References

Dewi, Ni Made Rai Masita, I. Wayan Gede Narayana, dan Made Satria Wibawa. 2019. “Implementasi Metode AHP dan SAW dalam Penentuan Penerimaan Beasiswa Studi Kasus : ITB Stikom Bali.” Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknik Informatika, Sensitif 2019 1331–40.

Güler, Mehmet Güray, dan Ebru Geçici. 2020. “A decision support system for scheduling the shifts of physicians during COVID-19 pandemic.” Computers and Industrial Engineering 150:106874. doi: 10.1016/j.cie.2020.106874.

Jollyta, Deny, Yunarto, Ridwan, dan Johan. 2018. “Comparison of Analytical Hierarchy Process and Simple Additive Weightingon the Selection of Outstanding Employees American Journal of Engineering Research ( AJER ).” American Journal of Engineering Research (AJER) 7(9):36–45.

Kirom, M. Ibnu, Teguh Andriyanto, dan Rini Indriati. 2018. “Penentuan Kelayakan Calon Penerima Bnatuan Sosial menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW).”

Setiawan, Gatot, Imam Husni, dan Al Amin. 2020. “AHP Method for Selecting

Published
2021-10-25
Section
Volume 6, Nomor 2 Oktober, Tahun 2021
Abstract viewed = 274 times