APLIKASI PENGENALAN BUKU MATA KULIAH TEKNOLOGI INFORMASI DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID
Abstract
Masa Pandemi dalam sistem pembelajaran bersifat online mengharuskan dalam penguasaan dan Peran teknologi sangat dibutuhkan untuk segala aspek kehidupan dalam pemanfaatan Smartphone. Teknologi Augmented Reality adalah teknologi yang bisa digunakan dalam wujud 3D yang mirip bentuk asli dengan penggabungan teknologi. Tujuan penelitian ini adalah bagaimana merancang sebuah aplikasi dalam pengenalan buku mata kuliah teknologi informasi sehingga bagi pembaca bisa menarik minat membaca. Metode yang digunakan dalam pembuatan aplikasi adalah Metode RAD (Rapid Application Development) . Aplikasi dibuat menggunakan Unity 3D ,Vuforia SDK dan Vuforia Object Scanner yang dijalankan pada perangkat android. Hasil penelitian aplikasi pengenalan buku yang memakai teknologi AR berbasis Android. Penelitian ini menyimpulkan bahwa mahasiswa lebih tertarik dalam membaca buku dengan menggunakan aplikasi pengenalan buku dengan teknologi AR.
Kata kunci: Augmented Reality, Pengenalan Buku, Model RA D
Downloads
References
Anggito, Albi dan Johan Setiawan. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. Sukabumi. CV Jejak.
Angket, K. (2008). Metode Penelitian. Populasi dan Sampel, 27–32.
Bimber, Olive dan RamerRaskar. (2005). Spatial Augmented Reality: Merging Realand Virtual Worlds. CRC Press.
Devega, Evita. (2021). TEKNOLOGI Masyarakat Indonesia: Malas Baca Tapi Cerewet di Medsos. KOMINFO. https://www.kominfo.go.id/content/ detail/10862/teknologi-masyarakat-indonesia-malas-baca-tapi-cerewetdi-medsos/0/sorotan_media (23 September 2021).
Enterprise, Jubilee. (2015). Mengenal Dasar-Dasar Pemrograman Android. Jakarta. Elex Media Komputindo.
Enterprise, Jubilee. (2016). Blender untuk Pemula. Jakarta. Elex Media Komputindo.
Fadhallah, R. A.. (2021). Wawancara. UNJ PRESS.
Firmansyah, Anang. (2019). Pemasaran Produk dan Merek: Planning dan Strategy. Penerbit Qiara Media.
Habibi, R dan Aprilian R. (2020). Tutorial dan penjelasan aplikasi e-office berbasis web menggunakan metode RAD. Kreatif.
Haller, Michael, Billinghurst, dkk. (2006). Emerging Technologies of Augmented Reality: Interfaces and Design: Interfaces and Design.
Idea Group Pub. Haryono, Cosmas Gatot. (2020). Ragam Metode Penelitian Kualitatif Komunikasi. CV Jejak (Jejak Publisher).
Hasanah, H. (2017). TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21.
Ismayani, Ani. (2020). Membuat Sendiri Aplikasi Augmented Reality. Jakarta. Elex Media Komputindo.
Copyright (c) 2021 A. MUHAMMAD SYAFAR, M. HASRUL H, ANDI MUHAMMAD NUR HIDAYAT, AKHIRUDDIN AKHIRUDDIN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.