Rancangan Alat Peraga Taman Kanak-Kanak Berbasis Interactive Whiteboard

  • Ridwan A.Kambau

Abstract

Penelitian ini bertujuan ini untuk membuat konsep alat peraga interaktif yang dapat digunakan di taman kanak-kanak berbasis Media Interactive Whiteboard .Pengujian sistem dilakukan dengan metode Black Box Testing. Pengujian animasi alat peraga dilakukan dengan cara mengetes semua fungsi tombol animasi. Fungsi Wiimote Whiteboard diuji dengan melihat apakah input dari IR pen yang diteruskan wiimote ke komputer dapat diterjemahkan sebagai pointer mandiri terhadap komputer. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini berupa animasi yang halaman awalnya berupa tombol-tombol berbentuk huruf, warna, bentuk, buah atau binatang. Jika tombol tersebut diklik maka di layar akan ditampilkan gambar dan suara yang berkaitan dengan tombol yang diklik. Proyektor menampilkan animasi dari komputer ke media layar (papan putih atau box yang penutupnya kaca berlapis kertas putih). Sedangkan IR pen yang berfungsi sebagai pointer tersendiri bagi komputer, digunakan untuk menekan (klik) tombol animasi yang ditampilkan di media layar.

Penelitian ini bertujuan ini untuk membuat konsep alat peraga interaktif yang dapat digunakan di taman kanak-kanak berbasis Media Interactive Whiteboard .Pengujian sistem dilakukan dengan metode Black Box Testing. Pengujian animasi alat peraga dilakukan dengan cara mengetes semua fungsi tombol animasi. Fungsi Wiimote Whiteboard diuji dengan melihat apakah input dari IR pen yang diteruskan wiimote ke komputer dapat diterjemahkan sebagai pointer mandiri terhadap komputer. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini berupa animasi yang halaman awalnya berupa tombol-tombol berbentuk huruf, warna, bentuk, buah atau binatang. Jika tombol tersebut diklik maka di layar akan ditampilkan gambar dan suara yang berkaitan dengan tombol yang diklik. Proyektor menampilkan animasi dari komputer ke media layar (papan putih atau box yang penutupnya kaca berlapis kertas putih). Sedangkan IR pen yang berfungsi sebagai pointer tersendiri bagi komputer, digunakan untuk menekan (klik) tombol animasi yang ditampilkan di media layar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

D Flash Animator. 3D Flash Animator Features. http://www.3dfa.com/. Diakses 2 Agustus 2016.

Agus, Setijo. TEKNIK MEMBUAT SENDIRI INTERACTIVE WHITEBOARD (PAPAN TULIS LAYAR SENTUH). Ebook.

Al-Fatta, Hanif. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi.Yogyakarta: Andi, 2007.

Kamus Bahasa Indonesia Online. http://kamusbahasaindonesia.org. Diakses 27 September 2016

Sang Obsesi. Fungsi pendidikan taman kanak-kanak. http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2128426-fungsi-pendidikan-taman-kanak-kanak/#ixzz2FfVWH5Mv. Diakses 22 September 2016

Sudjana Nana dan Rivai Ahmad. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 1991.

Zed, Mestika. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2008.

Section
Volume 1, Nomor 1, Oktober 2016
Abstract viewed = 211 times