Rancang Bangun Aplikasi Virtual Tour Monumen Mandala Berbasis Android
Abstract
Penelitian ini bertujuan adalah merancang dan membangun aplikasi Virtual Tour Monumen Mandala Makassar berbasis Android .Metode penelitian pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dimana strategis yang digunakan adalah Design and Creation. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data wawancara dan observasi. Metode perancangan menggunakan waterfall dan teknik pengujian yang digunakan adalah Black Box. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi Virtual Tour Monumen Mandala Makassar yang dapat menjadi media penyampaian informasi sejarah Pembebasan Irian Barat. Aplikasi ini sudah memvisualisasikan lingkungan pada Monumen Mandala Makassar, desain aplikasi menarik, serta informasi yang disajikan cukup lengkap mengenai Monumen Mandala Makassar tersebut. Namun pengoperasian atau kontrol dari penggunaan aplikasi masih perlu diperbaiki karena beberapa dari responden mengatakan bahwa pengoperasian dari aplikasi ini masih sulit.
Downloads
References
Aditya. Trik Dahsyat Menjadi Animator 3D Handal.Yogyakarta: Andi Offset, 2009.
Arsyad, A. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2010
Bianto, Iwan. Multimedia Digital Dasar Teori dan pengembangannya. Yogyakarta : Andi Offset, 2010.
Cahayani, Anisa. “Rancang Bangun Virtual Tour Memorial Jendral Besar H.M Soeharto Yogyakarta.” Skripsi Sarjana, Teknik Informatika Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIKOM), Yogyakarta, 2015.
Colasante, Meg. Nicola Building Virtual Tour; Considering simulation in the equity of experience concept. 2011.
Collins, C,. Galpin, M.D. & Kappler, M. Android in Practice. Shelter Island, New
York : Manning, 2012.
DiMarzio, JF. Android A Programmer’s Guide. USA: The McGraw-Hill Companies,
Ekasari, Y. “Merancang Game Petualangan “Binggo” Menggunakan Unity 3d Game Engine.” Skripsi Sarjana, Jurusan Teknik Informatika Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AMIKOM, Yogyakarta, 2012.
Fleming. 3D Modelling & Surfacing, Morgan Kaufmann, 1999.
Gargenta, M. Learning Android. California : O’Reilly Media, 2011.
Halim, C.Imantaka., dkk,. “Perancangan dan Pembuatan Peta Interaktif Universitas Kristen Petra Berbasis Android.” Skripsi Sarjana, Fakultas Teknologi Industri Universitas Kristen Petra, Surabaya, 2014.
Heinich, R., dkk., Instructional media and technology for learning, 7th edition. New
Jersey: Prentice Hall, 2002.
Jan, Dusan; Rogue, Antonio; Leuski, Anton; Morie, Jacki; Traum, David. A Virtual
Tour Guide for Virtual Worlds. 2009.
Jogiyanto, H.M. Analisis Perancangan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset,
Kristanto, Andri. Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya. Jakarta: Gava
Media, 2003.
Moelong, J. Lexi. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Karya, 2002.
Nazarudin. Manajemen Pembelajaran. Yogyakarta: Teras, 2007.
Pressman, Roger. S. Software Engineering: A Practitioner’s Approach, Fifth Edition.
United State: McGraw Hill Companies, Inc, 2001.
Pressman, Roger. S. Software Engineering: a Practitioner's Approach-6th ed. New
York: McGraw-Hill, 2005.
Rosenberg, D. Use Case Driven Object Modeling With UML. New York : Apress,
Saraswaty, Agnes Ganisa. “Pembuatan Virtual Reality Taman Fatahillah Berbasis Web denga Menggunakan Blender danWebGL.” Skripsi Sarjana, Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma, Depok, 2014.
Shelly, C., dkk. Discovering Computers ‘Menjelajah Dunia Komputer’ Third Edition.
Jakarta: Salemba Infotek, 2009.
Shohifah, Eni. “Aplikasi Tur Virtual Taman Sari 3 Dimensi Mengggunakan Unity.” Skripsi Sarjana, Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, 2013.
Suyanto, M. Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing.
Yogyakarta: Andi, 2007.
Utomo, Willy Nugraha., dkk. “Aplikasi Virtual Tour 3D Pabrik PT.X.” Skripsi
Sarjana, Fakultas Teknologi Industri Universitas Kristen Petra, Surabaya, 2012.