PERANCANGAN WEBSITE BERBASIS DIGITAL MARKETING PADA PT SATOIMO SULAWESI SUKSES
Abstract
Keberadaan website saat ini menjadi kegiatan pemasaran yang ampuh dalam mengembangkan suatu bisnis dengan penerapan strategi yang tepat. Studi ini memiliki tujuan untuk menciptakan website sebagai media pemasaran digital dengan isi menampilkan bauran pemasaran 4P yang terdiri atas harga, produk, tempat, promosi dan strategi SEO untuk memaksimalkan fungsi pemasaran pada website tersebut. Studi ini juga ingin mengetahui opini pimpinan perusahaan terhadap website yang telah diciptakan. Langkah-langkah perancangan website meliputi analisis, pengumpulan data, perancangan, implementasi dan pengujian. Studi ini menggunakan teknik analisa data kuantitatif dan kualitatif. Wawancara, kuesioner dan observasi merupakan teknik pengumpulan data yang diadopsi pada studi ini. Hasil studi menyatakan bahwa (1) Website yang dirancang telah memenuhi bentuk pengaplikasian pemasaran digital yang berdasarkan strategi SEO dan memasukkan konten bauran pemasaran 4P. (2) Persepsi pihak perusahaan menunjukkan bahwa website tersebut sangat mudah digunakan.
Downloads
References
Batubara, F. A. 2015. “Perancangan Website Pada PT. Ratu Enim Palembang”. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Terapan "Reintek" (Rekayasa Inovasi Teknologi), Vol. 7 (1), Hal. 15-27 .
Chakti, Andi Gunawan. 2019. The Book Of Digital Marketing: Buku Pemasaran Digital (Vol. 1). Celebes Media Perkasa.
Deshinta, H., & Suyanto, Ama. 2020. Efektifitas promosi online pada e-commerce di indonesia. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, (Online), Vol. 8 (1), Hal. 9–18.
Dimyati, Mohamad. 2018. Strategi Pemasaran untuk Menghadapi Persaingan yang Dinamis. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Halilintar, Dony Ariyus. 2018. Implementasi Seo (Search Engine Optimization) Pada Website Agc (Auto Generated Content) Untuk Meningkatkan Serp (Search Engine Result Page). Open Journal System “SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE”, Vol. 6 (1), Hal. 13-18.
Hasugian, Penda Sudarto. 2018. Perancangan Website sebagai Media Promosi dan Informasi. Journal Of Informatic Pelita Nusantara, Vol. 3 (1), Hal. 82-86.
Hudaifa, D., Aknuranda, I., & Brata, K. C. 2019. Evaluasi dan Perbaikan Aplikasi Mobile Malang Menyapa Menggunakan Metode Usability Testing dan USE Questionnaire Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Vol. 3 (5), Hal. 4846-4855.
Jaya, Noval Alfiyani, dkk. 2021. Perancangan & Implementasi Aplikasi E–Commerce Pemasaran Umkm Alpokat Kocok Mr. Black Berbasis Web. Jurnal Tikar, Vol. 2 (2), Hal. 102–106.
Kosasi, Sandy. 2015. Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Website Dalam Memasarkan Mobil Bekas. Citec Journal, Vol. 3 (1), Hal. 1-14.
Siregar, V. M. M. 2018. Perancangan Website Sebagai Media Promosi Dan Penjualan Produk”. Jurnal TAM (Technology Acceptance Model) (Online), Vol. 9 (1), Hal. 15–21.
Sudaryono. 2015. Pengantar Bisnis (Teori & Contoh Kasus). Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET.
Suharsono, R. S., & Sari, R. P. 2019. Pengaruh Promosi Media Online terhadap Keputusan Pembelian Produk Hijab. JAMIN: Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, Vol. 1 (2) Hal. 41–54.
Sukmasetya, Pristi, dkk. 2020. Penggunaan Usability Testing Sebagai Metode Evaluasi Website Krs Online Pada Perguruan Tinggi. JST (Jurnal Sains dan Teknologi), Vol. 9 (1), 58–67.
Suprayogi, B., & Razak, A. 2019. Implementasi pemasaran digital dalam meningkatkan pendapatan pelaku UMKM pamokolan ciamis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknologi Informasi, Vol. 3 (2), Hal. 254-261
Wahid, Aceng Abdul. 2020. Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi. Jurnal Ilmu – Ilmu Informatika Dan Manajemen STMIK, Vol. 9 (1), Hal. 1-5.