IMPLEMENTASI ROLE PLAYING GAME (RPG) SEBAGAI PENGENALAN WISATA KABUPATEN MAROS BERBASIS ANDROID

  • M. HASRUL H Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • FAISAL FAISAL Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • FAQIH ZULFIKAR Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Alauddin Makassar
    (ID)
Keywords: Android, Pariwisata, Role Playing Game, Multimedia Development Life Cycle

Abstract

Maros adalah salah satu kabupaten di provinsi Sulawesi Selatan yang memiliki kondisi geografis yang unik menjadikannya memiliki ragam tempat wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Namun potensi tersebut juga harus didukung oleh berbagai media untuk memperkenalkan pariwisata daerah salah satu medianya seperti video game. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah game yang digunakan sebagai media memperkenalkan wisata kabupaten Maros kepada masyarakat secara menyenangkan dan menghibur. Jenis penelitian ini adalah research and development. Data dikumpulkan dalam penelitian ini melalui metode yang meliputi wawancara, studi literatur dan observasi. Multimedia Development Life Cycle (MDLC) digunakan sebagai metode perancangan game sedangkan pendekatan play-testing digunakan sebagai pengujian sistem. Game bergenre Role Playing Game (RPG) dari hasil penelitian ini dapat digunakan untuk memperkenalkan wisata kabupaten Maros berbasis Android. Kesimpulan penelitian ini adalah game dapat digunakan untuk menyampaikan informasi pengenalan pariwisata kabupaten Maros dengan cara yang menyenangkan dan menghibur melalui penggunaan media seperti video game.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

M. HASRUL H, Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Alauddin Makassar

Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Alauddin Makassar

FAISAL FAISAL, Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Alauddin Makassar

Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Alauddin Makassar

FAQIH ZULFIKAR, Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Alauddin Makassar

Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Alauddin Makassar

References

Arpiansah, R., Fernando, Y., & Fakhrurozi, J. (2021). Game Edukasi VR Pengenalan dan Pencegahan Virus Covid-19 Menggunakan Metode MDLC Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, 88-93.
Ghirvu, A. (2012). In-Game Advertising: Advantages and Limitations for Advertisers. The USV Annals of Economics and Public Administration, 12(115), 114–119.
Panday, A. (2015). Top 6 Benefits of Gamification In eLearning - eLearning Industry. https://elearningindustry.com/top-6-benefits-of-gamification-in- elearning
Pontororing, N., Sengkey, R., & Tulenan, V. (2016). Game Pengenalan Objek Wisata KotaTomohon. Jurnal Teknik Informatika,7(1).https://doi.org/10.35793/jti.7.1.2016.10773.
Sukanto, P. S., & Adnyana, I. K. W. (2018). Game Edukasi RPG Seal Breaker Menggunakan RPG Maker MV Berbasis Android. Jurnal Bahasa Rupa, 2(1), 68–79. https://doi.org/10.31598/bahasarupa.v2i1.240
Sulistiyo, A. R. (2019). Pengenalan Wisata Yogyakarta Melalui Pendekatan RPG (Role Play Game). Universitas Islam Indonesia.
Published
2023-04-24
Section
Volume 8, Nomor 1 April, Tahun 2023
Abstract viewed = 133 times