ANALISIS SISTEM INFORMASI PENJUALAN PT. UKHUWAH UMI MENGGUNAKAN METODE PIECES

  • SYAHRUL MUBARAK ABDULLAH Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Muslim Indonesia
    (ID)
  • EMIKA.N Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Muslim Indonesia
    (ID)
Keywords: Sistem Informasi Penjualan, PT. Ukhuwah UMI, PIECES

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisa metode PIECES dalam merancang dan membangun sistem informasi penjualan di PT. Ukhuwah UMI terhadap kinerja, informasi, ekonomi, keamanan aplikasi, efisiensi, dan pelayanan pelanggan yang memudahkan pelanggan memperoleh informasi pemesanan dan memesan produk. Panduan ini dkenal dengan analisis PIECES (Performance, Information, Economy, Control, Efficiency, dan Services). Metode ini dgunakan untuk memperbaiki performa dalam pengelolaan laporan pembayaran menjadi lebih baik, serta mengurangi kesalahan dalam pencatatan saat proses pembayaran dan untuk memperbaiki keamanan sehingga orang yang tidak berwenang tidak bisa mengakses dan merubah data. Berdasarkan hasil perhitungan rekapitulasi kuesioner mengenai analisa metode PIECES yang dibagikan ke 35 orang dapatkan persentase sebanyak 59.25% yang merasa puas dengan implementasi metode PIECES di sistem. Dari uji coba sebanyak 15 orang didapatkan rata-rata persentase dengan nilai 56.6% mengatakan setuju dengan antarmuka sistem yang dibuat tersebut. Oleh karena itu, aplikasi ini memudahkan dalam melakukan transaksi penjualan produk.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

SYAHRUL MUBARAK ABDULLAH, Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Muslim Indonesia

Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer,

Universitas Muslim Indonesia

EMIKA.N, Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Muslim Indonesia

Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer,

Universitas Muslim Indonesia

References

Ardiyansyah Muhammad, Manikam Ratna Mutu. 2019. Prototype E-Order pada Restoran Bebek Goreng Haji Yogi menggunakan Metode iPIECES. Jurnal Ilmiah FIFO. Volume XI/No.2/November/2019
Aryanto Arip dan Tjendrowasono T.Irianto (2012). Pembangunan Sistem penjualan Online Pada Toko Indah furniture Surakarta. Journal Speed i– Sentra penelitian Engineering dan Edukasi i– Volume 4 No 4 - 2012 - ijns.org. 4(4), 56–62.
Dahniar, Makmur dan Susanti. (2018). Analisis Tingkat keuntungan Petani dan Pedagang Jagung Kuning (Zea imays) di Kecamatan Bontotiro Kabupaten Bulukumba. AGROVITAL :Jurnal Ilmu Pertanian, 3(2), 70.
Febriyanda Septa, Hidayat Taufik, dan Susandi diki. (2020). Sistem penjualan Online Air Minum. JSI (Jurnal Sistem Informasi), 7(1), 57–62.
Halimah, Andi Sitti, and Andi Nuddin. 2018. Analisis Kelayakan Aspek Non Finansial Usaha Tani Merica (Piper Nigrum il.) di Desa Tanete Kecamatan Maiwa Kabupaten Enrekang. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian 4: 124.
Hastanti P.Puji, Purnama B. Eka, Wardati I. Uly. 2015. Sistem Penjualan Berbasis Web (E-Commerce) pada Tata Distro Kabupaten Pacitan. Jurnal Blanglala Informatika Vol. 3 No.2 September 2015.
Nurjamiyah, Dewi Arie Rafika, 2018. Analisis Sistem Informasi Pengelolaan Data Nilai Mahasiswa menggunakan PIECES pada Prodi Sistem Informasi STTH-Medan. Jurnal Sistem Informasi, Vol.02 No.2 Oktober 2018.
Rafiq Muhammad dan Yusran M. (2014). Perancangan Sistem Kontrol dan Monitoring Lampu dengan Android. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia 8(1): 14–23.
Sintawati Ita Dewi, Hartati Tri. 2020. Analisa Metode PIECES untuk Sistem Penjualan Alat Proteksi Radiasi Pada CV. Kashelara Jakarta. Jurnal Akrab Juara. Vol 5 no.2 Mei (262-271).
Published
2021-09-30
Section
Volume 6, Nomor 2 Oktober, Tahun 2021
Abstract viewed = 256 times