IMPLEMENTASI REST DALAM MEMBANGUN WEB SERVICE MENGGUNAKAN GOLANG (STUDI KASUS: MODUL BERITA APLIKASI SATUDIKTI)

  • SIGIT PRIADI Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia
    (ID)
  • MOH IDRIS Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia
    (ID)
Keywords: Satudikti,, REST, Web Service, API, Golang

Abstract

Aplikasi Satudikti adalah aplikasi dikembangkan yang bertujuan untuk menggabungkan seluruh layanan yang ada pada Ditjen Diktiristek. Salah satu layanan yang akan dibutuhkan yaitu modul Berita. Modul tersebut dibutuhkan sebagai modul penyebaran informasi yang ada pada Ditjen Diktiristek. Untuk mendapatkan data tersebut, aplikasi Satudikti membutuhkan web service yang menyediakan kebutuhan data pada modul Berita. Penelitian ini dibuat untuk membangun web service aplikasi Satudikti dengan menggunakan metode REST karena kesederhanaannya dan terstandarisasi protokol HTTP. Pengembangan web service dibuat menggunakan bahasa pemrograman Golang dengan Echo Framework karena dapat memenuhi kebutuhan dalam membangun web service yang menerapkan arsitektur REST. Hasil akhir pada pengembangannya akan menjadi web service yang menyediakan API yang membawa data Berita sehingga aplikasi Satudikti dapat menggunakan API tersebut untuk menampilkan daftar berita.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

SIGIT PRIADI, Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia

Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia

MOH IDRIS, Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia

Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia

References

Akbar, M. (2018). Pengembangan Restful Api Untuk Application Specific High Level Location Service. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/9836
Firdaus, A., Widodo, S., Sutrisman, A., Gading, S., Nasution, F., Mardiana, R., Komputer, J. T., Negeri, P., & Palembang, S. (2019). Rancang bangun sistem informasi perpustakaan menggunakan web service pada jurusan teknik komputer polsri. Jurnal Informanika, 5(2).
Hesananda, R., Leslie, H., Spits Warnars, H., & Sianipar, N. F. (2017). Supervised classification karakter morfologi tanaman keladi tikus (typhonium flagelliforme) menggunakan database management system. Jurnal Sistem Komputer, 7(2), 50–58.
Perdana, M. A. K. (2018). Pengembangan rest api layanan penyimpanan menggunakan metode rapid application development (studi kasus: PT. XYZ).
Restendy, M. S. (2017). Daya Tarik Jurnalistik, Pers, Berita Dan Perbedaan Peran Dalam News Casting. Al-Hikmah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 4(2), 1–12.
Saputra, D., & Fathoni Aji, R. (2018). Analisis Perbandingan Performa Web Service Rest Menggunakan Framework Laravel, Django Dan Ruby On Rails Untuk Akses Data Dengan Aplikasi Mobile (Studi Kasus: Portal E-Kampus STT Indonesia Tanjungpinang). Bangkit Indonesia, 2.
Sari, A. S., & Hidayat, R. (2022). Designing website vaccine booking system using golang programming language and framework react JS. Journal of Information System, Informatics and Computing Issue Period, 6(1), 22–39. https://doi.org/10.52362/jisicom.v6i1.760
Published
2023-08-22
Section
Volume 8 Nomor 2 Oktober Tahun 2023
Abstract viewed = 114 times