IMPLEMENTASI METODE AHP-TOPSIS UNTUK MENENTUKAN LAPANGAN FUTSAL

  • DEA ARMAWATI PUTRI Program Studi Teknik Informatika, Universitas Stikubank, Semarang, Indonesia
    (ID)
  • IMAM HUSNI AL AMIN Program Studi Teknik Informatika, Universitas Stikubank, Semarang, Indonesia
    (ID)
Keywords: AHP,, Lapangan Futsal,, Sistem Pendukung Keputusan, TOPSIS

Abstract

Futsal merupakan olahraga yang dimainkan seperti sepak bola. Futsal dimainkan didalam ruangan yang disebut lapangan futsal. Di  kota Pati terdapat banyak lapangan futsal dengan beragam kriteria. Oleh sebab itu, masyarakat seringkali mengalami kesulitan dalam menentukan lapangan futsal dikarenakan banyaknya perbandingan fasilitas dan harga yang ditawarkan pada setiap tempat. Masyarakat harus pintar dalam menentukan lapangan futsal yang akan dipilih sesuai dengan kriteria. Pendekatan yang diambil dalam penelitian ini melibatkan pengembangan sistem pendukung keputusan yang memanfaatkan kombinasi Hybrid Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Tujuan dari system ini adalah untuk memfasilitasi proses seleksi lapangan futsal. Penelitian ini mendapatkan hasil perangkingan yaitu Rahmat futsal pati dengan nilai 1, Lapangan futsal playon dengan nilai 0.8224373, Glory futsal dengan nilai 0.651254, Global futsal dengan nilai 0.284559, Lapangan futsal HM dengan nilai 0. Hasil ini diperoleh dari 7 kriteria dan telah dihitung dengan metode hybrid AHP dan TOPSIS.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

DEA ARMAWATI PUTRI, Program Studi Teknik Informatika, Universitas Stikubank, Semarang, Indonesia

Program Studi Teknik Informatika, Universitas Stikubank,

Semarang, Indonesia

IMAM HUSNI AL AMIN, Program Studi Teknik Informatika, Universitas Stikubank, Semarang, Indonesia

Program Studi Teknik Informatika, Universitas Stikubank,

Semarang, Indonesia

References

Ardi, K. M., & Al Amin, I. H. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Prioritas Persediaan Tools Menggunakan Metode Fuzzy AHP. E-Bisnis: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 13(1), 46–55.
Azahari, A., Pahrudin, P., & Yunita, Y. (2022). Penerapan Metode Topsis Pada Sistem Pendukung Keputusan Kelayakan Penerima Dana Bantuan Operasional Sekolah. Building of Informatics, Technology and Science (BITS), 4(3), 1688–1696.
Fadhlurrahman, M. F. F., & Capah, D. A. H. (2020). Aplikasi Penyewaan Lapangan Futsal Berbasis Web. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 4(2), 30–39.
Husni, I. (2012). Sistem Informasi Pendukung Keputusan Pada Seleksi Penerimaan Pegawai Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP).
Ibrahim, F., & Isabela, Y. (2022). Pemilihan Bibit Tanaman Unggulan Berdasarkan Karakteristik Kewilayahan Dengan Metode Analytical Hierarchy Process. Jurnal INSTEK (Informatika Sains Dan Teknologi), 7(1), 143–150.
Limbong, T., Muttaqin, M., Iskandar, A., Windarto, A. P., Simarmata, J., Mesran, M., … Napitupulu, D. (2020). Sistem Pendukung Keputusan: Metode & Implementasi. Yayasan Kita Menulis.
Narlan, A., Juniar, D. T., & Millah, H. (2017). Pengembangan Instrumen Keterampilan Olahraga Futsal. Jurnal Siliwangi: Seri Pendidikan, 3(2).
Nurani, A. I., Pramudyaningrum, A. T., Fadhila, S. R., Sangadji, S., & Hartono, W. (2017). Analytical hierarchy process (AHP), fuzzy AHP, and TOPSIS for determining bridge maintenance priority scale in Banjarsari, Surakarta. Int. J. Sci. Appl. Sci. Conf. Ser, 2(1), 60
Rifqi, M., & Dona, D. (2020). Pemilihan Tanaman Berdasarkan Kondisi Lahan Dan Persyaratan Tumbuh Tanaman Menggunakan Gabungan Metode Ahp Dan Topsis. JURTEKSI (Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi), 6(3), 201–208.
Syafar, A. M. (2018). Sistem Pengambilan Keputusan Memilih Program Studi di UIN Alauddin Berbasis WEB dengan Metode Analytic Hierarcy Process (AHP). Jurnal INSTEK (Informatika Sains Dan Teknologi), 3(2), 309–318
Published
2023-09-17
Section
Volume 8 Nomor 2 Oktober Tahun 2023
Abstract viewed = 130 times