PENGUATAN IDE BISNIS STARTUP BIDANG TEKNOLOGI PENDIDIKAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN METODE LEAN STARTUP

  • RICKY NAGATA PUTRA Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia
    (ID)
  • GALANG PRIHADI MAHARDHIKA Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia
    (ID)
Keywords: Edubound, Kognitif, Lean Startup, Startup

Abstract

Guru dan media pembelajaran berperan penting dalam menunjang pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. Kemampuan pemahaman termasuk dalam salah satu aspek kognitif yang perlu ditingkatkan. Outbound menjadi media yang mampu meningkatkan kemampuan pada unsur kognitif pada anak usia 7-12 tahun. Hasil observasi menunjukkan bahwa siswa cenderung sering bosan dan sulit berkonsentrasi saat pembelajaran. Sehingga dibutuhkan platform yang dapat menangani keluhan tersebut secara efektif dan efisien. Edubound merupakan aplikasi permainan edukasi untuk perangkat Virtual Reality berkonsep outbound untuk meningkatkan kemampuan kognitif sejak usia dasar. Dalam pengembangannya, diimplementasikan metode lean startup karena dapat menjadikan proses lebih efisien. Terdapat 3 tahapan yang perlu dilakukan yaitu Build, Measure, dan Learn yang kemudian didapatkan hasil analisis dari data yang ada serta prototype dari produk yang dikembangkan. 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

RICKY NAGATA PUTRA, Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia

Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia

GALANG PRIHADI MAHARDHIKA, Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia

Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia

References

Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37. https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50
Fitri, S. F. N. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. 5, 1617–1620.
Hardianti, T. (2018). Analisis kemampuan peserta didik pada ranah kognitif dalam pembelajaran fisika SMA. 25, 557–561.
Putri, D. P. (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Era Digital. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 37. https://doi.org/10.29240/jpd.v2i1.439
Septiani, I., & Sukana, T. (2019). Dasar Tentang Kualitas Guru Mengajar: Permasalahan Pendidikan Studi Kasus Di Kabupaten Purwakarta. Indonesian Journal of Education and Learning, 2(2), 246. https://doi.org/10.31002/ijel.v2i2.1093
Wahyuningtyas, R. (2020). Pentingnya Media Dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar Di Sekolah Dasar. 2(1), 23–27.
Published
2024-02-04
Section
Volume 9 Nomor 1 April Tahun 2024
Abstract viewed = 38 times