KORELASI BRAND IMAGE DENGAN FITUR APLIKASI TRANSPORTASI ONLINE MENGGUNAKAN PROFILE MATCHING

  • Erlin Windia Ambarsari Universitas Indraprasta PGRI
    (ID)
  • Siti Khotijah Universitas Indraprasta PGRI
    (ID)

Abstract

Aplikasi yang sudah dibuat, diberi brand sebagai identitas aplikasi dan pembeda dengan aplikasi yang sejenis dengan tujuan agar mudah diingat oleh masyarakat sebagai brand image, karena itu aplikasi terdapat fitur-fitur yang ditonjolkan dan menjadi ciri khas pada aplikasi tersebut sehingga dari fitur-fitur tersebut mempengaruhi persepsi membentuk brand image dalam pikiran masyarakat. Diperlukan Profile Matching untuk menganalisis korelasi antara brand image dengan fitur aplikasi transportasi online. Objek yang diambil untuk aplikasi transportasi online adalah Gojek dan Grab, dimana kesimpulan yang didapatkan adalah menurut persepsi kuesioner, Brand Image Grab mendapat nilai bobot tertinggi (4.725) karena berdasarkan fitur-fiturnya Grab adalah aplikasi transportasi dan Gojek adalah aplikasi layanan jasa. Sehingga tidak dapat dibandingkan satu dengan yang lain.

Kata Kunci : Aplikasi, Brand Image, Fitur, Profile Matching

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Erlin Windia Ambarsari, Universitas Indraprasta PGRI
DOSEN Informatika, Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer, Universitas Indraprasta PGRI
Siti Khotijah, Universitas Indraprasta PGRI
Informatika, Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer, Universitas Indraprasta PGRI

References

DAFTAR PUSTAKA

Olmo Rilley F, Singh J, Blankson C. 2016. The Routledge Companion To Contemporary Brand Management. 1st Ed. Basingstoke: Taylor & Francis Ltd. Pp 4-5.

Kotler T.P dan Kevin L.K. 2009. Manajemen Pemasaran Jilid 1. Edisi Ketigabelas. Erlangga. Jakarta. Pp 346.

Putri G.S dan Wahyuati A. 2015. Pengaruh Persepsi Konsumen, Kualitas Pelayanan Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen. Vol 4(11): 1-20.

Hidayati T.A dan Fanani D. 2013. Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Pembelian Konsumen (Survei Pada Mahasiswa Penghuni Ma’had Sunan Ampel Al – Aly UIN Malang Tahun Angkatan 2012/2013 Yang Mengkonsumsi Mie Instan Merek Indomie). Jurnal Administrasi Bisnis. Vol 2(1):162-171.

Fiati R. 2015. Pemanfaatan Model Profile Matching Untuk Penentuan Mustahik. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia. 6-8 Februari 2015. Yogyakarta: STMIK AMIKOM. ISSN 2302-3805. Pp 2.2-61-2.2-66.

Katarina D dan Ambarsari EW. 2018. Profile Matching Sebagai Evaluasi Implementasi Sistem Informasi Pendaftaran Pasien IGD RSUD Pasar Rebo. Prosiding SEMNAS RISTEK 2018. 10 Januari 2018. Jakarta: SAKAINTEK. ISSN 2527-5321. Pp 123-128.

Likert R. 1932. A Technique for the Measurement of Attitudes. Archives of Psychology. 140: 1–55

Nasyriyah R, Arham Z, Aini Q. 2016. Profile Matching and Competency Based Human Resources Management Approaches for Employee Placement Decision Support System (Case Study). Asian J. Applied Sci. Vol 9 (2):75-86.

Kusrini. 2007. Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta : Penerbit Andi

Published
2018-04-29
Section
Volume.3.Nomor.1 APRIL 2018
Abstract viewed = 720 times