PENGGUNAAN PHONEGAP DALAM PERANCANGAN MEDIA PENGENALAN BUDAYA INDONESIA BERBASIS ANDROID

  • Mega Orina Fitri UIN Imam Bonjol Padang
    (ID)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi Sebagai warga negara Indonesia sudah sepantasnya mengetahui dan melestarikan Budaya Indonesia. Pengenalan mengenai Budaya Indonesia ini sudah harus dimulai ketika masih menginjak masa kanak–kanak, yaitu dimana masa belajar tentang kehidupan di sekitarnya, agar budaya Indonesia di masa yang akan datang tetap dijaga dan dilestarikan oleh generasi selanjutnya.
Rancang bangun media pembelajaran pengenalan budaya Indonesia. Aplikasi ini berisi media pembelajaran, pakaian adat, tarian adat, lagu adat daerah, rumah adat, alat music, serta senjata tradisional yang ada di Indonesia.
Aplikasi ini berjalan pada perangkat di smartphone berbasis android dan dirancang menggunakan Phonegap dengan bahasa pemrograman web seperti HTML,CSS dan Javascript blackbox. Hasil dari penelitian ini adalah rancang bangun media pembelajaran pengenalan budaya Indonesia, Aplikasi ini diperuntukan secara khusus kepada peserta didik.
Kata Kunci: Android, Phonegap, HTML, CSS, Javascript, Waterfall, BlackBox, XHAMP

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Mega Orina Fitri, UIN Imam Bonjol Padang

Dosen Jurusan D3 Ilmu Perpustakaan
Fakultas Adab dan Humaniora UIN Imam Bonjol Padang

References

DAFTAR PUSTAKA

Angelina, M. (2014). Skripsi : Perangkat Ajar Alat Musik dan Lagu Indonesia Untuk Pendidikan Anak Sekolah Dasar Berbasis Multimedia.

Arifianto, T. (2012). Membuat Interface Aplikasi Android Lebih Keren Dengan Lwuit. yogyakarta: Andi Publiser.

Fathansyah. (1999). Basis Data. Bandung: Informatika.

Gunawan, C. (2013). Skripsi : Aplikasi Perangkat Ajar Pengenalan Seni dan Budaya Indonesia “Petualangan Sibi” Untuk Sekolah Dasar Kelas VI.

Hedrayudi. (2008). Komputer dan Pemrograman VB. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Jogiyanto, H. (2001). Analisis Perancangan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Kristanto, A. (2003). Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya. Jakarta: Gava Media.

Rijayana, I. (2010). Skripsi : Aplikasi Multimedia Kebudayaan Indonesia.

Safaat H, N. (2011). Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika.

Sarah Ismullah dan Ibrahim Ismullah. (2012). Kumpulan Lagu Daerah Nusantara. Jakarta: Cerdas Interaktif (Penebar Swadaya Grup).

Published
2018-04-19
Section
Volume.3.Nomor.1 APRIL 2018
Abstract viewed = 278 times