RANCANG BANGUN SOLAR TRACKING SYSTEM UNTUK OPTIMASI OUTPUT DAYA PADA PANEL SURYA

  • MUHAMMAD ASRI Universitas Ichsan Gorontalo
    (ID)
  • SERWIN SERWIN Universitas Ichsan Gorontalo
    (ID)

Abstract

Pada rancangan ini dibangun sebuah model solar tracking yang di implementasikan ke dalam sebuah purwarupa dengan menggunakan metode Solar Tracking. Sistem ini bekerja dengan sensor LDR sebagai pendeteksi dan menerima cahaya matahari, kemudian sinyal dari sensor ini akan diterima oleh Mikrokontroler Arduino Uno sebagai sistem pengendali otomatis yang bekerja menggerakkan dua motor servo ke empat arah mata angin menyesuaikan sudut paling kuat yang diterima oleh sensor LDR yang diasumsikan sebagai arah datangnya cahaya matahari yang memiliki intensitas tertinggi.Dalam pengujian ini dilakukan perbandingan terhadap optimasi output daya dari panel surya yang menggunakan sistem statis dengan sistem solar tracking yang dibantu dengan sensor tegangan dan arus dalam menghitung jumlah daya yang diterima oleh perangkat.

 

Kata Kunci : Solar tracking system, optimasi daya, sensor LDR

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

MUHAMMAD ASRI, Universitas Ichsan Gorontalo

Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Ichsan Gorontalo

SERWIN SERWIN, Universitas Ichsan Gorontalo
Program Studi Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer Universitas Ichsan Gorontalo

References

Allegro, Data Sheet ACS712, [pdf] Tersedia di: http://www.allegromicro.com/ ~/Media/Files/Datasheets/ACS712-Datasheet.ashx, on 2 Agustus 2018.

Bonni, dkk,, 2016, Perancangan Laser Harpa, Jurnal Politeknik Caltex Riau, Jurnal ELEMENTER. Vol. 2, No. 1, Riau.

Gustiya, T. dkk, 2015, Sensor Cahaya LDR (Light Dependent Resistor) Berbasis Mikrokontroler At Mega 328 Sebagai Alat Pendeteksi Kekeruhan Air, Prosiding SKF, ISBN : 978-602-19655-9-7.

Hardianto, H. E., & Rinaldi, R. S., 2012, Perancangan Prototype Penjejak Cahaya Matahari Pada Aplikasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya., Foristek, 2(2), 208–215. Retrieved from jurnal.untad.ac.id/jurnal/ index.php/FORISTEK/article/view/1055/888.

Kadir, A., 2015, ARDUINO From Zero to a PRO. Penerbit ANDI Yogyakarta.

Kamil, E., dkk., 2016, Rancang Bangun Alat Pengaman Kandang Sapi Menggunakan Sensor LDR Berbasis Mikrokontroler, Jurnal SAINTIKOM Vol.15, No. 3 ISSN: 1978-6603.

Permadi, W., 2008, Rancang Bangun Model Solar Tracker Berbasis Mikrokontroler Untuk Mendapatkan Matahari yang Maksimal. Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika Program Studi Fisika, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Published
2019-04-02
Section
Volume 4, Nomor 1 April 2019
Abstract viewed = 931 times