Illustrates Learning Conditions And The Learning Process
Abstract
Belajar merupakan serangkaian aktivitas yang dilakukan dalam mendewasakan atau perubahan yang terus-menerus dalam kemampuan yang berasal dari pengalaman manusia yang didapatkan melalui pendidikan baik formal, informal, maupun nonformal yang dilakukam pendidik melalui berbagai strategi pembelajaran. belajar merupakan sebuah proses yang kompleks yang terjadi pada semua orang dan berlangsung seumur hidup, sejak bayi atau bahkan dalam kandungan hingga liang lahat. Salah satu pertanda bahwa seseorang telah belajar sesuatu adalah adanya perubahan tingkah laku dalam dirinya. Perubahan tingkah laku tersebut menyangkut perubahan yang bersifat pengetahuan, keterampilan dan nilai atau sikap. Belajar dapat dirasakan tentu melalui pembelajaran yang sistematis dan berkelanjutan. Pembelajaran sebagai pengaturan peristiwa secara seksama dengan maksud agar terjadi belajar dan membuatnya berhasil berguna. Kondisi pembelajaran tentu mempengaruhi keadaaan, proses, dan hasil belajar peserta didik. Kebanyakan kondisi nyata dikelas pembelajaran dilaksanakan menoton, model yang usang, lingkungan belajar yang tidak memadai, cukup menyampaikan pengetahuan saja dan biasa terjadi pembulian secara tidak dengan sengaja. Tujuan dari penulisan ini untuk mengetahui gambaran kondisi belajar dan pembelajaran di kelas khusunya.
Copyright (c) 2022 asnita asnitadaeng, Muhammad Wayong
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).