Prosedur Penyusunan dan Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab
Abstract
Kebutuhan terhadap bahan ajar bahasa Arab sangatlah penting dalam ketercapaian tujuan pembelajaran. Seorang guru, siswa dan materi merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan untuk keberhasilan dalam sebuah proses pembelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang definisi, karakteristik strategi dan langkah-langkah dalam menyusun dan mengembangkan bahan ajar bahasa Arab. Jenis penelitian pustaka atau library research, yang mengambil sumber data dari teori-teori secara kepustakaan. Implikasi kajian ini memiliki kontribusi terhadap kemudahan seorang guru untuk mengembangkan bahan ajar yang akan diterapkan kepada siswanya.
References
Abdul Hamid, Dkk. Pembelajaran Bahasa Arab: Pendekatan, Metode, Strategi, Materi, dan Media. Malang: UIN-Malang Press, 2008.
Hamad, Ibnu. “Lebih Dekat Dengan Analisis Wacana.” Jurnal Komunikasi 8, no. 2 (2007).
Hamid, M Abdul, Danial Hilmi, Syaiful Mustofa, Universitas Islam, Negeri Maulana, dan Malik Ibrahim. “Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Berbasis Teori Belajar Konstruktivisme Untuk Mahasiswa.” Journal Imla 4, no. 1 (2019): 100–114.
Khairi Abu Syairi. “Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab.” Dinamika Ilmu 13, no. No.1 (2013): 51–66.
Moleong, L. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.
Syaifullah, Muhammad, dan Nailul Izzah. “Kajian Teoritis Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab.” Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab 3, no. 1 (2019): 127–144.
Syairi, Khairi Abu. “Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab.” Dinamika Ilmu 13, no. 1 (2013): 51–66.
Umo, Hamzah B. Model Pembelajaran-Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.