Prosedur Penyusunan dan Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab

  • Hamka Ilyas Pendidikan Bahasa Arab, UIN Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Sulkifli Sulkifli Pendidikan Bahasa Arab, UIN Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)

Abstract

Kebutuhan terhadap bahan ajar bahasa Arab sangatlah penting dalam ketercapaian tujuan pembelajaran. Seorang guru, siswa dan materi merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan untuk keberhasilan dalam sebuah proses pembelajaran tersebut. Penelitian  ini bertujuan untuk mengetahui tentang definisi, karakteristik strategi dan langkah-langkah dalam menyusun dan  mengembangkan bahan ajar bahasa Arab. Jenis penelitian pustaka atau library research, yang mengambil sumber data dari teori-teori secara kepustakaan. Implikasi kajian ini memiliki kontribusi terhadap kemudahan seorang guru untuk mengembangkan bahan ajar yang akan diterapkan kepada siswanya.

References

Abdul Hamid, Dkk. Pembelajaran Bahasa Arab: Pendekatan, Metode, Strategi, Materi, dan Media. Malang: UIN-Malang Press, 2008.

Hamad, Ibnu. “Lebih Dekat Dengan Analisis Wacana.” Jurnal Komunikasi 8, no. 2 (2007).

Hamid, M Abdul, Danial Hilmi, Syaiful Mustofa, Universitas Islam, Negeri Maulana, dan Malik Ibrahim. “Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Berbasis Teori Belajar Konstruktivisme Untuk Mahasiswa.” Journal Imla 4, no. 1 (2019): 100–114.

Khairi Abu Syairi. “Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab.” Dinamika Ilmu 13, no. No.1 (2013): 51–66.

Moleong, L. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.

Syaifullah, Muhammad, dan Nailul Izzah. “Kajian Teoritis Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab.” Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab 3, no. 1 (2019): 127–144.

Syairi, Khairi Abu. “Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab.” Dinamika Ilmu 13, no. 1 (2013): 51–66.

Umo, Hamzah B. Model Pembelajaran-Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Published
2022-12-30
How to Cite
Ilyas, H., & Sulkifli, S. (2022). Prosedur Penyusunan dan Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab. Journal of Arabic Education and Linguistics, 2(2), 77-84. https://doi.org/10.24252/jael.v2i2.32484
Abstract viewed = 2415 times