تحليل التعلم السريع بتطبيق طريقة التعلم القائم على الدماغ في تعليم اللغة العربية

  • Abdul Rahim Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Amrah Kasim Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Adinda Fitrah Nirwana Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Muhammad Zakir Husain Universitas Sultan Syarif Ali, Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam
    (BN)
Kata Kunci: التعلم السريع, طريقة التعلم، الدماغ, تعليم اللغة العربية

Abstrak

Ada banyak metode yang telah dirancang oleh para ahli dalam pembelajaran bahasa Arab. Berbagai metode tersebut kemudian menjadi bahan kajian pendidikan, pengajaran, dan referensi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research). Library research adalah tinjauan pustaka atas berbagai sumber hasil penelitian sebelumnya yang harus ditindaklanjuti, atau memberi komentar tentang penelitian tersebut, guna menghasilkan solusi/teori pengembangan mengenai metode yang ingin dikembangkan. Penelitian pustaka memuat banyak hal yang saling terkait seperti, ide atau teori yang didukung oleh data dari sumber kepustakaan. Sumber pustaka dapat berupa jurnal ilmiah, disertasi, artikel, dan buku.

Analisis akselerasi pembelajaran dengan metode Pembelajaran Berbasis Otak (Brain Based Learning) dalam pembelajaran bahasa Arab, membantu siswa dan guru untuk saling memahami pentingnya proses transfer pengetahuan. Guru memberikan perhatian yang besar terhadap kesiapan fisik, mental dan emosional siswa, meningkatkan minat dalam memahami hubungan pembelajaran. Sehingga mengarah pada kenyamanan siswa dalam menerima ilmu. Metode pembelajaran berbasis otak yang universal dapat digunakan dalam pertemuan berbeda di setiap kelas.

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran yang akurat kepada anggota fakultas untuk mempelajari lebih lanjut tentang metode pembelajaran berbasis otak dalam bentuk literatur. Dimana hal tersebut akan mempersiapkan tenaga kependidikan yang berkualitas.

Referensi

Asy’ari, Hasyim. “خصائص اللغة العربية الفصحي ومكانتها في الدين الإسلامي.” Jurnal Al Bayan 10 (2018): 54–74.

Azizah, Siti. Guru Dan Perkembangan Kurikulum Berkarakter. Implementasi Pada Tingkat Satuan Pendidikan. Samata-Gowa: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, n.d.

Bustami, Taufik. Brain Based Teaching. Merancang Kegiatan Belajar Yang Melibatkan Otak Emosional, Sosial, Kognitif, Kinestik, Dan Reflektif. Bandung: Mizan Pustaka, 2007.

Faidi, Ahmad. Tutorial Mengajar Untuk Melejitkan Otak Kanan Dan Kiri Anak. Yogyakarta: Diva Press, 2013.

Haryanto, Dwi. “Metode Pembelajaran Bahasa Arab Pada Siswa Kelas VIII MTsN Gondowulung Bantul Yogyakarta.” UIN Sunan Kalijaga, 2012.

Lestari, Karunia Eka. “Implementasi Brain-Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Dan Kemampuan Berpikir Kritis Serta Motifasi Belajar Siswa Smp.” Jurnal Pendidikan Unsika 2 (2014): 36–46.

Mufidah, Luk Luk Nur. Brain Based Teaching And Learning. Yogyakarta: Teras, 2014.

Rusmono. Strategi Pembelajaran Dengan Problem Based Learning Itu Perlu: Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. I. Semarang: Bogor Ghalia Indonesia, 2012.

Sugiyono. “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&d. Intro ( PDFDrive ).Pdf.” Bandung Alf, 2011.

Taufiq, Wildan. Metode Penelitian Bahasa Arab. Edited by Mohamad Dandan Wildani. I. Bandung, 2018.

Tuhurima, David. “Evaluasi Program Akselerasi Di Smp Negeri Kota Ambon.” Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan 3, no. 1 (2016): 1.

Smith, Alistair. “Accelerated Learning in Practice.” Network Educational Press Ltd 1, no. 1 (1998): 1–257. http://www.emeraldinsight.com/doi/10.1108/eb017217.

Thu’aimah, Rusydi Ahmad. Manahij Tadris Al-Lughah Al- ‘Arabiyah Bi Al-Ta’Lim Al-Asasi. Kairo: Dar al-Fikr al-’Araby, 2001.

Yusuf, A. Muri. No Title. IV. Jakarta: Kencana, 2017.

https://jurnal.ugm.ac.id/buletnpsikologi/article/viewfile/11538/8604

https://dosenpsikologi.com/memoridalam-psikologi

https://artikeldunianak.blogspot.com/2016/01/peranan-otakdalamkecerdasan.html

https://fandytrk.blogspot.com/2010/11/pemahaman-direct-method-metodelangsung.html

https://firdaus3092.blogspot.com/2016/03/pembelajaran-maharat-al-qiraah.html

https://azharnasri.blogspot.com/2010/03/sumber-data-jenis-dan-teknik.html

https://ndar2006.blogspot.com/2010/06/makalah-metode-qawaid-dantarjamah.html

https://blog.ruangguru.com/perbedaan-fungsi-otak-kiri-dan-otak-kanan

Diterbitkan
2022-12-30
Abstrak viewed = 206 times