Kesulitan Penggunaan Bentuk-bentuk Kata Ganti dalam Kalimat Bahasa Arab Pada Peserta Didik Kelas IX Madrasah Tsanawiyah

  • Andihaidir Mappamasing Pascasarjana UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Kasim Amrah UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Rappe UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Sulkifli STAI Al-Gazali Soppeng
    (ID)
Keywords: Difficulities, Pronouns, Arabic Sentences

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kesulitan penggunaan bentuk-bentuk kata ganti dalam kalimat bahasa Arab pada pada peserta didik kelas IX di MTs Darul Abrar Kabupaten Bone. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif, dengan pendekatan pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan kesulitan penggunaan bentuk-bentuk kata ganti dalam kalimat bahasa Arab pada peserta didik. Beberapa faktor tersebut antara lain: Faktor internal meliputi (faktor minat, faktor perhatian peserta didik dan faktor ketidakpahaman konsep dhamir) dan faktor eksternal meliputi (faktor pendidik, faktor metode pengajaran, faktor kurangnya latihan praktis, faktor kurikulum, faktor sarana dan prasarana). Implikasi penelitian ini yaitu kepada peneliti lainnya yang berkeinginan untuk meneliti dalam wilayah kajian yang sama, diharapkan dapat mengambil fokus pada analisis kesulitan kata ganti terhadap kaidah bahasa Arab yang lain

References

Ahmadi, Rulam. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2006.

Arsyad, Azhar. Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya: Beberapa Pokok Pikiran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.

Assakhawiy, Muhammad Abdur Rahman. Al-Maqa>sid al-H{asanah Fi> Baya>n Kasi>r Min al-Ahadi>s al-Musytahirah ’ala Assinnah. Darul Kitab al-’Arabiy, 1985.

Hajar, Abbas Ibnu. "Kendala-Kendala Pembelajaran Bahasa Arab Pada Jurusan Kpi Fakultas Ushuluddin Adab Dan Dakwah." ABANNA: Journal Of Contemporary Islamic Education 2.1 (2024): 75-92.

Haniah, Haniah. "Pemanfaatan teknologi informasi dalam mengatasi masalah belajar bahasa Arab." Al-Ta'rib: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya 2.1 (2014).

Ilmi Hijratul Jihad, N., S. Suparmanto, M. Lutfil Hakim, and S. Nurul Hidayah. “Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Mufrada<T Di Madrasah Tsanawiyah NW Mercapada”. Journal of Arabic Education and Linguistics, Vol. 3, no. 2, Apr. 2024, pp. 95-104, doi:10.24252/jael.v3i2.43360.

Ilyas, Hamka dan Sulkifli. “Prosedur Penyusunan dan Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab.” JAEL: Journal of Arabic Education and Linguistic 2, no. 2 (2022): 81–83. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/jael.v2i2.32484.

al-Jarim, Ali dan Mustafa Amin. An Nahwul Wadlih. Diterjemahkan oleh Moh. Ismail dengan judul An Nahwul Wadlih Tata Bahasa Arab (Iblidaiyyah). Surabaya: Al-Ma’arif, 1991.

RI, Departemen Agama. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta: Yayasan Penyelenggara Penterjemah/Pentrafsir Al-Qur’an, 1971.

Sulaiman, Hizbun Al-Faiyadh. Tatwir Tadris Adh-Dhamir bi" Thariqah Write with Control"(Dirasah Al-Bahtsu wa At-Tathwir bi Mahadi Darul Ulum Al-Ashriy Banda Aceh). Diss. UIN Ar-Raniry Banda Aceh, 2023.

Sulkifli, Hamka Ilyas & Sitti Aisyah Chalik. “Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Arab Peserta Didik Kelas XI IKA di MAS DDI Pattojo Kabupaten Soppeng” 12, no. 1 (2024): 57–69. https://doi.org/10.24252/saa.v12i1.35242.

Sutrisno, Hadi. Metodologi Research. Yogyakarta: Fak. Psikologi UGM, 1990.

Tarigan, Nuraini Nindra Utami, and Zulkarnein Zulkarnein. "Strategi Guru Bahasa Arab dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Materi Nahwu dan Shorof pada Siswa Kelas IX di MTs Al Washliyah Pancur Batu." Tsaqila| Jurnal Pendidikan dan Teknologi 3.2 (2023): 105-112.

At-Thabari, Ja’far Muhammad Ibnu Jarir. Jami’ al-Bayan fi> ta’wi>l al-Quran. Cairo: al-Tawfikia, t.d.

Yunus, Mahmud. Kamus Arab Indonesia. Jakarta: PT. Mahmud Yunus Wa Dzuriyyah, 2010.

Published
2024-09-05
How to Cite
Mappamasing, A., Amrah, K., Rappe, & Sulkifli. (2024). Kesulitan Penggunaan Bentuk-bentuk Kata Ganti dalam Kalimat Bahasa Arab Pada Peserta Didik Kelas IX Madrasah Tsanawiyah. Journal of Arabic Education and Linguistics, 4(1), 133-143. https://doi.org/10.24252/jael.v4i1.45511
Abstract viewed = 24 times