Analisis Pengaruh Tegangan dan Hambatan Terhadap Kuat Arus dengan Menggunkan Phet Simulation

  • Hilma Nurul Fajrin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
    (ID)
  • Adam Malik UIN Sunan Gunung Djati
    (ID)
Kata Kunci: hambatan, kuat arus, lampu pijar, resistor, tegangan

Abstrak

Zaman yang semakin modern, teknologi yang semakin maju sangat memudahkan dunia pendidikan. Salah satunya saat melakukan kegiatan praktikum sehingga kegiatan praktikum dapat lebih fleksibel dan dapat menghindari kecelakaan kerja. praktikum percobaan tentu bermacam-macam diantaranya ada mengenai resistor dan lampu pijar. Praktikum bertujuan untuk menganalisis pengaruh tegangan dan hambatan terhadap besar kuat arus yang dihasilkan. Metode yang digunakan pada praktikum ini ialah metode kuantitatif dengan melakukan percobaan atau eksperimen dengan virtual lab Phet Simulation. Hasil yang didapatkan dari praktikum ini, pengaruh tegangan terhadap kuat arus, kuat arus akan semakin besar saat tegangan dinaikkan yang artinya hubungan keduanya berbanding lurus. Sedangkan pengaruh hambatan, semakin besar hambatan yang diberikan maka kuat arus yang dihasilkan akan semakin kecil. Artinya hubungan hambatan dengan kuat arus berbanding terbalik.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

F. Mulyani and N. Haliza, “Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ( Iptek ) Dalam Pendidikan,” vol. 3, 2021.

R. T. Utami and A. Desstya, “Analisis Cakupan Literasi Sains dalam Buku Siswa Kelas V Tema 4 Karya Ari Subekti di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 5, no. 6, pp. 5001–5013, 2021, doi: 10.31004/basicedu.v5i6.1556.

L. Novitasari, P. A. Agustina, R. Sukesti, M. F. Nazri, and J. Handhika, “Fisika, Etnosains, dan Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Sains,” Semin. Nas. Pendidik. Fis. III 2017, pp. 81–88, 2017.

A. R. Harefa, “Peran Ilmu Fisika dalam Kehidupan Sehari-hari,” War. Dharmawangsa, vol. 13, no. 2, 2019.

A. Doyan, M. Taufik, and R. Anjani, “Pengaruh Pendekatan Multi Representasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Peserta Didik,” J. Penelit. Pendidik. IPA, vol. 4, no. 1, 2018, doi: 10.29303/jppipa.v4i1.99.

A. Fatimah, N. T. Zain, R. R. S. A. N. F, and W. Sholina, “Pembelajaran Fisika Sekolah Menengah Atas pada Materi Osilasi : Studi Literatur,” pp. 65–84, 2022.

I. Laelasari and Y. H. Adisendjaja, “Mengeksplorasi Kemampuan Berpikir Kritis Dan Rasa Ingin Tahu Siswa Melalui Kegiatan Laboratorium Inquiry Sederhana,” Thabiea J. Nat. Sci. Teach., vol. 1, no. 1, p. 14, 2018, doi: 10.21043/thabiea.v1i1.3879.

S. W. Ulfa, “Pembelajaran Berbasis Praktikum : Upaya Mengembangkan,” J. Pendidik. Islam dan Teknol. Pendidik., vol. VI, no. 1, pp. 65–75, 2016.

W. Z. Shi, L. Ma, and J. Wang, “Effects of inquiry-based teaching on Chinese university students’ epistemologies about experimental physics and learning performance,” J. Balt. Sci. Educ., vol. 19, no. 2, pp. 289–297, 2020, doi: 10.33225/jbse/20.19.289.

H. Jaya, “Pengembangan laboratorium virtual untuk kegiatan paraktikum dan memfasilitasi pendidikan karakter di SMK,” J. Pendidik. Vokasi, vol. 2, no. 1, pp. 81–90, 2013, doi: 10.21831/jpv.v2i1.1019.

A. Fitri, “Laboratorium Virtual dengan Aplikasi PhET untuk Memperkuat Penguasaan Konsep Listrik Dinamis Siswa pada Pembelajaran Online,” J. Eksakta Pendidik., vol. 6, no. 1, pp. 52–60, 2022, doi: 10.24036/jep/vol6-iss1/624.

A. H. Maksum and Y. Saragih, “Analisis Penerapan Virtual Laboratorium Versus Reality Laboratorium,” J. TIARSIE, vol. 17, no. 2, p. 47, 2020, doi: 10.32816/tiarsie.v17i2.72.

N. Nurhayati and B. Maisura, “Pengaruh Intensitas Cahaya Terhadap Nyala Lampu dengan Menggunakan Sensor Cahaya Light Dependent Resistor,” CIRCUIT J. Ilm. Pendidik. Tek. Elektro, vol. 5, no. 2, p. 103, 2021, doi: 10.22373/crc.v5i2.9719.

D. Nusyirwan, M. Fahrudin, and P. P. Putra Perdana, “Perancangan Purwarupa Pengatur Suhu Otomatis pada Inkubator Penetasan Telur Ayam Menggunakan Arduino Uno dan Sensor Suhu IC LM 35,” JAST J. Apl. Sains dan Teknol., vol. 3, no. 1, p. 60, 2019, doi: 10.33366/jast.v3i1.1315.

B. Kibirige, “Sizing standalone battery charging systems based on Photovoltaic (PVTCP) Temperature Crossing Points using Voltage Source Photovoltaic Model (VSPVM),” Sol. Energy, vol. 136, pp. 342–348, 2016.

T. L. Floyd, Principles of electric circuits: conventional current version. Pearson Prentice Hall Upper Saddle River, NJ, 2007.

R. L. Boylestad and L. Nashelsky, Electronic devices and circuit theory. Pearson Education India, 2009.

M. Abdullah, “Fisika Dasar I,” Bandung, Inst. Teknol. Bandung, 2016.

E. J. F. Alonso Marcelo, Fundamental University Physics, 2nd ed. Jakarta: Penerbit Erlangga, 1994.

Ratna Mustika Yasi and Charis Fathul Hadi, “Pengaruh Tegangan Terhadap Besar Kuat Arus Listrik Pada Persamaan Hukum Ohm,” J. Zetroem, vol. 3, no. 1, pp. 34–36, 2021, doi: 10.36526/ztr.v3i1.1331.

M. Baedowi, L. Rini Sulistyo, and B. Royani, “Dasar Listrik dan Elektronika,” no. Sp 4. pp. i–241, 2020,

D. S. Sidik Priadana, Metode Penelitian Kuantitatif. Tanggerang Selatan: Pascal Books, 2021.

A. S. Sandu Siyoto, Dasar Metodologi Penelitian, Cetakan 1. Sleman Yogyakarta: Literasi Media Publishing, 2015.

A. Jaedun, “Oleh : Amat Jaedun,” Metodol. Penelit. Eksperimen, pp. 0–12, 2011.

M. Mulyadi, “Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya,” J. Stud. Komun. dan Media, vol. 15, no. 1, p. 128, 2013, doi: 10.31445/jskm.2011.150106.

Diterbitkan
2024-02-04
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 724 times