Kajian Konsep Fisika Kinematika Gerak pada Hero Khufra (Skill Tyrent’s Revenge) dalam Game Online Mobile Legends Bang Bang

  • Agus Anwar Universitas Mulawarman
    (ID)
  • Rahmawati Munir Program Studi Fisika, Jurusan Fisika, FMIPA Universitas Mulawarman
    (ID)
  • Adrianus Inu Natalisanto Program Studi Fisika, Jurusan Fisika, FMIPA Universitas Mulawarman
    (ID)
  • Djayus Program Studi Fisika, Jurusan Fisika, FMIPA Universitas Mulawarman
    (ID)
  • Devina Rayzy Perwitasari Sutaji Putri Program Studi Fisika, Jurusan Fisika, FMIPA Universitas Mulawarman
    (ID)
Kata Kunci: Hero Khufra, Kinematika, Perpindahan, Pelacak Video

Abstrak

Dalam permainan online Mobile Legends Bang Bang, terdapat aspek yang berhubungan dengan kinematika gerak, salah satunya adalah durasi kokang skill yang digunakan oleh hero Khufra. Durasi kokang ini berpengaruh pada perbedaan jarak perpindahan yang dicapai oleh Khufra, mulai dari titik awal hingga titik akhir dalam permainan. Oleh karena itu, penting untuk mengkaji konsep kinematika gerak dalam game Mobile Legends Bang Bang, terutama terkait dengan penggunaan skill Tyrent’s Revenge pada hero Khufra. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi konsep kinematika gerak dalam permainan ini serta menganalisis pengaruh durasi kokang hero Khufra terhadap jarak yang ditempuh. Penelitian ini menggunakan data berupa rekaman video penggunaan skill Tyrent’s Revenge pada hero Khufra dalam game Mobile Legends Bang Bang. Video tersebut dianalisis menggunakan software tracker video yang menghasilkan visualisasi grafik maupun data waktu dan jarak perpindahan. Data yang diperoleh selanjutnya digunakan dalam software excel untuk menentukan kurva regresi linier serta nilai R-Squared (R2). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam game Mobile Legends Bang Bang kinematika gerak dapat dideskripsikan melalui perpindahan jarak hero Khufra dari titik awal ke titik akhir. Hasil analisis menunjukkan terdapat kurva regresi linier dengan Persamaan garis  serta nilai . Nilai  mendekati 1 menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang kuat antara waktu kokang terhadap jarak perpindahan hero Khufra.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

H. Ruspitasari, Supeno, dan Yushardi, “Kajian Kinematika Gerak pada Gerak Kendaraan Bermotor di Jalan Kabupaten Ngawi sebagai Sumber Belajar Fisika,” J. Has. Kaji. Inov. Dan Apl. Pendidik. Fis., vol. 8, no. 2, 2022.

H. D. Young dan R. A. Freedman, Fisika Universitas Jl. 1/10. Jakarta: Jakarta: Erlangga, 2002.

M. Abdullah, Diktat Fisika Dasar I. Bandung: Institut Teknologi Bandung, 2016.

A. P. Arya, Introduction to Classical Mechanics. New Jersey: Pearson Education, 1990.

S. Prihartini, W. Handayani, dan R. D. Agustina, “IDENTIFIKASI FAKTOR PERPINDAHAN TERHADAP WAKTU YANG BERPENGARUH PADA KINEMETIKA GERAK LURUS BERATURAN (GLB) DAN GERAK LURUS BERUBAH BERATURAN (GLBB),” JoTaLP J. Teach. Learn. Phys., vol. 2, no. 2, hlm. 13–20, 2017.

D. Rani, E. J. Hasibuan, dan R. K. I. Barus, “Impact of Online Mobile Legends Game Bang Bang for Students,” J. Perspekt., vol. 7, no. 1, hlm. 6–12, 2019.

R. Handayani, “Analisa Aktivitas Fandom Mobile Legend Indonesia Dalam Membangun Struktur Komoditas Baru (Studi Tentang Media Baru),” J. Al-Munzir, vol. 11, no. 1, hlm. 141–162, 2019.

M. Arif dan S. Aditya, “Dampak Perilaku Komunikasi Pemain Game Mobile Legends pada Mahasiswa Universitas Negeri Padang,” J. Intercult. Commun. Soc., vol. 1, no. 1, hlm. 31–45, 2022.

A. A. Prasetyo dan F. Amin, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Hero Tank Mobile Legends Terbaik dengan Metode Moora,” J. Ilm. Univ. Batanghari Jambi, vol. 22, no. 2, hlm. 1291, Jul 2022, doi: 10.33087/jiubj.v22i2.2067.

S. I. Santoso, I. M. Saputra, dan B. Setiaji, “Fisika dalam Game: Konsep Resultan Vektor Gaya pada Karakter Fanny di Mobile Legends,” J. Sains Dan Teknol., vol. 6, no. 1, hlm. 40–48, 2023, doi: 10.31764/justek.vXiY.ZZZ.

R. Munir, Metode Numerik Revisi Ke-Empat. Bandung: Informatika, 2015.

B. Triatmodjo, Metode Numerik. Yogyakarta: Beta Offset, 2016.

M. R. Ridho, B. Ajidewantara, dan Nurdiyanti, “Analisis Korelasi Kecepatan dan Percepatan saat Gerak Lurus menggunakan Pesawat Atwood Berbasis Arduino dengan Sensor Logam,” J. Pros. Semin. Nas. Fis. SNF, vol. 4, hlm. 57–61, 2020.

F. Mukharomah, A. Mutiarani, Supiyadi, dan Sulhadi, “Gerak Harmonik Teredam Untuk Menentukan Koefisien Viskositas Fluida Berbantuan Software Tracker Video,” J. WaPFi Wahana Pendidik. Fis., vol. 6, no. 1, hlm. 17–22, 2021.

C. A. Selvira, A. N. Subaedi, N. A. Azzahra, O. Novitasari, dan G. Antarnusa, “Meningkat Keakuratan Simulasi Osilasi Harmonik Teredam pada Pegas Menggunakan Tracker Video Analysis and Modelling Tool,” Pros. Semin. Nas. Pendidik. Fis. Untirta, vol. 3, no. 1, hlm. 336–340, 2020.

D. Brown, W. Christian, dan R. M. Hanson, “Tracker Video Analysis and Modeling Tool for Physics Education,” physlets.org.

I. D. Handayani, F. Ahmad, dan A. P. Diah, “EFEKTIVITAS TRACKER VIDEO ANALYSIS DALAM PRAKTIKUM FISIKA UNTUK MENENTUKAN PERCEPATAN GRAVITASI,” ORBITA J. Has. Kaji. Inov. Dan Apl. Pendidik. Fis., vol. 8, no. 2, Nov 2022.

N. Fatihah, N. N. Khomsati, dan B. Setiaji, “Efektivitas Game Epic Skater 2 Sebagai Media Simulasi Bermain Skateboard Menggunakan Konsep Fisika Kinematika 2 Dimensi,” JFT J. Fis. Dan Ter., vol. 10, no. 1, hlm. 47–56, Agu 2023, doi: 10.24252/jft.v10i1.34688.

R. B. Astro, F. Ratnaningsih, R. Asmarani, dan H. Aimon, “Penentuan Momen Inersia Katrol pada Pesawat Atwood dengan Metode Video Tracking,” Pros. SNIPS, hlm. 32–39, 2018.

Diterbitkan
2025-02-03
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 41 times