Dimensi Perilaku Pembelajaran Online Terhadap Pemahaman Akuntansi (Studi Pada Mahasiswa Akuntansi di Kota Makassar)

  • Asriani Junaid
    (ID)
  • Edy Susanto Universitas Muslim Indonesia
    (ID)
  • St. Sukmawati Universitas Muslim Indonesia
    (ID)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dimensi media pembelajaran online dan perilaku belajar terhadap pemahaman akuntansi pada mahasiswa jurusan akuntansi di kota Makassar. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan verifikatif dan tipe penelitian kausal yang dilakukan pada mahasiswa akuntansi di Makassar, dengan unit analisis adalah mahasiswa akuntansi semester 4 pada universitas swasta di Kota Makassar. Sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan random sampling dengan memilih acak dari populasi penelitian. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang dikumpulkan dengan instrumen penelitian berupa kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Ranah penelitian adalah akuntansi sosial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dimensi media pembelajaran online dan perilaku belajar berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pemahaman akuntansi kuliah online. Hal ini menunjukkan bahwa pada saat kuliah online, mahasiswa akuntansi masih rendah pemahaman akuntansinya walaupun media pembelajaran yang digunakan dosen sudah baik. Demikian pula dengan perilaku belajar mahasiwa baik tetapi pemahaman akuntansinya masih kurang terutama matakuliah yang bersifat teknis seperti Pengantar Akuntansi dan akuntansi Keuangan 

 

Kata Kunci: Pemahaman akuntansi, Media pembelajaran, Perilaku belajar, kuliah online

Published
2024-01-05
Section
Artikel
Abstract viewed = 179 times