Dimensi Perilaku Pembelajaran Online Terhadap Pemahaman Akuntansi (Studi Pada Mahasiswa Akuntansi di Kota Makassar)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dimensi media pembelajaran online dan perilaku belajar terhadap pemahaman akuntansi pada mahasiswa jurusan akuntansi di kota Makassar. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan verifikatif dan tipe penelitian kausal yang dilakukan pada mahasiswa akuntansi di Makassar, dengan unit analisis adalah mahasiswa akuntansi semester 4 pada universitas swasta di Kota Makassar. Sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan random sampling dengan memilih acak dari populasi penelitian. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang dikumpulkan dengan instrumen penelitian berupa kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Ranah penelitian adalah akuntansi sosial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dimensi media pembelajaran online dan perilaku belajar berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pemahaman akuntansi kuliah online. Hal ini menunjukkan bahwa pada saat kuliah online, mahasiswa akuntansi masih rendah pemahaman akuntansinya walaupun media pembelajaran yang digunakan dosen sudah baik. Demikian pula dengan perilaku belajar mahasiwa baik tetapi pemahaman akuntansinya masih kurang terutama matakuliah yang bersifat teknis seperti Pengantar Akuntansi dan akuntansi Keuangan
Kata Kunci: Pemahaman akuntansi, Media pembelajaran, Perilaku belajar, kuliah online
Copyright (c) 2024 Asriani Junaid, Edy Susanto, St. Sukmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Under the following terms of Creative Commons:
-
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
-
NonCommercial — You may not use the material for commercial purposes.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.