STUDI FENOMENOLOGI PENGELOLAAN KEUANGAN PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS KUTTAB DI KOTA MAKASSAR
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran yang komprehensif terkait pengelolaan keuangan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pertanggungjawaban pada lembaga pendidikan berbasis kuttab di Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi fenomenologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perencanaan yang dilakukan oleh ketiga kuttab yang menjadi objek penelitian khususnya Kuttab Imam Malik dan Kuttab Al Faruq masih sangat sederhana ditandai dengan tidak adanya semacam RAPBS yang disusun tiap tahun yang menjadi acuan dalam pelaksanaan kegiatan. Adapun Kuttab Al Fatih telah menerapkan perencanaan dengan cukup baik dengan adanya forum penyusunan anggaran yang sifatnya formal melalui rapat kerja. Selanjutnya pelaksanaan keuangan penelitian yang meliputi pengelolaan sumber pendanaan masih berfokus pada pendanaan dari iuran santri adapun sumber-sumber lainnya belum bisa dimaksimalkan. Adapun evaluasi keuangam juga belum maksimal belum memiliki standar baku yang jelas serta pertanggungjawaban masih dalam ranah internal.
Kata Kunci : Pengelolaan Keuangan, Lembaga Pendidikan, Kuttab
This study aims to provide a comprehensive picture related to financial management consisting of planning, implementation, evaluation, and accountability in kuttab-based educational institutions in Makassar City. This research uses a qualitative approach with a phenomenological study method. The results showed that the planning carried out by the three kuttabs that became the object of research, especially the Kuttab Imam Malik and the Kuttab Al Faruq was still very simple, marked by the absence of a kind of RAPBS compiled every year which became a reference in the implementation of activities. Meanwhile, Kuttab Al Fatih has implemented planning quite well with the existence of a formal budgeting forum through work meetings. Furthermore, the implementation of research finance which includes the management of funding sources is still focused on funding from student fees while other sources cannot be maximized. The financial evaluation is also not maximized, does not have clear standards and accountability is still in the internal realm.
Keywords : Financial Management, Educational Institutions, Kuttab
Referensi
DAFTAR PUSTAKA
Affandi, M.Arief. 2020. Kuttab Dan Institusi Pendidikan Islam Pra-Lahirnya Sistem Madrasah. Jurnal Taujih: Jurnal Pendidikan Islam Vol. 13 No. 02 pg 40-60
Amstrong, Michael. 2004. Performance Management (terj. Toni Setiawan). Yogyakarta: Tugu Publisher.
Arifin, Zainal. 2014. “Pertanggungjawaban Keuangan Pondok Pesantren: Studi pada Yayasan Nazhatut Thullab”. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi Vol. 3 No. 11. STIESIA Surabaya
Baharuddin dan Moh. Makin. 2010. Manajemen Pendidikan Islam: Transformasi Menuju Sekolah/Madrasah Unggul. Malang: UIN Press.
Daryanto. 2013. Administrasi dan Manajemen Sekolah, Cet.1. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Effendi, Ek., Mochtar. 1986. Manajemen Suatu Pendekatan Berdasarkan Ajaran Islam. Jakarta: Bhatara Karya Aksara.
Fahrurrozi. 2012. “Manajemen Keuangan Madrasah” Jurnal Pendidikan Islam Vol. XVII No. 2 UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Fattah, Nanang. 2004. Konsep dan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan Dewan Sekolah. Bandung: CV. Pustaka Bani Quraisy.
Huriyah, Lilik. 2014. Manajemen Keuangan: Optimalisasi Pengelolaan Keuangan di Lembaga Penddikan Islam. Surabaya: UINSA Pers.
Ludigdo, Unti. 2007. Paradoks Etika Akuntan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Makdisi, George. 1981. The Rise of Colleges: Institution of Learning in Islam and The West. Edinburg: Edinburg University Press
Minarti, Sri. 2011. Manajemen Sekolah Pengelolaan Lembaga Secara Mandiri. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Moleong, Lexy J.2011. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rodsa Karya
Mubin, Nor. 2018. “Integritas Dan Akuntabilitas Dalam Pengelolaan Keuangan Sekolah/Madrasah” Jurnal Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Vol. 14 No.2 STAIDA Gresik
Mudjiyanto, Bambang dan N, Kenda.2011. Metode Fenomenologi Sebagai Salah Satu Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Komunikologi. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Public.
Mulyasa, E. 2008. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Rosdakarya.
Muspiroh, Novianti. 2019. Kuttab Sebagai Pendidikan Dasar Islam dan Peletak Dasar Literasi. Tamaddun: Jurnal Sejarah dan Kebudayaan Islam Vol. 7 No. 1 IAIN Syekh Nurjati Cirebon
R. Werang, Basilius. 2015. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Yogyakarta: Media Akademi.
Sofanuddin, Aji. dkk. 2019. Kuttab: Diawasi Atau Diadopsi. Policy Brief
Sulistyorini, 2009. Manajemen Pendidikan Islam (Konsep, Strategi, dan Aplikasi). Yogyakarta: Teras.
Susiana dkk. 2016. Pola Pengelolaan Pembiayaan Madrasah Ibtidaiyah Swasta (Studi Kasus di MIS Al-Jihad Sunggal Kabupaten Deli Serdang). Jurnal Manajemen Pendidikan Indonesia Vol.8, No.1.
Syalabi Ahmad. 1973. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang
Syukur, Fatah. 2011. Manajemen Pendidikan (Berbasis pada Madrasah). Semarang: Pustaka Rizki Putra.
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1993. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Triyuwono, Iwan. 2009. Perspektif, metodologi, dan Teori Akuntansi Syariah. Rajawali Pers. Jakarta.
Undang-Undang RI. No 20 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS. 2011. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Zahro, Aminatul. 2014. Total Quality Management (Teori & Praktik Manajemen untuk Mendongkrak Mutu Pendidikan). Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Zuhairi, dkk. 1991. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Under the following terms of Creative Commons:
-
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
-
NonCommercial — You may not use the material for commercial purposes.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.