STRATEGI DAN BENTUK MANAJEMEN BIAYA SEBAGAI UPAYA SUSTAINABLE KEDAI KOPI PADA MASA PANDEMI COVID-19

  • Yogi Hady Afrizal Institut Teknologi dan Bisnis Kalla
    (ID)
  • Andi Tenri Pada Institut Teknologi dan Bisnis Kalla
    (ID)
  • Fatikah Indriaharti
    (ID)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi manajemen biaya dalam upaya sustainable kedai kopi se-Ajatappareng, Sulawesi Selatan pada masa pandemi Covid-19 dan bagaimana bentuk manajemen biaya kedai kopi se-Ajatappareng pada masa pandemi Covid-19. Adapun metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di wilayah Ajatappareng yaitu Kota Pare-Pare, Kab. Pinrang dan Kab. Sidrap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap kedai kopi mempunya cara atau strategi tersendiri dalam menekan biaya selama pandemi agar dapat mempertahankan usaha. Meski mempunyai strategi yang berbeda, namun tujuan utama dari strategi tersebut yakni untuk bisa bertahan pasca pandemi kemudian kembali menata ulang usha yang sempai terpituk karena adanya pandemi Covid 19. Penelitian ini berimplikasi bahwa banyaknya usaha-usaha yang gulung tikar selama pandemic disebabkan tidak adanya strategi dalam menghadapi kondisi.

Kata Kunci: Strategi Manajemen; Manajemen Biaya dan Kedai Kopi

Diterbitkan
2022-12-14
Bagian
Vol 8, No 2
Abstrak viewed = 435 times