Menelaah Adopsi Konsumen Pada Cashless Payment Pasca Pandemi Sebagai Upaya Menuju Cashless Society

  • Yogi Hady Afrizal Institut Teknologi dan Bisnis Kalla
    (ID)
  • Syarief Dienan Yahya Program Studi Bisnis Digital, Institut Teknologi dan Bisnis Kalla
    (ID)
  • Furqan Zakiyabarsi Program Studi Bisnis Digital, Institut Teknologi dan Bisnis Kalla
    (ID)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola adopsi konsumen pada cashless payment pasca pandemi Covid-19. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian ini berfokus pada dua lokus penelitian yaitu Kota Makassar dan Kota Parepare. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola adopsi user pada cashless payment pasca pandemi yaitu user lebih memilih menggunakan cashless payment karena kepraktisan, efisiensi, transparansi keuangan dan reward yang di peroleh. Saat ini fasilitas cashless payment masih berpusat di tengah kota yang berpengaruh pada keberlangsungan cashless society. Terkait dengan biaya yang dikeluarkan sebanding dengan kemudahan yang di tawarkan selain itu cashless payment menjadi optional user dalam melakukan transaksi saat ini.

Diterbitkan
2023-12-31
Bagian
Vol 9, No 2
Abstrak viewed = 117 times