IMPLEMENTATION OF MANAGEMENT IN ISLAMIC EDUCATION AT MUHAMMADIYAH VOCATIONAL SCHOOL BERAU

  • Rahmawati Rahmawati Universitas Muhammadiyah Makassar
    (ID)
  • Rusli Malli Universitas Muhammadiyah Makassar
    (ID)
  • Muamar Asykur Universitas Muhammadiyah Makassar
    (ID)
  • Taufik Temarwut Universitas Muhammadiyah Berau
    (ID)

Abstrak

Penelitian ini membahas Implementasi Manajemen dalam konteks pendidikan Islam di SMK Muhammadiyah Berau. Ruang lingkup kajian meliputi aspek-aspek kunci manajemen, seperti Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan, dan Pengendalian. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis efektivitas manajemen dalam meningkatkan kualitas pendidikan Islam di SMK Muhammadiyah Berau. Metode penelitian melibatkan studi literatur, observasi, wawancara, dan Dokumentasi. Hasil Hasil penelitian menunjukkan dampak positif Implementasi Manajemen terhadap kualitas Pendidikan Islam di SMK Muhammadiyah Berau. Hal itu dibuktikan dengan meningkatkan efisiensi, partisipasi siswa, dan kualitas pembelajaran. Kesimpulan menegaskan bahwa penerapan manajemen yang efektif dapat menjadi kunci keberhasilan pendidikan Islam di SMK Muhammadiyah Berau, memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan potensi peserta didik dan memastikan visi pendidikan Islam yang berdaya saing

Referensi

Asykur, M., Ilyas, A., Mahmud, H. . H., Pilo, N., & Habibah, S. (2022). Nilai-Nilai Perencanaan Pendidikan Islam (Kisah Nabi Musa As Bersama Nabi Khidir As ) Dalam Surah Al Kahfi Ayat 60-82. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(02), 793–808. https://doi.org/10.30868/ei.v11i02.2237

Azmi, N. (2017). Manajemen Pendidikan Karakter Siswa Man 1 Brebes dan MAN 2 Brebes. Purwekerto: Institut Agma Islam Negeri Purwerkerto.

Basyit, A. (2018). Implementasi Manajemen Mutu Pendidikan Islam. Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 17(1), 187–210. https://doi.org/10.15408/kordinat.v17i1.8102

Burhanuddin, H. (2019). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Al Qur’an. Al-Aufa: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.36840/alaufa.v1i1.217

Farida, E. (2009). Strategi Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI). EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan.

Fathurrohman, M., & Sulistiyorini. (2012). Implementasi Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Islam. 1–407.

Harahap, S. (2000). Implementasi Manajemen Syariah Dalam Fungsi-Fungsi Manajemen. Journal of Visual Languages & Computing, 11(3), 287–301.

Musfarida, M. (2019). Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Manajemen) Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SMA Al-Azhar Mandiri Palu. IAIN Palu.

Na’im, Z. (2021). Managemen Pendidikan Islam. In Widina Bhakti Persada Bandung.

Onsardi, O. (2019). Implementasi Manajemen Kinerja Di Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Osf.Io, 1–30. https://osf.io/preprints/kzyfx/%0Ahttps://osf.io/kzyfx/download

Sista, T. R. (2017). Implementasi Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Educan: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1).

Syafe’i, I. (2015). Tujuan Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 6(November), 151–166.

Utamy, R., Ahmad, S., & Eddy, S. (2020). Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia. Journal of Education Research, 1(3), 225–236. https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.26

Diterbitkan
2023-12-31
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 65 times