Evaluasi Biosecurity Terhadap Kelengkapan Rumah Potong Hewan Tamangapa Kota Makassar Berdasarkan Standar Operasional Prosedur Kesehatan Masyarakat Veterainer

  • Mursidin Mursidin Universitas Islam Negeri Alauddin
  • Jumriah Syam Universitas Islam Negeri Alauddin
  • Astati Astati Universitas Islam Negeri Alauddin
    (ID)
  • Andi Suarda Universitas Islam Negeri Alauddin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi biosecurity terhadap kelengkapan Rumah Potong Hewan (RPH/TPH) Tamangapa Kota Makassar berdasarkan Standar Operasional Prosedur (SOP) Rumah Potong Hewan menurut Kesehatan Masyarakat Veterainer (KESMAVET). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey, instrumen penelitian yang digunakan berupa kusioner dengan pertanyaan tertutup, wawancara dan pengamatan. Indikator yang digunakan dalam pembuatan kuesioner berdasarkan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah ditetapkan oleh Kesehatan Masyarakat Veterainer. Hasil yang diperoleh dari penelitian tentang evaluasi Biosecurity terhadap kelengkapan Rumah Potong Hewan (RPH/TPH) Tamangapa berada pada tingkat Tidak Terpenuhi (490,1 - 700) dengan  bobot  637 dengan indikator pengukuran yaitu peralatan pemotongan, peralatan penggerek dan penggantung karkas, air bersih dan pakaian kerja lapangan (PKL). Hal ini dapat dilihat dari tidak tersedianya alat penggerek dan penggantung karkas dalam proses pemotongan sehingga tidak menjamin kebersihan dan kontaminasi mikroba terhadap daging yang di produksi, maka hal tersebut sangat tidak sesuai dengan persyaratan yang ditentukan dalam pencegahan penularan penyakit sehingga seharusnya pihak Rumah Potong Hewan (RPH/TPH) melakukan pengadaan penggantung karkas agar pemotongan daging tidak dilakukan lagi dilantai dan mampu menjamin daging tidak terkontaminasi oleh bakteri patogen yang dapat membahayakan konsumen atau masyarakat yang mengkomsumsinya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hutchinson et al. 2008. Biosecurity fundamentals. Collage Of Agriculture Science Cooperative Extension, Veterinary Science Information, Pennsylvania State University. (Online), (http://vetextension.psu.edu/, diakses 25 November 2017)

Manual Kesmavet. 1993. Pedoman Pembinaan Kesmavet. Direktorat Bima Kesehatan Hewan Direktorat Jendral Peternakan, Departemen Pertanian, Jakarta.

Peraturan Daerah Kota Makassaar. 2003. Ketentuan Perizinan Usaha Dibidang Peternakan dan Pengenaan Retribusi Atas Pemeriksaan Kesehatan Hewan Serta Daging Dalam Wilayah Kota Makassar, Makassar.

Rianto, E 2009. Panduan Lengkap Sapi Potong Penerbit Penebar Swadaya, Jakarta

[WHO] World Health Organization. 2008. Biosafety and biosecurity in Health Laboratories. Report of a Regional Workshop. Pune. India, 8-11 July 2008. BCT-Report-SEA-HLM-398.pdf. (25 November 2017)

Published
2019-08-01
How to Cite
Mursidin, M., Syam, J., Astati, A., & Suarda, A. (2019). Evaluasi Biosecurity Terhadap Kelengkapan Rumah Potong Hewan Tamangapa Kota Makassar Berdasarkan Standar Operasional Prosedur Kesehatan Masyarakat Veterainer. Jurnal Ilmu Dan Industri Peternakan , 4(1), 50-59. https://doi.org/10.24252/jiip.v4i1.9807
Section
Table of contents
Abstract viewed = 2216 times