Strategi Pengendalian Dan Pencegahan Penyebaran Virus Highly Pathogenic Avian Influenza Pada Sektor III Dan IV di Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat

  • Aminah Hajah Thaha Universitas Islam Negeri Alauddin
    (ID)
  • Isnaniah Bagenda Dinas Pertanian Kabupaten Polewali Mandar
    (ID)

Abstract

Kabupaten Polewali Mandar merupakan kabupaten dengan jumlah populasi ternak unggas ayam kampung dan ayam pedaging (broiler) tertinggi di Provinsi Sulawesi Barat yaitu masing-masing sebesar 1.723.253 ekor dan 885.200 ekor. Hal inilah yang menyebabkan angka kematian unggas akibat Highly Pathogenic Avian influenza (HPAI) juga tinggi dibandingkan kabupaten lainnya. Berbagai kendala dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan pengendalian dan pencegahan tersebut, sehingga menuntut pemerintah setempat untuk mengambil kebijakan yang efektif dan efisien.         Tujuan dari penelitian ini yaitu mengidentifikasi langkah-langkah pengendalian dan pencegahan penyebaran virus Highly Patogenic Avian influenza pada Sektor III dan IV di Kabupaten Polewali Mandar Sulawesi Barat. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Strategi Pengendalian dan Pencegahan Penyebaran Virus Highly Pathogenic Avian influenza pada Sektor III dan IV di Kabupaten Polewali Mandar yang telah diterapkan antara lain (a) Deteksi, Lapor dan Respon (DLR) Cepat, (b) Biosekuriti, (c) vaksinasi, (d) Penataan/Sanitasi Rantai Pasar Unggas, (e) Pengawasan Lalu Lintas Unggas, dan (f) Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonimous. 2017. Apa Keistimewaan Isikhnas ?. (Online), (http://wwwtest.isikhnas.com/public/ index.php/2017/06/21/apa-keistimewaan-isikhnas/, di Akses tanggal 5 Mei 2018).

Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Barat. 2018. Provinsi Sulawesi Barat dalam Angka 2018. BPS Provinsi Sulawesi Barat. CV. Prima Digi, Mamuju.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Polewali Mandar. 2018. Kabupaten Polewali Mandar dalam Angka 2018. BPS Kabupaten Polewali Mandar. Auliyah Polewali, Polewali.

Ditjennak. 2006. Pedoman Program Village Poultry Farming-VPF. Jakarta (Indonesia): Direktorat Jenderal Peternakan.

Hapsari, H. dan Setiawan, I. 2008. Kajian model komunikasi, informasi, dan edukasi. Jurnal Kependudukan Padjadjaran, Vol. 10 (1).

Helmi, T.F., Yulisma, R., Panjaitan, B., Tabbu, C.R., dan Haryanto, A. 2015. Deteksi dan identifikasi cemaran virus avian influenza pada pasar tradisional di Kabupaten Aceh Besar dan Kota Banda Aceh. Jurnal Sain Veteriner

Ilham, Nyak. 2015. Kebijakan Pemerintah terhadap Usaha Unggas Skala Kecil dan Kesehatan Lingkungan di Indonesia. Wartazoa, 25 (2).

Ratnawati, A dan Dharmayanti, N.L.P.I. 2015. Deteksi virus avian influenza subtipe H5N1 di beberapa pasar unggas hidup dalam wilayah Provinsi Jawa Barat sekitarnya. Jurnal Kedokteran Hewan, 9 (1).

Said, R. M., Thaha, M. R., dan Syafar, M. 2010. KIE untuk peningkatan pengetahuan, sikap, dan praktik pencegahan dan penanggulangan penyakit flu burung di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional, Vol. 5 (1).

Suwito, W., Supriadi, Winarti, E., dan Primatika, R.A. 2013. Kajian vaksin avian influenza (AI) pada ayam buras dengan sistem kandang kurung di Gunung Kidul Yogyakarta. Sains Peternakan, 11 (2).

Thaha, A. H., Rauf, J., and Bagenda, I. 2018. Mapping the spread of avian influenza virus in poultry at Polewali Mandar Regency, 2008-2013. Journal of the Indonesian Veterinary Research, 2 (1): 19-26.

Published
2019-08-01
How to Cite
Thaha, A. H., & Bagenda, I. (2019). Strategi Pengendalian Dan Pencegahan Penyebaran Virus Highly Pathogenic Avian Influenza Pada Sektor III Dan IV di Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Jurnal Ilmu Dan Industri Peternakan , 4(1), 74-83. https://doi.org/10.24252/jiip.v4i1.9810
Section
Table of contents
Abstract viewed = 1973 times