PENGARUH SENAM OTAK TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR MAHASISWA KEPERAWATAN UIN ALAUDDIN MAKASSAR

  • Bilwalidayni Ikbal
  • Eny Sutria
  • Nur Hidayah

Abstract

Keberhasilan suatu proses belajar dipengaruhi oleh kemampuan individu untuk memusatkan perhatian terhadap objek yang sedang dipelajarinya. Terkait dengan hal tersebut maka konsentrasi merupakan aspek yang penting bagi seseorang dalam mencapai keberhasilan belajar. Metode senam otak dinilai sebagai salah satu alternatif menjaga kinerja otak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh senam otak terhadap konsentrasi belajar mahasiswa keperawatan UIN Alauddin Makassar. Desain penelitian ini yaitu Quasi Eksperimen Design rancangan Non Equaivalent Control Group dengan sampel yaitu 10 mahasiswa kelompok intervensi dan 10 mahasiswa kelompok kontrol dengan menggunakan Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner Army Alpha. 10 mahasiswa keperawatan semester IV diberikan intervensi senam otak enam kali pertemuan dimana dalam satu hari terdapat dua kali pertemuan. Analisa data menggunakan uji statistik Uji Wilcoxon. Hasil pengolahan data dengan menggunakan Uji Wilcoxon pada kelompok intervensi didapatkan nilai p value = 0.003 atau p < 0.05 yang berarti terdapat perbedaan bermakna tingkat konsentrasi pre-test dan post-test setelah diberikan senam otak. Sedangkan pada kelompok kontrol didapatkan nilai p value = 0.083 atau p> 0.05 yang berarti tidak terdapat perbedaan bermakna tingkat konsentrasi pre-test dan post-test setelah tanpa pemberian senam otak. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh senam otak terhadap konsentrasi belajar mahasiswa keperawatan UIN Alauddin Makassar. Metode ini dapat digunakan sebagai aktivitas ringan kepada mahasiswa sebelum memulai perkuliahan agar mahasiswa menjadi rileks.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Qur’an dan Terjemahnya.Kementrian Agama RI, 2014.

Ayinosa. Brain Gym (Senam Otak). Diperoleh dari http://book.store.co.id/2009. Diakses pada tanggal 11 April 2017.

Dennison, Paul E. Brain Gym and Me.Jakarta : Grasindo, 2008.

Diana, Sulis, dkk. Pengaruh Senam Otak TerhadapPeningkatan Perkembangan Motorik Halus, Kasar dan Prestasi Belajar pada Anak Usia PraSekolah usia 4-6 tahun di PAUD Al-Kholifah Desa Selorejo Mojowarno Jombang, 2016.

Hakim, T. Belajar Secara Efektif. Jakarta: Pustaka Pembangunan Swadaya Nusantara, 2005.

Hidayah, Nur. Riset Keperawatan. Makassar : Alauddin University Press, 2014.

Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Laporan tahun 2015 Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Diakses pada tanggal 11 April 2017.

Khodijah, Nyayu. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers, 2014.

Lestari, Alista Setya. Keefektifan Senam Otak Kanan untuk Meningkatkan Kemampuan Konsentrasi Belajar Siswa pada Layanan Klasikal BK Kelas XI di SMK Negeri 2 Kediri tahun ajaran 2016/2017. 2016. Diakses pada tanggal 10 Juni 2017.

Muhammad, As’adi. Dahsyatnya Senam Otak. Yogyakarta : DIVA Press, 2011.

Muhammad, As’adi. Bila Otak Kanan dan Otak Kiri Seimbang. Yogyakarta : DIVA Press, 2010.

Nugroho, W. Belajar Mengatasi Hambatan Belajar. Surabaya: Prestasi Pustaka, 2007.

Notoadmodjo, S. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta, 2012.

Nursalam. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan : Pedoman Skripsi, Tesis dan Instrumen Penelitian Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika, 2008.

Putra, Sitiatava Rizema. Panduan Riset Keperawatan dan Penulisan Ilmiah. Jogjakarta : D-Medika, 2012.

Prasanti, Fadlia Dewi. Pengaruh Senam Otak Terhadap Konsentrasi Belajar pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. 2015. Diakses pada tanggal 11 April 2017.

Prihastuti. Pengaruh Brain Gym Terhadap Peningkatan Kecakapan Berhitung Siswa Sekolah Dasar: Cakrawala Pendidikan, Februari 2009. Diakses pada tanggal 11 April 2017.

Rika. Hubungan antara Pengetahuan dan Perilaku Pencegahan Gastritis pada Mahasiswa Jurusan Keperawatan UIN Alauddin Makassar. 2016. Diakses pada tanggal 17 Juli 2017.

Santrock, Jhon W. Adolescence. Jakarta : Erlangga. 2007.

Sardiman, A.M. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Pers, 2004

Setiadi. Konsep dan Penulisan Riset Keperawatan. Yogyakarta : Graha Ilmu, 2007.

Setiani, Amalia Cahya. Meningkatkan Konsentrasi Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas VI SD Negeri 2 Karangcegak, Kabupaten Purbalingga Tahun Ajaran 2013/2014.2014. Diakses pada tanggal 10 Juni 2017.

Shihab, M. Quraish. Tafsir Al-Misbah : Pesan, Kesan dan Keserasian Al- Qur’an Volume 13. Jakarta : Lentera Hati, 2002.

Shihab, M. Quraish. Tafsir Al-Misbah Pesan, Kesan dan Keserasian Al- Qur’an Volume 15. Jakarta : Lentera Hati, 2002.

Slameto,. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta, 2010.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif . Bandung : CV. Alfabeta, 2010.

Sukadiyanto. Pengantar Teori dan Metodologi Melatih Fisik. Bandung : Lubuk Agung, 2012.

Sunarlin, Yayuk dan Raharjo Apriyatmoko. Pengaruh Senam Otak Terhadap Kemampuan Kognitif Lanjut Usia : Jurnal Gizi dan Kesehatan Vol. 1, No.2, Agustus 2009. Diakses pada tanggal 11 Februari 2016

Supriyo. Studi Kasus Bimbingan dan Konseling. Semarang : Nieuw Setapak, 2008.

Surya, Hendra. Menjadi Manusia Pembelajar. Jakarta : Elek Media Komputindo, 2009.

Wahab, Rohmalina. Psikologi Belajar. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada, 2015.

Widianti, Anggriyana Tri dan Atikah Proverawati. Senam Kesehatan : Aplikasi Senam untuk Kesehatan. Yogyakarta : Nuha Medika, 2010.

Yanuarita, Andri. Memaksimalkan Otak Melalui Senam Otak (Brain Gym). Yogyakarta: TeranovaBooks,

Published
2017-12-31
How to Cite
Ikbal, B., Sutria, E., & Hidayah, N. (2017). PENGARUH SENAM OTAK TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR MAHASISWA KEPERAWATAN UIN ALAUDDIN MAKASSAR. Journal of Islamic Nursing, 2(2), 52-59. https://doi.org/10.24252/join.v2i2.3981
Abstract viewed = 3979 times