PERBEDAAN EFEKTIVITAS PENDIDIKAN KESEHATAN MEDIA FACEBOOK DAN MEDIA LEAFLET TERHADAP MOTIVASI BERHENTI MEROKOK PADA REMAJA

  • MIftahu Rahmah
  • Huriati Huriati
  • Arbianingsih Arbianingsih

Abstract

Saat ini perilaku merokok merupakan suatu gejala yang dapat kita lihat setiap hari disegala tempat seperti dijalanan, tempat keramaian, bus kota, rumah sakit dan lain sebagainya. Semua orang mengetahui akan bahaya yang dapat ditimbulkan dari merokok, tetapi perilaku merokok tidak pernah surut.

Desain penelitian ini yaitu Quasi Eksperiment dengan 20 responden yang dipilih secara Total Sampling. Instrument yang digunakan untuk mengukur motivasi adalah kuesioner dan analisa data menggunakan uji statistik Paired T-test dan Independent T-test.

Hasil penelitian menunjukkan pendidikan kesehatan melalui media facebook (nilai p 0,001 < α 0,05), pendidikan kesehatan menggunakan media leaflet (nilai p 0,002 < α 0,05) berarti terdapat perbedaan bermakna motivasi berhenti merokok remaja pre-test dan post-test pendidikan kesehatan dengan menggunakan media facebook dan media leaflet. Untuk perbandingan efektivitas di kedua media dengan nilai p= 0,063 atau p>0,05 yang artinya tidak terdapat perbedaan pendidikan kesehatan antara media facebook dan media leaflet. Dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan motivasi berhenti merokok pada remaja dapat menggunakan pendidikan kesehatan media facebook dan media leaflet. Peneliti berharap pada peneliti selanjutnya agar lebih mengontrol sumber informasi lain agar tidak menjadi perancu dan memberikan bahan pendidikan kesehatan dengan konten yang sama.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Berdasarkan hasil penelitian pada kelompok media facebook didapatkan nilai p= 0,001 atau p<0,05 yang menunjukkan ada perbedaan signifikan motivasi berhenti merokok siswa sebelum dan sesudah pendidikan kesehatan menggunakan media facebook.

Berdasarkan hasil penelitian pada kelompok media leaflet didapatkan nilai p= 0,002 atau p<0,05 yang berarti ada perbedaan signifikan motivasi berhenti merokok sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan dengan media leaflet.

Berdasarkan hasil uji perbedaan efektivitas pendidikan kesehatan media facebook dan media leaflet didapatkan nilai p= 0,063 atau p> 0,05 yang berarti tidak terdapat perbedaan efektivitas yang signifikan antara pendidikan kesehatan media facebook dan media leaflet terhadap motivasi berhenti merokok pada siswa SMPN 2 Lambu.

REFERENSI

Ariffah, Apriana. Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Media Audio Visual Terhadap Motivasi Berhenti Merokok pada Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Angkatan 2015. Yogyakarta : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 2016.

Bakhtiar. Manajemen Keperawatan Dengan Pendekatan Praktis. Jakarta : Erlangga, 2010.

Depkes. Anak dan Remaja Rentan Menjadi Perokok Pemula. Jakarta: Pusat Promosi Kesehatan, 2008

Depkes. Fakta Tembakau dan Permasalahannya di Indonesia Tahun 2012. Jakarta: Tobacco Control Support Center-Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia, 2012.

Depkes. Informasi tentang Penanggulangan Masalah Merokok Melalui Radio. Jakarta: Pusat Promosi Kesehatan, 2011.

Gafar, Gazali. Pengaruh Pemberian Promosi Kesehatan Melalui Media Sosial Facebook Terhadap Pengetahuan Tentang Bahaya Merokok pada Mahasiswa PSIK Semester 8 di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Yogyakarta : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 2014.

Gondoadiputro. Bahaya Tembakau dan Bentuk-Bentuk Sediaan Tembakau. Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran, 2007.

Herry Z P. Pengantar psikologi. Jakarta : Kencana, 2010.

Kemenkes. Riset Kesehatan Dasar 2007 Provinsi Nusa Tenggara Barat. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, 2008.

Kemenkes. Riset Kesehatan Dasar 2010. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, 2010.

Kemenkes. Riset Kesehatan Dasar 2013. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, 2013.

Notoatmodjo. Pendidikan Kesehatan Tentang Rokok Pada Remaja. Jakarta : Rhineka Cipta, 2010.

Notoatmodjo. Metodelogi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rhineka Cipta, 2012

Nursalam. Konsep dan Prinsip Metodelogi Riset Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika, 2008

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 109 Tahun 2012. Pengamanan Bahan yang Mengandung Zat Adiktif Berupa Produk Tembakau Bagi Kesehatan. Jakarta, 24 Desember 2012

WHO. Upaya Pengendalian Konsumsi Tembakau. Jakarta, 2008.

Published
2018-07-28
How to Cite
Rahmah, M., Huriati, H., & Arbianingsih, A. (2018). PERBEDAAN EFEKTIVITAS PENDIDIKAN KESEHATAN MEDIA FACEBOOK DAN MEDIA LEAFLET TERHADAP MOTIVASI BERHENTI MEROKOK PADA REMAJA. Journal of Islamic Nursing, 3(1), 62-70. https://doi.org/10.24252/join.v3i1.5477
Abstract viewed = 866 times