HUBUNGAN DYSMENORRHEA DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWI JURUSAN KEPERAWATAN
Abstract
Gangguan fisik yang sangat menonjol pada wanita haid adalah dysmenorrhea. Dysmenorrhea adalah nyeri haid yang dirasakan di bagian perut bagian bawah dan dysmenorrhea membuat wanita tidak bisa beraktivitas secara normal serta dapat menurunkan konsentrasi belajar mahasisiwi karena rasa nyeri yang mereka rasakan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dysmenorrhea dengan prestasi belajar. Desain penelitian yang digunakan adalah cross sectional. Cara penarikan sampel dengan menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 65 responden. Adapun instrumen penelitian yang digunakan yaitu kuesioner.
Dalam penelitian ini menggunakan analisis uji statistic chi-square dengan tingkat signifikan (α=0,05) dan uji alternatif yang digunakan yaitu uji fisher dan didapatkan nilai p= 0,614.
Kesimpulan penelitian ini adalah tidak ada hubungan yang signifikan antara dysmenorrhea dengan prestasi belajar mahasiswi Keperawatan Angkatan 2011 Fakultas Ilmu Kesehatan UIN Alauddin Makassar. Untuk penelitian selanjutnya disarankan agar menambah jumlah sampel dan variabel-variabel lain, seperti faktor psikologi, faktor keluarga, faktor kampus dan faktor masyarakat.
Downloads
References
Al-Quran dan terjemahan. Semarang: Toha Putra, 2006.
Anurogo & Wulandari. Cara Jitu Mengatasi Nyeri Haid. Yogyakarta: ANDI, 2011.
Cahyo, Ristian. “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Kewirausahaan Siswa Kelas XI SMK N 1 Punggelan Banjarnegara”. Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang, 2010.
Ernawati, dkk. “Terapi Relaksasi terhadap Nyeri Dismenore pada mahasiswi Universitas
Muhammadiyah Semarang”. Prosiding hasil-hasil seminar nasional. Volume I No. I, 2010.
Glasier, Anna. Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi. Edisi keempat. Jakarta: EGC, 2005.
Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2009.
Kelly, Tracey. 50 Rahasia Alam Meringankan Sindrom Premenstruasi. Jakarta: Erlangga, 2007.
Kujangke, dkk. “Pengetahuan Haid Pada Remaja di Manado. Jurnal e-Biomedik. Volume I, Nomor I, hlm 81-85, 2013. http://download.portalgaruda.org/ article.php?article=15130&val=1008&title=.%E2%80%8E. (Diakses tanggal 17 Juli 2014).
Kurniawati & Kusumawati. “Pengaruh Dismenore Terhadap Aktivitas Pada Siswa SMK”. Jurnal kesehatan masyarakat. Volume 6 Nomor 2, 2011. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kemas/article/view/1758/1953. (Diakses tanggal 07 Mei 2014).
Manuaba. Ilmu kebidanan, penyakit kandungan, dan KB. Edisi 2. Jakarta: EGC, 2010.
Morgan & Hamilton. Obstetri & Ginekologi. Edisi 2. Jakarta: EGC, 2009.
Nurchasanah. Ensiklopedi kesehatan wanita. Yogyakarta: Familia, 2009.
Nurliza, dkk. “Hubungan Media Pembelajaran Dengan Pencapaian Prestasi Belajar Mahasiswa D III Kebidanan Dalam Mata Kuliah Askeb IV Di Universitas Respati Yogyakarta”. Jurnal. e-journal.respati.ac.id/sites/default/files/2012 /Jurnal%20Nurliza.docx, 2012. (Diakses pada 13 Juli 2014).
Prawirohardjo, S. Ilmu kebidanan. Edisi Ketiga. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo, 2005.
Saguni, dkk. “Hubungan Dismenore dengan Aktivitas Belajar Remaja Putri d di SMA Kristen I Tomohon”. Jurnal Keperawatan. Volume I Nomor I, 2013. http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jkp/article/view/2182. (Diakses tanggal 23 Januari 2014)
Widiyandi, Devi Eka. “Pengaruh Nyeri Haid (Dismenore) Terhadap Aktivitas Sehari-hari Pada Remaja di SMP N 2 Ponorogo”.KTI. Ponorogo: Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 2013.
Wijaya, H. Dedi. Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal Terhadap Prestasi Siswa Menggunakan Path Analysis. Skripsi. Jakarta: Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, 2010.
Wiknjosastro. Ilmu Kandungan. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo, 2005.
Yuliani & Hidayati. “Hubungan antara Dismenore dengan Aktivitas Belajar Siswa SMP Negeri 4 Boyolali”. Jurnal. Journal.akbideub.ac.id/index.php/jkeb/ article/view/91/90, 2010. (Diakses tanggal 23 Mei 2014).