PENGAPLIKASIAN POLA COMPUTER MEDIATED COMMUNICATION (CMC) DALAM DAKWAH
Abstract
Penelitian ini berbicara komunikasi yang menggunakan komputer sebagai perantara (medium). Hal ini berkembang seiring kemajuan teknologi komunikasi dan internet. Medium ini dikenal dengan nama Computer Mediated Communication (CMC). Hal yang berkaitan dengan ini seperti sistem obrolan, website dalam bentuk world wide web. Di dalamnya mencakup sistem tekstual. Grafis, fotografi, audio, dan video yang keseluruhan menggunakan aspek hyperlink. penulis menganggap bahwa penerapan pola CMC ini sebagai pelengkap dan memperkaya metode dakwah yang telah ada sekarang ini. Metode dakwah yang dilakukan secara face to face hendaknya tidak dihilangkan dan akan terus dikembangan sehngga tidak kalah dengan kemajuan teknologi saat ini.
Downloads
References
Ardianto, Elvinaro dan Komala, Lukita Erdinaya. 2004. Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Bandung. PT. Remaja Rosdakara.
Arnus, Sri Hadijah. 2014. Industrialisasi Media Massa dan Etika Jurnalistik. Jurnal Al-Munzir. Kendari. FUAD IAIN Kendari.
Berger, Charles R, Roloff, Michael E., dan Ewoldsen, David R.Roskos, Handbook Ilmu Komunikasi, Bandung. Penerbit Nusa Media, 2014.
Budi, Rayudaswati, Pengantar Ilmu Komunikasi. Makassar. Kretakupa Print. 2010
Budiargo, Dian, Berkomunikasi Ala Net Generations, Jakarta, PT. Elex Media Kompetindo, 2015
Budianto, Heri & Hamid, Farid. Ilmu Komunikasi: Sekarang dan Tantangan Masa Depan. Jakarta.Kencana Prenadamedia Group. 2013
Cangara, Hafied, Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta. PT.Rajawali Pers, 2002.
Devito, Joseph A. The Interpersonal Communication Book. USA: Pearson Education Inc, 2007.
Iriantara, Yosal, Komunikasi Antarpribadi. Jakarta. Universitas Terbuka, 2008.
Nasution, Zulkaimen, Perkembangan Teknologi Komunikasi. Jakarta. Universitas Terbuka, 2010.
Nurudin, 2008. Sistem Komunikasi Indonesia. Jakarta. PT.RajaGrafindo Persada.
_______, 2008. Komunikasi Massa. Jakarta. PT. RajaGrafindo Persada.
Pamuncak, Dimas, Pengaruh Tipe Kepribadian Terhadap Self Disclosure Pengguna Facebook. Skripsi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2011.
Rakhmat, Jalaluddin, Psikologi Komunikasi. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya, 2000.
Sendjadja. S. Djuarsa, dkk. Teori Komunikasi. Jakarta. Univesitas Terbuka, 1994.
Severin, J. Werner dan Tankard, W. James. Teori Komunikasi, Sejarah, Metode, dan Terapan di dalam Media Massa, Edisi Kelima. Jakarta. Kencana Prenada Media Group, 2008.
Tubss, Stewart.L, Sylvia Moss, Human Communication. Prinsip-Prinsip Dasar. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya, 2008.
Vivian, John.. Teori komunikasi Massa, Edisi Kedelapan. Jakarta. Kencana Prenada Media Group, 2008
MAJALAH DAN INTERNET
Nindya kartika putri http://nindyapoetri.blogspot.com/2010/06/internet-sebagai-computer-mediated.html
https://lumanda.wordpress.com/2010/03/08/profil-kota-kendari/
https://id.wikipedia.org/wiki/Dakwah
http://comunitydevelopment.blogspot.co.id/2011/04/macam-macam-metode-dakwah-dan.html
www.kompas.com
Once an article was published in the journal, the author(s) are:
granted to the journal right licensed under Creative Commons License Attribution that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship. permitted to publish their work online in third parties as it can lead to wider dissemination of the work. continue to be the copyright owner and allow the journal to publish the article with the CC BY license receiving a DOI (Digital Object Identifier) of the work.