PENGAPLIKASIAN POLA COMPUTER MEDIATED COMMUNICATION (CMC) DALAM DAKWAH

  • Sri Hadijah Arnus Dosen Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Kendari
    (ID)

Abstrak

Penelitian ini berbicara komunikasi yang menggunakan komputer sebagai perantara (medium). Hal ini berkembang seiring kemajuan teknologi komunikasi dan internet. Medium ini dikenal dengan nama Computer Mediated Communication (CMC). Hal yang berkaitan dengan ini seperti sistem obrolan, website dalam bentuk world wide web. Di dalamnya mencakup sistem tekstual. Grafis, fotografi, audio, dan video yang keseluruhan menggunakan aspek hyperlink. penulis menganggap bahwa penerapan pola CMC ini sebagai pelengkap dan memperkaya metode dakwah yang telah ada sekarang ini.  Metode dakwah yang dilakukan secara face to face hendaknya tidak dihilangkan dan akan terus dikembangan sehngga tidak kalah dengan kemajuan teknologi saat ini.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Ardianto, Elvinaro dan Komala, Lukita Erdinaya. 2004. Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Bandung. PT. Remaja Rosdakara.

Arnus, Sri Hadijah. 2014. Industrialisasi Media Massa dan Etika Jurnalistik. Jurnal Al-Munzir. Kendari. FUAD IAIN Kendari.

Berger, Charles R, Roloff, Michael E., dan Ewoldsen, David R.Roskos, Handbook Ilmu Komunikasi, Bandung. Penerbit Nusa Media, 2014.

Budi, Rayudaswati, Pengantar Ilmu Komunikasi. Makassar. Kretakupa Print. 2010

Budiargo, Dian, Berkomunikasi Ala Net Generations, Jakarta, PT. Elex Media Kompetindo, 2015

Budianto, Heri & Hamid, Farid. Ilmu Komunikasi: Sekarang dan Tantangan Masa Depan. Jakarta.Kencana Prenadamedia Group. 2013

Cangara, Hafied, Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta. PT.Rajawali Pers, 2002.

Devito, Joseph A. The Interpersonal Communication Book. USA: Pearson Education Inc, 2007.

Iriantara, Yosal, Komunikasi Antarpribadi. Jakarta. Universitas Terbuka, 2008.

Nasution, Zulkaimen, Perkembangan Teknologi Komunikasi. Jakarta. Universitas Terbuka, 2010.

Nurudin, 2008. Sistem Komunikasi Indonesia. Jakarta. PT.RajaGrafindo Persada.

_______, 2008. Komunikasi Massa. Jakarta. PT. RajaGrafindo Persada.

Pamuncak, Dimas, Pengaruh Tipe Kepribadian Terhadap Self Disclosure Pengguna Facebook. Skripsi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2011.

Rakhmat, Jalaluddin, Psikologi Komunikasi. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya, 2000.

Sendjadja. S. Djuarsa, dkk. Teori Komunikasi. Jakarta. Univesitas Terbuka, 1994.

Severin, J. Werner dan Tankard, W. James. Teori Komunikasi, Sejarah, Metode, dan Terapan di dalam Media Massa, Edisi Kelima. Jakarta. Kencana Prenada Media Group, 2008.

Tubss, Stewart.L, Sylvia Moss, Human Communication. Prinsip-Prinsip Dasar. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya, 2008.

Vivian, John.. Teori komunikasi Massa, Edisi Kedelapan. Jakarta. Kencana Prenada Media Group, 2008

MAJALAH DAN INTERNET

[email protected]

[email protected]

Nindya kartika putri http://nindyapoetri.blogspot.com/2010/06/internet-sebagai-computer-mediated.html

https://lumanda.wordpress.com/2010/03/08/profil-kota-kendari/

https://id.wikipedia.org/wiki/Dakwah

http://comunitydevelopment.blogspot.co.id/2011/04/macam-macam-metode-dakwah-dan.html

www.kompas.com

Diterbitkan
2019-01-16
Bagian
Vol.4 No. 1, Mei 2018
Abstrak viewed = 3255 times