EFEKTIVITAS VIDEO EDUKASI MELALUI WHATSAPP DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN TENTANG PENCEGAHAN PENULARAN PASIEN TUBERKULOSIS PARU

  • Aulia Insani Latif Nursing Department of Pelamonia Health Sciences Institute
    (ID)
  • Nur Hijrah Tiala

Abstract

Pendahuluan: Tuberkulosis menjadi salah satu dari 10 penyakit mematikan di seluruh dunia dan menjadi target Sustainable Development Goals (SDGs) untuk mengakhiri epidemi TB di tahun 2030. Salah satu faktor yang berperan terhadap tingginya angka kematian dan persistensi TB yang telah diidentifikasi adalah pengetahuan pasien terkait TB masih sangat rendah. Tujuan:untuk mengetahui efektifitas video edukasi melalui whatsapp group untuk meningkatkan pengetahuan terkait pencegahan TB. Metode: Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode quasi experimental design menggunakan dua kelompok pretest-posttest design yaitu kelompok intervensi (diberikan video edukasi melalui whatsapp group) dan kelompok kontrol (diberikan leaflet melalui whatsapp group). Sebanyak 30 responden berpartisipasi dalam penelitian ini yang terdiri dari 15 orang kelompok intervensi dan 15 orang kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah intrumen pengetahuan pencegahan penularan TB yang dikembangkan oleh Aspuah (2013) yang diberikan saat pretest dan posttest. Hasil Penelitian: Rata-rata nilai mean dan min-max pada kelompok intervensi (2.93) lebih tinggi dan signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol (1.27). Selanjutnya hasil uji mann whitney pada pre post kelompok intervensi menunjukkan p value 0.001 dan pre post kelompok kontrol menunjukkan nilai p value 0.003 yang berarti pengaruh yang signifikan setelah diberikan tindakan edukasi melalui video ataupun melalui leaflet di whatsapp grup. Kesimpulan: pemberian edukasi melalui video pada whatsapp grouplebih efektif meningkatkan pengetahuan terkait pencegahan TB dibandingkan dengan menggunakan leaflet atau media standar 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Aulia Insani Latif, Nursing Department of Pelamonia Health Sciences Institute
Medical Surgical Nursing

References

WHO. SDG 3: Ensure healthy lives and promote wellbeing for all at all ages. WHO. 2019.

WHO. Key facts. WHO. 2018.

WHO SEARO. Bending The Curve: Ending TB. 2017.

Kemenkes RI. Data dan Informasi Profil Kesehatan Indonesia 2016. Jakarta; 2017.

Mbuthia GW, Olungah CO, Ondicho TG. Knowledge and perceptions of tuberculosis among patients in a pastoralist community in Kenya: a qualitative study. 2018;8688:1–6.

Hassan AO, Olukolade R, Ogbuji QC, Afolabi S, Okwuonye LC, Kusimo OC, et al. Knowledge about Tuberculosis : A Precursor to Effective TB Control — Findings from a Follow-Up National KAP Study on Tuberculosis among Nigerians. 2017;2017.

Herlana N. Studi Kejadian TB BTA Positif ditinjau dari Aspek Pengetahuan, Sikap dan Lingkungan di Wilayah Kerja Puskesmas Banyuanyar Kota Surakarta. 2014.

Awoke N, Dulo B, Wudneh F. Total Delay in Treatment of Tuberculosis and Associated Factors among New Pulmonary TB Patients in Selected Health Facilities of Gedeo Zone , Southern Ethiopia , 2017 / 18. Interdiscip Perspect Infect Dis. 2019;2019.

Sitanggang YA, Amin M, Sukartini T. Health Coaching Berbasis Health Promotion Model Terhadap Peningkatan Efikasi Diri Dan Perilaku Pencegahan Penularan Pada Pasien TB Paru. 2017;VIII:172–9.

Kemenkes RI. Permenkes RI No.67 Tahun 2016. 2016.

World Health Organization (WHO). WHO Guideline : recommendations on digital interventions for health system strengthening. 2019.

Aspuah. Kumpulan Kuesioner dan Instrumen Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika; 2013.

SwarnikaDey, Parabhoi L. Use of Social Networking Site WhatsApp among the user of State Library, Shimla: a Case Study. Conf 1St Int Conf Transform Libr. 2017;

Jailobaev, Jailobaeva, Baialieva, Baialieva, Asilbekova. Whatsapp Groups in Social Research: New Opportunities for Fieldwork Communication and Management. Bull M´ethodologie Sociol. 2021;149.

Pereira, Destro, Bernuci, Garcia, Lucena. Effects of a Whatsapp-Delivered Education Intervention to Enhance Breast Cancer Knowledge in Women: Mixed-Methods Study. JMIR Mhealth Uhealth. 2020;8(7).

Fitriadi Y, Kusnanto H, Danawati CW. Impact of Foot Care Education Program Using WhatsApp Group on Knowledge and Foot Care Practice in Diabetic Patients. Rev Prim Care Pract Educ. 2021;4(2).

Levent C. The Impact of Whatsapp Use on Success in Education Process. Int Rev Res Open Distrib Learn. 2017;18(7).

Reeves AJ, Alkhalaf S, Amasha MA. WhatsApp as an Educational Support Tool in a Saudi University. Int J Adv Comput Sci Appl. 2019;10(8).

Published
2022-01-03
Abstract viewed = 1271 times