Sosialisasi Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dengan Pendekatan Realistik MTS Madani Alauddin
Abstract
Pengabdian ini diarahkan untuk mensosialisasikan penerapan model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) di MTs. Madani Alauddin Pao-pao. Kegiatan ini diikuti oleh seorang guru dan 27 orang siswa kelas VIII MTs. Madani Alauddin Pao-pao. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif yakni rata-rata, kategorisasi hasil belajar matematika, standar deviasi dan koefisien varians relatif. Capaian dari kegiatan ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pendekatan RME cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII MTs. Madani Alauddin.
Downloads
References
Anas, F. (2019). Peningkatan Self-Efficacy dan Kualitas Pembelajaran Matematika melalui Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 27 Makassar. Aksiomatik: Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pembelajarannya, 6(1), 63–73.
Dadri, P. C. W., Dantes, N., & Gunamantha, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus III Mengwi. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(2), 84–93.
Dewi, F. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SDN 1 Raman Endra. Universitas Negeri Medan.
Fanolong, T., Bugis, R., Azwan, Hanapi, & Handayani, N. (2016). The Students’ Reading Ability Improvement Through Numbered Head Together (NHT) Technique. In Language Learning (pp. 1–15).
Hendikawati, P., Wijayanti, K., Sunarmi, Veronika, R. B., & Waluya, S. B. (2019). Pelatihan Pembelajaran Matematika Kreatif dengan Pendekatan Konstruktivisme bagi Guru-Guru Sekolah Dasar YPII. Jurnal Abdimas, 23(1), 1–7.
Muliandari, P. T. V. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Terhadap Hasil Belajar Matematika. International Journal of Elementary Education, 3(2), 132–140.
Mulyana, M. A., Hanifah, N., & Jayadinata, A. K. (2016). Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Kenampakan Alam dan Sosial Budaya. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 331–340. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.3039
Mulyatna, F., & Kusumaningtyas, W. (2017). Simbolisasi dalam Metode Numerik sebagai Representasi Konsep dan Prosedur. NUMERICAL: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2). https://doi.org/10.25217/numerical.v1i2.129
Mursalin, M., Nuraini, N. L. S., Purnomo, H., Damayanti, N. W., Kristanti, D., Rohim, A., Widyastuti, R., Wulandari, Y. O., Saleh, H., Mayangsari, S. N., Fonna, M., Rohantizani, R., Muhammad, I., Nufus, H., Sulastri, R., Amalia, R., Nuraina, N., & Muliana, M. (2018). The Development of Algebra Teaching Materials to Foster Students’ Creative Thinking Skills in Higher Education. Journal of Physics: Conference Series, 1088(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1088/1/012101
Ose, L. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan PMR untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 101–108. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i1.6981
Permana, E. P. (2016). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPS SD. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 1(2). https://doi.org/10.29407/jpdn.v1i2.210
Puspitasari, R. Y., & Airlanda, G. S. (2021). Meta-Analisis Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1094–1103. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.878
Raharjo, H. (2014). Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Membangun Kemampuan Pemahaman, Komunikasi, dan Disposisi Matematik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Program Pascasarjana STKIP Siliwangi.
Rahayu, S., & Suningsih, A. (2018). The Effects of Type Learning Model Numbered Head Together and Think Pair Share. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 1(1), 19–21. https://doi.org/10.33122/ijtmer.v1i1.27
Rahmawati, N. D. (2019). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Diskrit Melalui Problem Based Learning pada Mahasiswa Semester IV Prodi Pendidikan Matematika Universitas Hasyim Asy’ari. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(2), 101–110. https://doi.org/10.30998/jkpm.v4i2.3787
Rapi, M. (2012). Pengantar Strategi Pembelajaran. Makassar: Alauddin University Press.
Ritonga, H., Ritonga, M. N., & Safitri, R. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Pada Siswa Kelas Iv Sdn.No.100204 Sihopur Kecamatan Angkola Selatan Kabupaten. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(3).
Siregar, S., Nazliah, R., Hasibuan, R., Julyanti, E., Siregar, M., & Junita. (2021). MANAJEMEN PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SMA LABUHANBATU. Jurnal Education and Development, 9(2), 285–290.
Sukmayasa, I. made H., Lasmawan, I. wayan, & Sariyasa. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantuan Senam Otak terhadap Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika. Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1).
Surya, Y. F. (2018). Penerapan Model Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas IV SD. Jurnal Basicedu, 2(1), 135–139. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i1.34
Tarigan, F. A. P., Suryan, S., & Yusnaedi. (2017). The Difference In Improving Student’s Mathematics Understanding and Ability Of Visual Thingking By Using Cooperative Learning Model Types Think Pair Shared (TPS) and Numbered Head Together (NHT) At SDN Percobaan Medan. The Difference In Improving Student’s Mathematics Understanding and Ability Of Visual Thingking By Using Cooperative Learning Model Types Think Pair Shared (TPS) and Numbered Head Together (NHT) At SDN Percobaan Medan, 7(6), 78–81.
Trisnawati, Pratiwi, R., & Waziana, W. (2018). The Effect of Realistic Mathematics Education on Student’s Mathematical Communication Ability. Malikussaleh Journal of Mathematics Learning (MJML), 1(1), 31–35. https://doi.org/10.29103/mjml.v1i1.741
Uswatun, A. K., Kusmayadi, T. A., & Riyadi. (2016). Eksperimentasi Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan Think Pair Share (TPS) pada Materi Bentuk Aljabar ditinjau dari Kecerdasan Emosional Kelas VII SMP Negeri se-Kabupaten Lombok Utara Tahun Ajaran 2015/2016. Journal Elektrik Pembelajaran Matematika, 4(10), 924–935.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).