Sosialisasi Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dengan Pendekatan Realistik MTS Madani Alauddin

  • Dahlia Dahlia Fakultas tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Fitriani Nur Fakultas tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Lisnasari Andi Mattoliang Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Thamrin Tayeb Fakultas tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Muhammad Rusydi Rasyid Fakultas tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Sri Sulasteri Fakultas tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstrak

Pengabdian ini diarahkan untuk mensosialisasikan penerapan model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) di MTs. Madani Alauddin Pao-pao. Kegiatan ini diikuti oleh seorang guru dan 27 orang siswa kelas VIII MTs. Madani Alauddin Pao-pao. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif yakni rata-rata, kategorisasi hasil belajar matematika, standar deviasi dan koefisien varians relatif. Capaian dari kegiatan ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pendekatan RME cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII MTs. Madani Alauddin.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

Google Scholar: https://scholar.google.co.id/citations?user=uql1Gb0AAAAJ&hl=en

SINTA: https://sinta.ristekbrin.go.id/authors/detail?id=6746014&view=overview

DESCRIPTION
  • Lecturer at Department of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
EDUCATIONAL BACKGROUND
  • Sarjana Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Makassar
  • Magister Pendidikan Matematika, PPs Universitas Negeri Makassar

Referensi

Anas, F. (2019). Peningkatan Self-Efficacy dan Kualitas Pembelajaran Matematika melalui Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 27 Makassar. Aksiomatik: Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pembelajarannya, 6(1), 63–73.

Dadri, P. C. W., Dantes, N., & Gunamantha, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus III Mengwi. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(2), 84–93.

Dewi, F. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SDN 1 Raman Endra. Universitas Negeri Medan.

Fanolong, T., Bugis, R., Azwan, Hanapi, & Handayani, N. (2016). The Students’ Reading Ability Improvement Through Numbered Head Together (NHT) Technique. In Language Learning (pp. 1–15).

Hendikawati, P., Wijayanti, K., Sunarmi, Veronika, R. B., & Waluya, S. B. (2019). Pelatihan Pembelajaran Matematika Kreatif dengan Pendekatan Konstruktivisme bagi Guru-Guru Sekolah Dasar YPII. Jurnal Abdimas, 23(1), 1–7.

Muliandari, P. T. V. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Terhadap Hasil Belajar Matematika. International Journal of Elementary Education, 3(2), 132–140.

Mulyana, M. A., Hanifah, N., & Jayadinata, A. K. (2016). Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Kenampakan Alam dan Sosial Budaya. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 331–340. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.3039

Mulyatna, F., & Kusumaningtyas, W. (2017). Simbolisasi dalam Metode Numerik sebagai Representasi Konsep dan Prosedur. NUMERICAL: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2). https://doi.org/10.25217/numerical.v1i2.129

Mursalin, M., Nuraini, N. L. S., Purnomo, H., Damayanti, N. W., Kristanti, D., Rohim, A., Widyastuti, R., Wulandari, Y. O., Saleh, H., Mayangsari, S. N., Fonna, M., Rohantizani, R., Muhammad, I., Nufus, H., Sulastri, R., Amalia, R., Nuraina, N., & Muliana, M. (2018). The Development of Algebra Teaching Materials to Foster Students’ Creative Thinking Skills in Higher Education. Journal of Physics: Conference Series, 1088(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1088/1/012101

Ose, L. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan PMR untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 101–108. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i1.6981

Permana, E. P. (2016). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPS SD. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 1(2). https://doi.org/10.29407/jpdn.v1i2.210

Puspitasari, R. Y., & Airlanda, G. S. (2021). Meta-Analisis Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1094–1103. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.878

Raharjo, H. (2014). Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Membangun Kemampuan Pemahaman, Komunikasi, dan Disposisi Matematik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Program Pascasarjana STKIP Siliwangi.

Rahayu, S., & Suningsih, A. (2018). The Effects of Type Learning Model Numbered Head Together and Think Pair Share. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 1(1), 19–21. https://doi.org/10.33122/ijtmer.v1i1.27

Rahmawati, N. D. (2019). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Diskrit Melalui Problem Based Learning pada Mahasiswa Semester IV Prodi Pendidikan Matematika Universitas Hasyim Asy’ari. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(2), 101–110. https://doi.org/10.30998/jkpm.v4i2.3787

Rapi, M. (2012). Pengantar Strategi Pembelajaran. Makassar: Alauddin University Press.

Ritonga, H., Ritonga, M. N., & Safitri, R. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Pada Siswa Kelas Iv Sdn.No.100204 Sihopur Kecamatan Angkola Selatan Kabupaten. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(3).

Siregar, S., Nazliah, R., Hasibuan, R., Julyanti, E., Siregar, M., & Junita. (2021). MANAJEMEN PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SMA LABUHANBATU. Jurnal Education and Development, 9(2), 285–290.

Sukmayasa, I. made H., Lasmawan, I. wayan, & Sariyasa. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantuan Senam Otak terhadap Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika. Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1).

Surya, Y. F. (2018). Penerapan Model Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas IV SD. Jurnal Basicedu, 2(1), 135–139. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i1.34

Tarigan, F. A. P., Suryan, S., & Yusnaedi. (2017). The Difference In Improving Student’s Mathematics Understanding and Ability Of Visual Thingking By Using Cooperative Learning Model Types Think Pair Shared (TPS) and Numbered Head Together (NHT) At SDN Percobaan Medan. The Difference In Improving Student’s Mathematics Understanding and Ability Of Visual Thingking By Using Cooperative Learning Model Types Think Pair Shared (TPS) and Numbered Head Together (NHT) At SDN Percobaan Medan, 7(6), 78–81.

Trisnawati, Pratiwi, R., & Waziana, W. (2018). The Effect of Realistic Mathematics Education on Student’s Mathematical Communication Ability. Malikussaleh Journal of Mathematics Learning (MJML), 1(1), 31–35. https://doi.org/10.29103/mjml.v1i1.741

Uswatun, A. K., Kusmayadi, T. A., & Riyadi. (2016). Eksperimentasi Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan Think Pair Share (TPS) pada Materi Bentuk Aljabar ditinjau dari Kecerdasan Emosional Kelas VII SMP Negeri se-Kabupaten Lombok Utara Tahun Ajaran 2015/2016. Journal Elektrik Pembelajaran Matematika, 4(10), 924–935.

Diterbitkan
2022-01-30
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 161 times