Penerapan Metode Bernyanyi untuk Meningkatkan Pengetahuan Sikat Gigi pada Peserta Didik Usia 5-6 Tahun Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal II Perumnas Cabang Karunrung Kota Makassar

  • Eka Damayanti Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID) http://orcid.org/0000-0002-2441-6700
  • Khafifa Sri Wahyuni Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ulfiani Rahman Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Rismawati MS TK Aisyiyah Bustanul Athfal II Perumnas Cabang Karunrung Kota Makassar
    (ID)
  • Hamsah TK Aisyiyah Bustanul Athfal II Perumnas Cabang Karunrung Kota Makassar
    (ID)
Keywords: Brushing Teeth, Singing Method, Service Learning

Abstract

Knowledge about brushing teeth is important for early childhood to be able to maintain dental and oral hygiene from an early age. Knowledge about brushing teeth starting from the importance of brushing teeth to how to brush teeth needs to be taught from the beginning which will be useful for children's oral and dental health. Therefore, it is important to do the right stimulation, one of which is using the singing method so that children aged 5-6 years can quickly realize the importance of brushing their teeth and know how to brush their teeth properly and correctly. This community service research in the form of service learning was conducted at Aisyiyah Kindergarten Bustanul Athfal ll Perumnas Karunrung Branch with a total of 3 participants. The instrument used was a checklist sheet and an evaluation sheet for the implementation of the intervention. Data were analyzed using descriptive statistics. The results of the service research show that students have knowledge of brushing their teeth through the singing method. The findings in this devotional research imply that teachers can use various fun methods such as singing in teaching children about brushing their teeth so that children can also apply it in a fun way without being forced.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abadi, P., Wahyu, N. Y., & Suparno. (2019). Perspektif Orang Tua pada Kesehatan Gigi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 161–169. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.161

Afiati, R., Adhani, R., Ramadhani, K., & Diana, S. (2017). Hubungan Perilaku Ibu Tentang Pemeliharaan Kesehatan Gigi dan Mulut Terhadap Status Karies Gigi Anak (Tinjauan Berdasarkan Pengetahuan, Tingkat Pendidikan, dan Status Sosial Di TK ABA 1 Banjarmasin). Dentino : Jurnal Kedokteran Gigi, 2(1), 56–62. https://doi.org/dx.doi.org/10.20527/dentino.v2i1.2601

Amila, & Hasibuan, E. K. (2020). Peningkatan Pengetahuan Anak Usia Dini dalam Perawatan Kesehatan Gigi dan Mulut. Jurnal Abdimas Mutiara, 1(1), 30–41.

Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19–31. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.28

Ardayani, T., & Zandroto, H. T. (2020). Deteksi Dini Pencegahan Karies Gigi pada Anak dengan Cara Sikat Gigi di Paud Balqis, Asifa dan Tadzkiroh di Desa Babakan Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung. JPKMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia), 1(2), 59–67. https://doi.org/10.36596/jpkmi.v1i2.33

Budiarti, S. N. U. R. I. (2021). Meningkatkan Kesehatan Anak Melalui Pembiasaan Sikat Gigi di TK Negeri Pakunden. EDUCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran, 1(1), 117–123. https://doi.org/10.51878/educational.v1i1.65

Fadlillah, M. (2014). Edutaiment Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Febriagivary, A. H. (2021). Mengenalkan Pendidikan Seksualitas untuk Anak Usia Dini melalui Metode Bernyanyi. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 8(2), 11–19.

Femala, D., & Ayatullah, M. I. (2020). Penyuluhan Media Audio Terhadap Pengetahuan dan Tingkat Kebersihan Gigi dan Mulut. Journal of Oral Health, 8(1), 1–7. https://doi.org/10.29238/ohc.v8i1.615

Harmita, A. A. N. (2020). Pengaruh Penyuluhan Metode Bernyanyi Terhadap Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut Anak Prasekolah di Paudini Cendana Rumbai 2020. Universitas Sriwijaya.

Haryanto, R., R., S., Hastuti, P. E., Saepudin, A., Rohmawati, A., Ifolisa, Laila, N., Hijiria, N., Sitompul, H. O., Nurlela, R., Annisa, R., Wulandarai, N. R., Gristine, R., & Wibowo, Y. (2021). Meningkatkan Pengetahuan Cara Menggosok Gigi dengan Baik dan Benar melalui Penyuluhan Pada Anak. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 4(2), 393–399. https://doi.org/10.33024/jkpm.v4i2.3832

Hasanuddin, H. S. (2018). Efektifitas Pendidikan Kesehatan Menggunakan Media Video dengan Media Cerita Bergambar Terhadap Keterampilan Menggosok Gigi Anak Usa Pra Sekolah. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Kementerian Kesehatan RI. (2019). Pusat Data dan Informasi Kesehatan RI. Pusdatin Kemkes. https://pusdatin.kemkes.go.id/download.php?file=download/pusdatin/info datin/infodatin-gigi.pdf

Khafifah, N. R. (2020). Meningkatkan Perkembangan Kognitif dengan Metode Bernyanyi pada Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31219/osf.io/kewy3

Khasanah, N. N., Susanto, H., & Rahayu, W. F. (2019). Gambaran Kesehatan Gigi dan Mulut Serta Perilaku Menggosok Gigi Anak Usia Sekolah. Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 9(4), 1–8.

Krisnanto, D. P., & Fitriana, B. l. (2021). Perbedaan Pendidikan Kesehatan dengan Metode Bernyanyi Terhadap Perilaku Menggosok Gigi Siswa Kelas V Dan VI SDN Sumogawe 03 Kabupaten Semarang. Seminar Nasional UNRIYO.

Mardiah, L. Y., & Ismet, S. (2021). Implementasi Metode Bernyanyi dalam Mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 395–408. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i1.962

Novianti, R. (2019). Pengaruh Metode Bernyanyi Terhadap Keterampilan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun. Prosiding Seminar Nasional PG PAUD Untirta 2019.

Permataputri, D. I., & Syamsudin, A. (2022). Pembelajaran Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini melalui Metode Montessori selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 693–703. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1042

Prajawati, Y. K., Thriharini, M., & Asmoro, C. P. (2014). Meningkatkan Perilaku Cuci Tangan Melalui Metode Bernyanyi. Pediomaternal Nursing Journal, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.20473/pmnj.v3i1.11755

Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito. (2002). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press.

Saputri, D., Novita, C. F., & Zakky, M. (2017). Perbandingan Menjaga Kesehatan Rongga Mulut dan Starus Oral Hygine pada Anak Usia Sekolah Dasar di Daerah Perkotaan dan Pedesan. Journal of Syiah Kuala Dentistry Society, 2(2), 90–96.

Septiarini, D., Isnanto, & Ulfah, S. F. (2021). Pengaruh Penyuluhan Menggunakan Metode Bernyanyi Terhadap Pengetahuan Tentang Cara Memelihara Kebersihan Gigi dan Mulut di TK Hilma Surabaya. Jurnal Ilmiah Keperawatan Gigi, 2(2), 386–394. https://doi.org/10.37160/jikg.v2i2.724

Susilawati. (2014). Penerapan Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Kecerdasan Berbahasa pada Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Deskriptif tentang Penerapan Metode bernyanyi di PAUD Al Azhar Syfa Budi Parahyangan). Empowerment, 3(2), 141–151. https://doi.org/10.22460/empowerment.v3i2p141-151.581

Timoneno, A. J., Takaeb, A. E., & Ndun, H. J. (2019). Efektifitas Penggunaan Metode Bernyanyi Terhadap Peningkatan Pengetahuan Siswa/I Sekolah Dasar Kelas IV Tentang Cara Menyikat Gigi Yang Benar. CMHK Health Journal, 3(2), 1–5.

Published
2022-07-27
How to Cite
Damayanti, E., Sri Wahyuni, K., Rahman, U., Rismawati MS, & Hamsah. (2022). Penerapan Metode Bernyanyi untuk Meningkatkan Pengetahuan Sikat Gigi pada Peserta Didik Usia 5-6 Tahun Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal II Perumnas Cabang Karunrung Kota Makassar. KHIDMAH: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 161 - 174. https://doi.org/10.24252/khidmah.v2i2.30077
Section
Artikel
Abstract viewed = 480 times