Penerapan Bermain Puzzle Gambar Melalui Metode Kerja Kelompok dalam Meningkatkan Sikap Mau Membantu pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Aisyiyah 1 Tidung

  • Umi Kusyairy Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Nurul Qalbi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • M. Rusdi T Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Muzakkir Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Sunu Prihatin TK Aisyiyah 1 Tidung Kota Makassar
    (ID)
Keywords: Picture Puzzle, Group Work Method, Willing to Help

Abstract

Social development in children, especially in an attitude of wanting to help, is very important to be stimulated from an early age, because it is fundamental for children to interact with people around them. This study aims to determine the attitude of wanting to help after the application of playing picture puzzles through the group work method in children aged 4-5 years. This community service research in the form of service learning was conducted at Aisyiyah 1 Tidung Kindergarten with 3 children as participants. The instruments used are picture puzzles, observation sheets for children and evaluation sheets for the implementation of the intervention. Data were analyzed using descriptive statistics. The results of the service research show that children are able to realize and increase their willingness to help their friends in playing picture puzzles by using the group work method.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amrullah dan Sakria (2020). Pengaruh Metode Kerja Kelompok Terhadap Interaksi Sosial Anak di Kelompok B TK Singgani Lero Tatari Kecamatan Sindue. Jurnal Bangamputi, Vol. 6 No.1 http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Bungamputi/article/view/17755

Andriana, Dian. (2011). Tumbuh Kembang dan Terapi Bermain Pada Anak. Jakarta: Salemba Medika.

Andi Rezky Nurhidaya (2019). Meningkatkan Kerjasama Anak Melalui Permainan Menyusun Puzzle di TK Avanti Kota Makassar. Jurnal Edukasi Nonformal Vol. 1 No. 1. https://ummaspul.ejournal.id/JENFOL/article/download/2113/668

Mursid. (2016). Pengembangan Pembelajaran Pengetahuan Sosial Paud. Bandung: Remaja Rosdakarya

Bahri, Syaiful. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Anti Isnaningsih dan Jamangatun Umi Khasanah (2021). Stimulasi Kemampuan Kerjasama Melalui Permainan Puzzle Berkelompok. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Volume 1 No. 2. https://jurnal.umnu.ac.id/index.php/sti/article/download/154/96

Triyanti, E. (2016). Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Melalui Bermain Simbolik. Ilmiah Potensia, 1(1), 28-35.

Eca Gesang Mentari (2021). Penggunaan Alat Permainan Edukatif Dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Di Raudhatul Athfal Al- Hidayah. Jurnal IJIGAED Vol 2 No.1. https://ejournal.metrouniv.ac.id/index.php/IJIGAEd/article/download/3811/2542

Ganjar Safari & Hastin Nafitri (2021). Pengaruh Permainan Puzzle Pada Anak Tunagrahita Terhadap Perkembangan Sosial di Sekolah Luar Biasa-G. Vol IX No.1.https://www.ejournal.unibba.ac.id/index.php/healthy/article/download/512/435

Klara Br Bangun dan Sarina Marbun (2019). Pengaruh Penerapan Metode Kerja Kelompok Terhadap Perkembangan Sosial Anak 5-6 tahun di TK Sos Desa Taruna Medanta. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas Vol.5 No.1. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jhp/article/download/22465/14985

Made Diana Sintia ( 2020). Pengembangan Media Pembelajaran Big Puzzle Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Pada Anak. Journal for Lesson and Learning Studies Vol.3 No.3. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS/article/download/29409/18527

Muhammad Erwan Syah (2020). Pengaruh Permainan Tradisional Kelompok Terhadap Penyesuaian Sosial Anak. Jurnal Diversita, 6 (1). https://ojs.uma.ac.id/index.php/diversita/article/download/3693/2638

Nyoman Wiraadi Tria Ariani, dkk (2022). Penerapan Pembelajaran Berbasis Otak Dengan Permainan Puzzle Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Volume 7 No. 1. http://ojs.uhnsugriwa.ac.id/index.php/PW/article/download/238/502

Seri Marlina (2014). Peningkatan Sikap sosial Anak Usia Dini Melalui Permainan Puzzle Buah di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah 1 Bukuttinggi. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol. XIV No. 2. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pedagogi/article/download/4319/3383

Kristin, F. (2016). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 2(1). http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JPDP/article/View25/21.

Tunggul Sri Agus Setyaningsih & Hesti Wahyuni (2018). Stimulasi Permainan Puzzle Berpengaruh Terhadap Perkembangan Sosial dan Kemandirian Anak Usia Prasekolah. Jurnal Keperawatan Silampari Vol. 1 No. 2 https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JKS/article/download/9/49

Published
2022-07-29
How to Cite
Kusyairy, U., Qalbi, N., T, M. R., Muzakkir, & Prihatin, S. (2022). Penerapan Bermain Puzzle Gambar Melalui Metode Kerja Kelompok dalam Meningkatkan Sikap Mau Membantu pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Aisyiyah 1 Tidung. KHIDMAH: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 175-184. https://doi.org/10.24252/khidmah.v2i2.30213
Section
Artikel
Abstract viewed = 321 times