Penerapan Bermain Puzzle Gambar Melalui Metode Kerja Kelompok dalam Meningkatkan Sikap Mau Membantu pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Aisyiyah 1 Tidung
Abstrak
Perkembangan sosial pada anak khususnya dalam sikap mau membantu sangat penting distimulasi sejak dini, karena merupakan hal yang mendasar pada anak dalam berinteraksi dengan orang sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap mau membantu setelah penerapan bermain puzzle gambar melalui metode kerja kelompok pada anak usia 4-5 tahun. Penelitian melalui pengabdian kepada masyarakat yang dikemas dalam bentuk service learning ini dilakukan di TK Aisyiyah 1 Tidung dengan jumlah partisipan sebanyak 3 anak. Instrumen yang digunakan berupa puzzle gambar, lembar observasi pada anak dan lembar evaluasi keterlaksanaan intervensi. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan anak mampu menyadari serta meningkatkan sikap mau membantu sesama temannya dalam bermain puzzle gambar dengan penggunaan metode kerja kelompok.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Amrullah dan Sakria (2020). Pengaruh Metode Kerja Kelompok Terhadap Interaksi Sosial Anak di Kelompok B TK Singgani Lero Tatari Kecamatan Sindue. Jurnal Bangamputi, Vol. 6 No.1 http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Bungamputi/article/view/17755
Andriana, Dian. (2011). Tumbuh Kembang dan Terapi Bermain Pada Anak. Jakarta: Salemba Medika.
Andi Rezky Nurhidaya (2019). Meningkatkan Kerjasama Anak Melalui Permainan Menyusun Puzzle di TK Avanti Kota Makassar. Jurnal Edukasi Nonformal Vol. 1 No. 1. https://ummaspul.ejournal.id/JENFOL/article/download/2113/668
Mursid. (2016). Pengembangan Pembelajaran Pengetahuan Sosial Paud. Bandung: Remaja Rosdakarya
Bahri, Syaiful. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Anti Isnaningsih dan Jamangatun Umi Khasanah (2021). Stimulasi Kemampuan Kerjasama Melalui Permainan Puzzle Berkelompok. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Volume 1 No. 2. https://jurnal.umnu.ac.id/index.php/sti/article/download/154/96
Triyanti, E. (2016). Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Melalui Bermain Simbolik. Ilmiah Potensia, 1(1), 28-35.
Eca Gesang Mentari (2021). Penggunaan Alat Permainan Edukatif Dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Di Raudhatul Athfal Al- Hidayah. Jurnal IJIGAED Vol 2 No.1. https://ejournal.metrouniv.ac.id/index.php/IJIGAEd/article/download/3811/2542
Ganjar Safari & Hastin Nafitri (2021). Pengaruh Permainan Puzzle Pada Anak Tunagrahita Terhadap Perkembangan Sosial di Sekolah Luar Biasa-G. Vol IX No.1.https://www.ejournal.unibba.ac.id/index.php/healthy/article/download/512/435
Klara Br Bangun dan Sarina Marbun (2019). Pengaruh Penerapan Metode Kerja Kelompok Terhadap Perkembangan Sosial Anak 5-6 tahun di TK Sos Desa Taruna Medanta. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas Vol.5 No.1. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jhp/article/download/22465/14985
Made Diana Sintia ( 2020). Pengembangan Media Pembelajaran Big Puzzle Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Pada Anak. Journal for Lesson and Learning Studies Vol.3 No.3. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS/article/download/29409/18527
Muhammad Erwan Syah (2020). Pengaruh Permainan Tradisional Kelompok Terhadap Penyesuaian Sosial Anak. Jurnal Diversita, 6 (1). https://ojs.uma.ac.id/index.php/diversita/article/download/3693/2638
Nyoman Wiraadi Tria Ariani, dkk (2022). Penerapan Pembelajaran Berbasis Otak Dengan Permainan Puzzle Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Volume 7 No. 1. http://ojs.uhnsugriwa.ac.id/index.php/PW/article/download/238/502
Seri Marlina (2014). Peningkatan Sikap sosial Anak Usia Dini Melalui Permainan Puzzle Buah di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah 1 Bukuttinggi. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol. XIV No. 2. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pedagogi/article/download/4319/3383
Kristin, F. (2016). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 2(1). http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JPDP/article/View25/21.
Tunggul Sri Agus Setyaningsih & Hesti Wahyuni (2018). Stimulasi Permainan Puzzle Berpengaruh Terhadap Perkembangan Sosial dan Kemandirian Anak Usia Prasekolah. Jurnal Keperawatan Silampari Vol. 1 No. 2 https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JKS/article/download/9/49
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).