Penerapan Bermain Puzzle Gambar Melalui Metode Kerja Kelompok dalam Meningkatkan Sikap Mau Membantu pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Aisyiyah 1 Tidung

  • Umi Kusyairy Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Nurul Qalbi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • M. Rusdi T Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Muzakkir Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Sunu Prihatin TK Aisyiyah 1 Tidung Kota Makassar
    (ID)
Kata Kunci: Puzzle Gambar, Metode Kerja Kelompok, Sikap Mau Membantu

Abstrak

Perkembangan sosial pada anak khususnya dalam sikap mau membantu sangat penting distimulasi sejak dini, karena merupakan hal yang mendasar pada anak dalam berinteraksi dengan orang sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap mau membantu setelah penerapan bermain puzzle gambar melalui metode kerja kelompok pada anak usia 4-5 tahun. Penelitian melalui pengabdian kepada masyarakat yang dikemas dalam bentuk service learning ini dilakukan di TK Aisyiyah 1 Tidung dengan jumlah partisipan sebanyak 3 anak. Instrumen yang digunakan berupa puzzle gambar, lembar observasi pada anak dan lembar evaluasi keterlaksanaan intervensi. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan anak mampu menyadari serta meningkatkan sikap mau membantu sesama temannya dalam bermain puzzle gambar dengan penggunaan metode kerja kelompok.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Amrullah dan Sakria (2020). Pengaruh Metode Kerja Kelompok Terhadap Interaksi Sosial Anak di Kelompok B TK Singgani Lero Tatari Kecamatan Sindue. Jurnal Bangamputi, Vol. 6 No.1 http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Bungamputi/article/view/17755

Andriana, Dian. (2011). Tumbuh Kembang dan Terapi Bermain Pada Anak. Jakarta: Salemba Medika.

Andi Rezky Nurhidaya (2019). Meningkatkan Kerjasama Anak Melalui Permainan Menyusun Puzzle di TK Avanti Kota Makassar. Jurnal Edukasi Nonformal Vol. 1 No. 1. https://ummaspul.ejournal.id/JENFOL/article/download/2113/668

Mursid. (2016). Pengembangan Pembelajaran Pengetahuan Sosial Paud. Bandung: Remaja Rosdakarya

Bahri, Syaiful. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Anti Isnaningsih dan Jamangatun Umi Khasanah (2021). Stimulasi Kemampuan Kerjasama Melalui Permainan Puzzle Berkelompok. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Volume 1 No. 2. https://jurnal.umnu.ac.id/index.php/sti/article/download/154/96

Triyanti, E. (2016). Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Melalui Bermain Simbolik. Ilmiah Potensia, 1(1), 28-35.

Eca Gesang Mentari (2021). Penggunaan Alat Permainan Edukatif Dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Di Raudhatul Athfal Al- Hidayah. Jurnal IJIGAED Vol 2 No.1. https://ejournal.metrouniv.ac.id/index.php/IJIGAEd/article/download/3811/2542

Ganjar Safari & Hastin Nafitri (2021). Pengaruh Permainan Puzzle Pada Anak Tunagrahita Terhadap Perkembangan Sosial di Sekolah Luar Biasa-G. Vol IX No.1.https://www.ejournal.unibba.ac.id/index.php/healthy/article/download/512/435

Klara Br Bangun dan Sarina Marbun (2019). Pengaruh Penerapan Metode Kerja Kelompok Terhadap Perkembangan Sosial Anak 5-6 tahun di TK Sos Desa Taruna Medanta. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas Vol.5 No.1. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jhp/article/download/22465/14985

Made Diana Sintia ( 2020). Pengembangan Media Pembelajaran Big Puzzle Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Pada Anak. Journal for Lesson and Learning Studies Vol.3 No.3. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS/article/download/29409/18527

Muhammad Erwan Syah (2020). Pengaruh Permainan Tradisional Kelompok Terhadap Penyesuaian Sosial Anak. Jurnal Diversita, 6 (1). https://ojs.uma.ac.id/index.php/diversita/article/download/3693/2638

Nyoman Wiraadi Tria Ariani, dkk (2022). Penerapan Pembelajaran Berbasis Otak Dengan Permainan Puzzle Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Volume 7 No. 1. http://ojs.uhnsugriwa.ac.id/index.php/PW/article/download/238/502

Seri Marlina (2014). Peningkatan Sikap sosial Anak Usia Dini Melalui Permainan Puzzle Buah di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah 1 Bukuttinggi. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol. XIV No. 2. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pedagogi/article/download/4319/3383

Kristin, F. (2016). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 2(1). http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JPDP/article/View25/21.

Tunggul Sri Agus Setyaningsih & Hesti Wahyuni (2018). Stimulasi Permainan Puzzle Berpengaruh Terhadap Perkembangan Sosial dan Kemandirian Anak Usia Prasekolah. Jurnal Keperawatan Silampari Vol. 1 No. 2 https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JKS/article/download/9/49

Diterbitkan
2022-07-29
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 321 times