Sosialisasi Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay dan Model Pembelajaran Make A Match

  • Nurliyana Nurliyana Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ilyas Ismail Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Lisnasari Andi Mattoliang Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Andi Halimah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Mardhiah Mardhiah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstrak

Abstrak

Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah memberikan sosialisasi penerapan dua model pembelajaran yaitu model course review horay dan model make a match dalam pembelajaran matematika. Populasi dalam kegiatan pengabdian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 26 Makassar yang berjumlah 278 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik simple random sampling. Sampel kegiatan pengabdian ini adalah siswa kelas VII-1 dengan jumlah siswa 30 orang terpilih sebagai kelas eksperimen1 sedangkan kelas VII-3 dengan jumlah 31 orang sebagai kelas eksperimen 2. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa berupa tes essai. Data diolah menggunakan analisis deskriptif.

 

Abstract

This dedication activity aims to provide socialization for applying two learning models, namely the course review horay model and the make a match model in mathematics learning. The population in this service activity was all students of class VII SMP Negeri 26 Makassar, totalling 278 students. The sampling technique used was a simple random sampling technique. The sample of this service activity was class VII-1 students with 30 students selected as the experimental class1 while class VII-3 with 31 people as the experimental class 2. The instrument used to determine student learning outcomes was in the form of an essay test. The data were processed using descriptive analysis.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

Google Scholar: https://scholar.google.co.id/citations?user=uql1Gb0AAAAJ&hl=en

SINTA: https://sinta.ristekbrin.go.id/authors/detail?id=6746014&view=overview

DECRIPTION
  • I'm a lecturer at Department of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teaching Science, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
EDUCATION BACKGROUND
  • Sarjana Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Makassar
  • Magister Pendidikan Matematika, PPs Universitas Negeri Makassar

Referensi

Al, A. (2006). The Pedagogical Content Knowledge Of Middle School, Mathematics Teacher In China and The U.S. Journal of Mathematics, Teacher Education, 1(6), 200–215.

Halidin, & Ansar. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Course review horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1067–1075.

Handayani, E., A.Y. Soegeng, & Agustini, F. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Course review horay Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 01 Wonopringgo Pekalongan. Jurnal Guru Kita, 3(1), 79–85.

Harianto. (2013). Pengaruh Strategi Pembelajaran Course review horay Menggunakan Puzzle Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Standar Kompetensi Menerapkan Dasar-Dasar Elektronika Di SMK. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 101–111.

Komalasari. (2010). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Kurniawan, F., & A. Dzakir, S. (2012). Penerapan Model Course review horay (CRH) Dan Media Video Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Persiapan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Jurnal PGSD FKIP Universitas Sebelas Maret, 2(1), 29–38.

Njoroge, J. N., & Githua, B. N. (2013). Effect Cooperative Learning/ Teaching Model On Learners Mathematics Achievement. Asian Journal Of Social Sciences and Humanities Egerton University Kenya, 2(2), 357–370.

Suprijono, A. (2013). Cooperative Learning dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Winadi, W. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Aktif Course review horay (CRH) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika. Indonesian Journal of Instructional Media and Model, 1(2), 53–60. https://doi.org/10.32585/ijimm.v1i2.532

Yennita, & Putri, R. Z. E. (2021). Penerapan Metode Course review horay (CRH) untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Biologi Umum. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 5(1), 128–139.

Zainuddin, M. (2008). Reformasi Pendidikan Kritik Berbasis Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Diterbitkan
2021-05-31
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 289 times