Penerapan Metode Demonstrasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Tata Cara Berwudhu

  • Suriati Suriati SDN 21 Mattabulu, Kec. Lalabata Kab. Soppeng
    (ID)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan metode demonstrasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi tata cara berwudhu kelas II SDN 21 Mattabulu Kec. Lalabata Kab. Soppeng. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 21 Mattabulu Kec. Lalabata Kab. Soppeng. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan observasi. Adapun teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian untuk proses aktivitas mengajar guru menunjukkan bahwa pada siklus I pencapaian proses aktivitas mengajar guru mencapai 65% atau berada pada kategori kurang, pada siklus II kualitas mengajar guru meningkat menjadi 85% atau kategori cukup, dan pada siklus III kualitas mengajar guru meningkat menjadi 93,33% atau kategori baik. Selanjutnya, aktivitas belajar peserta didik pada siklus I mencapai nilai rata rata 65 dan meningkat menjadi 86,66 atau berada dalam kategori baik pada siklus III menurut skala deskriptif aktivitas pembelajaran. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada materi tata cara berwudu kelas II SDN 21 Mattabulu Kec. Lalabata Kab. Soppeng dapat ditingkatkan melalui metode Demonstrasi.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Al-Batawy, A. S. (2015). Dahsyatnya Air Wudhu. Lembar Langit Indonesia.

Anita, S. et al. (2017). Strategi Pembelajaran di SD. Banten: Universitas Terbuka.

BSNP. 2005. Peraturan Menteri No.19 Tahun 2000 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta : BSNP

Djamarah, S. (1997). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Fatimah, S. (2019). Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tata Cara Berwudhu Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas II SD Negeri 1 Babakan Kecamatan Kalimanah, Kabupaten Purbalingga Tahun Pelajaran 2018/ 2019 Skripsi. IAIN Purwokerto.

Hamalik,. O. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hopkins, D. (1993). A Teacher’s Guide to Classroom Research. Philadelphia. Open University Press.

Muhoyidin, S. (2021). Penerapan Metode Demonstrasi dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Tata Cara Berwudhu. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 213-219. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.895

Mursalin. (2017). Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tata Cara Berwudhu Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas 1 SD Negeri 19 Banyuasin I Kabupaten Banyuasin. Diploma Thesis. Uin Raden Fatah Palembang.

Puspitasari, N. (2019). Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tata Cara Berwudhu Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas II SD Negeri 2 Purbayasa Kecamatan Padamara Kabupaten Purbalingga Tahun Pelajaran 2018/ 2019. Skripsi. IAIN Purwokerto.

Riduan, M. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik Di Smp Negeri 3 Marabahan. Jurnal PTK dan Pendidikan, 3(1), 41-50.

Rukaiyah. (2017). Penerapan Metode Demonstrasi dalam Sub Konsep Tata Cara Berwudhu Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Serambi Ilmu, 18(2). https://doi.org/10.32672/si.v29i2.447

Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Simamora, R. H. (2009). Buku Ajar Pendidikan dalam Keperawatan. Jakarta : EGC

Sudjana, N. (2004) Dasar-Dasar Proses Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensido Offeset.

Diterbitkan
2021-01-31
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 723 times