Penerapan Metode Demonstrasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Tata Cara Berwudhu
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan metode demonstrasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi tata cara berwudhu kelas II SDN 21 Mattabulu Kec. Lalabata Kab. Soppeng. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 21 Mattabulu Kec. Lalabata Kab. Soppeng. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan observasi. Adapun teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian untuk proses aktivitas mengajar guru menunjukkan bahwa pada siklus I pencapaian proses aktivitas mengajar guru mencapai 65% atau berada pada kategori kurang, pada siklus II kualitas mengajar guru meningkat menjadi 85% atau kategori cukup, dan pada siklus III kualitas mengajar guru meningkat menjadi 93,33% atau kategori baik. Selanjutnya, aktivitas belajar peserta didik pada siklus I mencapai nilai rata rata 65 dan meningkat menjadi 86,66 atau berada dalam kategori baik pada siklus III menurut skala deskriptif aktivitas pembelajaran. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada materi tata cara berwudu kelas II SDN 21 Mattabulu Kec. Lalabata Kab. Soppeng dapat ditingkatkan melalui metode Demonstrasi.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Al-Batawy, A. S. (2015). Dahsyatnya Air Wudhu. Lembar Langit Indonesia.
Anita, S. et al. (2017). Strategi Pembelajaran di SD. Banten: Universitas Terbuka.
BSNP. 2005. Peraturan Menteri No.19 Tahun 2000 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta : BSNP
Djamarah, S. (1997). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Fatimah, S. (2019). Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tata Cara Berwudhu Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas II SD Negeri 1 Babakan Kecamatan Kalimanah, Kabupaten Purbalingga Tahun Pelajaran 2018/ 2019 Skripsi. IAIN Purwokerto.
Hamalik,. O. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hopkins, D. (1993). A Teacher’s Guide to Classroom Research. Philadelphia. Open University Press.
Muhoyidin, S. (2021). Penerapan Metode Demonstrasi dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Tata Cara Berwudhu. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 213-219. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.895
Mursalin. (2017). Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tata Cara Berwudhu Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas 1 SD Negeri 19 Banyuasin I Kabupaten Banyuasin. Diploma Thesis. Uin Raden Fatah Palembang.
Puspitasari, N. (2019). Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tata Cara Berwudhu Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas II SD Negeri 2 Purbayasa Kecamatan Padamara Kabupaten Purbalingga Tahun Pelajaran 2018/ 2019. Skripsi. IAIN Purwokerto.
Riduan, M. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik Di Smp Negeri 3 Marabahan. Jurnal PTK dan Pendidikan, 3(1), 41-50.
Rukaiyah. (2017). Penerapan Metode Demonstrasi dalam Sub Konsep Tata Cara Berwudhu Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Serambi Ilmu, 18(2). https://doi.org/10.32672/si.v29i2.447
Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Simamora, R. H. (2009). Buku Ajar Pendidikan dalam Keperawatan. Jakarta : EGC
Sudjana, N. (2004) Dasar-Dasar Proses Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensido Offeset.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).