Sosialisasi Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe VAK (Visualization Auditory Kinestetic) Dan Tipe AIR (Auditory Intellectually Repetition) pada MTS Negeri Gowa

  • Multazam Multazam Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • A Sriyanti Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Andi Dian Angriani Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ahmad Farham Majid Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Andi Kusumayanti Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Nur Yuliany Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstrak

Tujuan pengabdian ini untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran VAK (Visualization Auditory Kinestetic) dengan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran AIR (Auditory Intellectually Repetition) pada siswa kelas VIII MTs Negeri Gowa. Pengabdian ini berbasis penelitian menggunakan equivalent time series design. Pada pengabdian ini, kelas VIII 4 dan kelas VIII 5 sebagai subjek sosialisasi I dan II yang masing-masing terdiri dari 37 siswa. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial menggunakan uji-t untuk sampel independen (independent sample t-test). Dari hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa model pembelajaran VAK dan AIR cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa sedangkan berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,183. Nilai ini menunjukkan bahwa sign > ∝ yaitu 0,183 > 0,025 sehingga H0 diterima atau dengan melihat nilai π‘‘β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘” sebesar 1,345 maka jika dibandingkan dengan π‘‘π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™ (𝑑(0,025,46)) sebesar 2,028 maka βˆ’π‘‘π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™ ≀ π‘‘β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘” ≀ π‘‘π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™ atau βˆ’2,028 ≀ 1,345 ≀ 2,012 artinya H0 diterima atau disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan nilai rata-rata hasil belajar matematika antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran VAK (Visualization Auditory Kinestetic) dengan model pembelajaran AIR (Auditory Intellectually Repetition) pada siswa kelas VIII MTs Negeri Gowa.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

Google Scholar:Β https://scholar.google.co.id/citations?user=PX0eYe0AAAAJ&hl=en

SINTA:Β http://sinta2.ristekdikti.go.id/authors/detail?id=6017052&view=overview

DECRIPTION

  • I'm a lecturer at Department of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teaching Science, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. I interest to Mathematics Education. My research about mathematics education.
EDUCATION BACKGROUND
  • Sarjana Pendidikan Matematika, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Master Pendidikan matematika, PPs Universitas Negeri Makassar

EXPERIENCE

  • Dosen Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, 2015 - sekarang
  • Tim Pengelola (Editor) MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 2017-sekarang
  • Tim Pengelola (Editor) Auladuna : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2018-sekarang
Contact Person:Β Hp. +6282346083545Β email: [email protected]

Referensi

Afiyah, V. (2013). Efektivitas Model Pembelajaran VAK dan Group Investigation Berbasis Multimedia terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 3 Rembang Tahun Pelajaran 2012/2013. IKIP PGRI Semarang.

Amir, Z., & Risnawati. (2016). Psikologi Pembelajaran Matematika. Aswaja Pressindo.

Hadiyanti, R., Kusni, & Suhito. (2012). Kefektifan Pembelajaran Kooperatif Number Head Together terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep. Unnes Journal of Mathematics Education, 1(1). https://doi.org/10.15294/ujme.v1i1.262

Heriawan, A., Darmajari, & Senjaya, A. (2012). Metodologi Pembelajaran Kajian Teoritis Model, Pendekatan, Strategi, Metode, dan Teknik Pembelajaran. LP_3 G, Banten.

Jannah, M. M., Supriadi, N., & Suri, F. I. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic (VAK) terhadap Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Klasifikasi Self-Efficacy Sedang dan Rendah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 215–222. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1892

Kamil, I., & Kashardi, K. (2020). Hasil Belajar Kognitif Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe AIR dan NHT. Jurnal Math-UMB.EDU, 7(3), 7–12. https://doi.org/10.36085/math-umb.edu.v7i3.1056

Kusumaningrum, B., & Wijayanto, Z. (2020). Apakah Pembelajaran Matematika Secara Daring Efektif? (Studi Kasus pada Pembelajaran Selama Masa Pandemi Covid-19). Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(2), 136–142.

Mulyani, A., Gede Agung, A. A., & Jayanta, I. N. L. (2021). Effect Size Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinestetic (VAK) terhadap Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(1), 46–53. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i1.29579

Ngalimun. (2013). Strategi dan Model Pembelajaran Berbasis Paikem (Cet. Ke-I). Banjarmasin: Pustaka Banua.

Noorbaiti, R., Fajriah, N., & Sukmawati, R. A. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Visual-Auditori-Kinestetik (VAK) pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas VII E MTsN Mulawarman Banjarmasin. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 108–116. https://doi.org/10.20527/edumat.v6i1.5130

Nurhasanah, A., Soro, S., & Siswanto, R. D. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) dan Pertidaksamaan Dua Variabel melalui Model Visualization Auditory and Kinesthetic (VAK). Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 9(1).

Pamungkas, A. D., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Siswa Kelas 4 SD. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitan Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 287–293.

Pratiwi, D. D. (2016). Pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan Geogebra terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 191–202. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i2.34

Resyani, R. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) pada Siswa Kelas IX 1. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(2), 256–266. https://doi.org/10.26858/jkp.v5i2.20237

Rukmana, W., Hardjono, N., & Aryana O, A. (2018). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar dengan Model Pembelajaran VAK Berbantuan Media Tongkat Tokoh. International Journal of Elementary Education, 2(3), 156–164. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15954

Rustina, R. (2018). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Mahasiswa. Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 26–31. https://doi.org/10.24014/sjme.v4i1.4233

Talib, A., Ihsan, H., & Fairul, M. (2019). Komparasi Pemahaman Konsep Matematika Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching (RT). Issues in Mathematics Education (IMED), 2(2), 100–106.

Diterbitkan
2022-01-30
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 169 times