Pendampingan Praktikum IPA Biologi Peserta Didik MAN 2 Barru

  • Ahmad Ali Universitas Negeri Makassar
    (ID)
  • Muh Rapi Universitas Negeri Makassar
    (ID)
  • Wiwin Pramita Arif Universitas Negeri Makassar
    (ID)
  • Andi Tenri Ola Rivai Universitas Negeri Makassar
    (ID)
  • Zulkarnaim Zulkarnaim Universitas Negeri Makassar
  • Ayyub Ibrahim Universitas Negeri Makassar
    (ID)

Abstrak

Kegiatan praktikum merupakan kegiatan wajib pada pembelajaran sains khususnya biologi. Praktikum menjadikan pengalaman peserta didik untuk menunjukkan keterampilan proses dalam menemukan teori atau fakta maupun sebatas pembuktian teori yang telah ada. Sayangnya Kegiatan praktikum belum dilaksanakan secara optimal di MAN 2 Barru mengingat keterbatasan alat dan bahan yang ada. Pengabdian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Barru dengan subjek pendampingan adalah peserta didik kelas X, XI, XII yang berjumlah 20 orang. Praktikum yang dilaksanakan berjumalah 6 topik dengan menggunakan bahan dan alat sederhana yang dapat dijumpai di sekitar sekolah atau lingkungan sekitar. Praktikum menunjukkan antusias peserta didik dalam mengikuti praktikum. Peserta didik telah mampu menggunakan mikroskop, membuat preparate, dan mengamati di bawah mikroskop, membedah katak dan menunjukkan  bagian morfologi dan anatominya, membuat hipotesis dan menarik kesimpulan pada setiap topik praktikum.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Adisendjaja, Y. H. (2008). Kegiatan praktikum dalam pendidikan sains. Bandung: Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA UPI.

Emda, A. (2017). Laboratorium sebagai sarana pembelajaran kimia dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kerja ilmiah. Lantanida Journal, 5(1), 83–92. http://dx.doi.org/10.22373/lj.v5i1.2061

Katili, N. S., Sadia, W., & Suma, K. (2013). Analisis Sarana dan Intensitas Penggunaan Laboratorium Fisika Serta Kontribusinya Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri di Kabupaten Jembrana. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 3(2). https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/view/795.

Masturi, F. P. F. (2018). Pendampingan Pengembangan Alat-Bahan Praktikum Ipa Bagi Guru Dan Siswa Sd Di Kepulauan Karimunjawa. Universitas Negeri Semarang. http://lib.unnes.ac.id/43638/

Pendidikan, K., & Indonesia, K. R. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Poedjiadi, A. (2007). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Bagian 3 Pendidikan Disiplin Ilmu. Jakarta: Grasindo.

Prastika, L. R., Putri, A. A., & Setiawan, R. (2017). Kondisi Pelaksanaan Praktikum IPA Sekolah Menengah Pertama di Kota Jayapura dan Kabupaten Gowa. In Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains (Faculty of Mathematics and Natural Science of Bandung Institute of Technology (ITB) (pp. 414–420). https://www.ifory.id/proceedings/2017/RFdrG9aTL/snips_2017_lintang_ratri_prastika_hp5uzrqwms.pdf

Rezeqi, S. (2012). Analisis Pelaksanaan Praktikum Biologi Dan Permasalahannya Di Sma Negeri Sekabupaten Karo. Jurnal Tabularasa, 9(01), 17–32.

http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1402

Sitepu, B. P. (2014). Pengembangan sumber belajar. Jakarta. Rajawali Pres

Suryaningsih, Y. (2017). Pembelajaran berbasis praktikum sebagai sarana siswa untuk berlatih menerapkan keterampilan proses sains dalam materi biologi. Bio Educatio, 2(2), 279492. DOI: http://dx.doi.org/10.31949/be.v2i2.759

Wibowo, W. S. (2015). Persiapan Alat dan Bahan Praktikum IPA. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Diterbitkan
2022-01-30
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 474 times