Penggunaan Alat Peraga dalam Metode Bercerita untuk Meningkatkan Perbendaharaan Kata Anak 5-6 Tahun

  • Ade Agusriani Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID) http://orcid.org/0000-0002-9546-0071
  • Siti Sumiati UIN ALAUDDIN MAKASSAR
    (ID)
  • Wahyuni Ismail Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Andi Nurhayati UIN ALAUDDIN MAKASSAR
    (ID)
  • St Rachmatiah TK Aisyiyah Cabang 1
    (ID)
Kata Kunci: Anak Usia Dini, Metode Bercerita, Alat Peraga dan Perbendaharaan Kata

Abstrak

Perbendaharaan kata pada anak sangat penting untuk distimulasi, semakin banyak kosa kata yang dikuasai anak maka dapat mempermudah anak dalam berinteraksi serta  berkomunikasi dengan orang lain. Pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui apakah perbendaharaan kata yang dikuasai anak mampu membahasakan kembali cerita yang sudah didengar melalui metode bercerita meggunakan alat peraga pada anak usia 5-6 tahun. Pengabdian pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk service learning ini dilakukan di TK Aisyiyah Cabang 1 Sungguminasa dengan jumlah partisipan sebanyak 3 anak. Instrumen yang digunakan berupa alat peraga yaitu gambar binatang yang digunting sesuai bentuknya lalu di tempel pada kertas karton, selain itu instrumen yang digunakan juga berupa lembar evaluasi keterlaksanaan dan intervensi.  Data di analisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa perkembangan bahasa dari ke-3 partisipan berbeda-beda, ada anak yang sudah berani mengajukan diri untuk menceritakan kembali cerita yang sudah di dengar tetapi masih belum bisa menceritakannya secara berurut, ada juga anak yang sudah bisa menceritakannya dengan baik tetapi membutuhkan lebih banyak waktu karena masih ragu dan malu-malu dan diantaranya ada anak yang hanya mendengar dan menyimak temannya bercerita. Hasil temuan dalam pengabdian ini mengimplikasikan bahwa metode bercerita dapat meningkatkan perbendaharaan kata anak, jika mereka fokus mendengarkan dan menyimak isi cerita.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Bawono, Y. (2017). Kemampuan berbahasa pada anak prasekolah : Sebuah kajian pustaka. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 116–125. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ippi/article/view/2181 diakses tanggal 26/12/2020

Deiniatur, M. (2017). Pembelajaran Bahasa Pada Anak Usia Dini Melalui Cerita Bergambar. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 190. https://doi.org/10.32332/elementary.v3i2.882

Hasmawaty, H. (2020). Kemampuan Menyimak Anak Melalui Kegiatan Bercerita (Studi Kasus Pada Taman Penitipan Anak Athirah Makassar). Jurnal Ilmu Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 56. https://doi.org/10.25278/jitpk.v1i1.463

Kridalaksana, H. (2013). Kamus Linguistik (edisi keempat). Gramedia: Pustaka Utama.

Kuras, A., Marnawi, & Sutarmanto. (2019). Penggunaan Metode Bercerita Dalam Meningkatkan Kosakata Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK. 9–25.

Kustianawati, S. (2020). Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Melalui Metode Bercerita dengan Alat Peraga Wayang pada Anak Kelompok B TK Dwijorini Tretep. Media Pengabdian Pendidikan : Jurnal Pengabdian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 14(1), 35–44. https://doi.org/10.26877/mpp.v14i1.5531

Munirah, M., & Hardian, H. (2016). Pengaruh Kemampuan Kosakata Dan Struktur Kalimat Terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi Siswa Sma. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 16(1), 78. https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v16i1.3064

Nuriani, N. W., Lasmawan, I. W., & Sutama, I. M. (2014). Efektivitas Metode Bercerita Dengan Alat Peraga Tiruan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Dan Minat Belajar Anak Di Kelompok B Tk Barunawati. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar, 4, 1–10.

Panjaitan, A. A. S., Radiana, U., & Miranda, D. (2020). Analisis Metode Bercerita Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1999(December), 1–6.

Rambe, A. M., Sumadi, T., & Meilani, R. S. M. (2021). Peranan Storytelling dalam Pengembangan Kemampuan Berbicara pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2134–2145. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1121

Ridwan, & Bangsawan, I. (2021). Seni Bercerita, Bermain dan Bernyanyi. http://repository.uinjambi.ac.id/7400/

Santrock, J. W. (2019). Life-span development, 7th ed. In Life-span development, 7th ed. McGraw-Hill Higher Education.

Diterbitkan
2022-07-27
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 571 times