Pembinaan Pembelajaran Bahasa Arab dalam Mengembangkan Kemampuan Pemahaman Al-Qur’an Santri Tahfidzul Qur’an Al-Fajri Makassar

  • Besse Ruhaya Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: Pembelajaran Bahasa Arab, pemahaman al-Qur’an

Abstrak

Al-Qur’an diwahyukan kepada Rasulullah Saw dengan menggunakan bahasa Arab, dan menjadi bahasa pendidikan, ilmu pengetahuan, diplomasi, transaksi sosial ekonomi serta budaya. Tujuan pengabdian ini dilakukan untuk memberikan pembinaan pembelajaran bahasa Arab dalam memahami al-Qur’an. Metode yang digunakan adalah metode langsung dalam keterampilan al-istima’ dan al-kitabah, para santri menyimak secara langsung materi yang diberikan dan menuliskan apa yang telah disimak. Hasilnya menunjukkan bahwa 20% santri yang dapat menyimak, 65% santri yang dapat menulis dan 15%santri yang tidak dapat menyimak dan menulis dengan baik dan benar. Hal ini menunjukkan masih perlu pembinaan selanjutnya supaya santri dapat menyimak dan menulis al-Qur’an dengan baik dan benar.

 

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Al-Qur’anul Karim

Baroroh, R Umi. (2020). Metode-Metode dalam Pembelajaran Bahasa Kerampilan Bahasa Arab Reseptif . Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan dan keislaman Vol. 9 No. 2.

Falah, Ahmad. (2016). Problem dan Tantangan Pembelajaran Bahasa Arab pada Tingkat Madrasah. Jurnal Arabia Vol. 8 No. 1.

http://id.wikipedia.org/wiki/

Kementerian Agama. (2020). Al-Qur’an dan Terjemahnya (Bandung: Cv Penerbit Diponegoro).

Keputusan Menteri Agama No 165. (2014). Pedoman Kurikulum Madrasah 2013 Mata Pelajaran PAI dan Bahasa Arab. Jakarta: Depag.

Nuha, Ulin. (2012). Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab, (Yogjakarta: Diva Press.

Muin, Abdul. (2014). Analisi Kontrastif Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia (Cet. III; Jakarta: PT. Pustaka Al-Husna Baru)

Saepudin. (2012). Pembelaran Keterampilan Berbahasa Arab: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: TrustMedia Publishing.

Diterbitkan
2023-01-29
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 111 times