Pembinaan Pembelajaran Bahasa Arab dalam Mengembangkan Kemampuan Pemahaman Al-Qur’an Santri Tahfidzul Qur’an Al-Fajri Makassar
Abstrak
Al-Qur’an diwahyukan kepada Rasulullah Saw dengan menggunakan bahasa Arab, dan menjadi bahasa pendidikan, ilmu pengetahuan, diplomasi, transaksi sosial ekonomi serta budaya. Tujuan pengabdian ini dilakukan untuk memberikan pembinaan pembelajaran bahasa Arab dalam memahami al-Qur’an. Metode yang digunakan adalah metode langsung dalam keterampilan al-istima’ dan al-kitabah, para santri menyimak secara langsung materi yang diberikan dan menuliskan apa yang telah disimak. Hasilnya menunjukkan bahwa 20% santri yang dapat menyimak, 65% santri yang dapat menulis dan 15%santri yang tidak dapat menyimak dan menulis dengan baik dan benar. Hal ini menunjukkan masih perlu pembinaan selanjutnya supaya santri dapat menyimak dan menulis al-Qur’an dengan baik dan benar.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Al-Qur’anul Karim
Baroroh, R Umi. (2020). Metode-Metode dalam Pembelajaran Bahasa Kerampilan Bahasa Arab Reseptif . Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan dan keislaman Vol. 9 No. 2.
Falah, Ahmad. (2016). Problem dan Tantangan Pembelajaran Bahasa Arab pada Tingkat Madrasah. Jurnal Arabia Vol. 8 No. 1.
Kementerian Agama. (2020). Al-Qur’an dan Terjemahnya (Bandung: Cv Penerbit Diponegoro).
Keputusan Menteri Agama No 165. (2014). Pedoman Kurikulum Madrasah 2013 Mata Pelajaran PAI dan Bahasa Arab. Jakarta: Depag.
Nuha, Ulin. (2012). Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab, (Yogjakarta: Diva Press.
Muin, Abdul. (2014). Analisi Kontrastif Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia (Cet. III; Jakarta: PT. Pustaka Al-Husna Baru)
Saepudin. (2012). Pembelaran Keterampilan Berbahasa Arab: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: TrustMedia Publishing.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).