Sosialisasi Pencegahan Kekerasan Berbasis Gender Melalui Media Banner di UIN K.H. Adurrahman Wahid Pekalongan
Abstrak
Pelatihan pengabdian ini bertujuan untuk mengenalkan bentuk-bentuk kekerasan seksual yang terjadi di wilayah kampus agar dapat mencegah terjadinya hal tersebut. Kegiatan pengabdian yang dilakukan oleh para duta gender dibawah naungan Pusat Studi Gender dan Anak dalam bentuk penyebaran poster yang berlangsung dengan tatap muka di Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, sasaran kegiatan ini adalah para Dekan Fakultas dan seluruh masyarakat Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Metode pelaksanaan dalam kegiatan sosialisasi ini menggunakan metode kunjungan, metode pembekalan, dan metode penyerahan. Hasil kegiatan ini yaitu meningkatkan perhatian para masyarakat kampus tentang isu-isu gender dan berhasil untuk mengenalkan pelayanan yang ada di PSGA, sehingga masyarakat kampus menjadi lebih berani untuk bersuara bila mengalami atau melihat adanya masalah-masalah yang terkait gender kepada pihak yang berwenang tanpa rasa takut dan tanpa merasa sendirian. Hal ini dibuktikan setelah adanya kegiatan ini masyarakat kampus memiliki ketertarikan dengan isu-isu gender dan ketika ada kegiatan terbuka di kampus semakin banyak yang berpartisipasi.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Cahyadi, R., & Hertanto, H. (2021). Networking Institutionalism by the Lampung Parliamentary Women's Caucus in Optimizing Gender Policy. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 20(2), 46-57. https://doi.org/10.35967/njip.v20i2.158
Dayanti, L. N., Nisma, A., & Lubis, F. (2023). Peran Advokat sebagai Pendamping Hukum Dalam Memberikan Bantuan Hukum terhadap Masyarakat yang Tidak Mampu secara Sukarela. As-Syar'i: Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga, 5(2), 330-340.https://doi.org/10.47467/as.v5i2.2676
Fadhilah, N. (2021). Dinamika gender di perguruan tinggi keislaman. Pekalongan: Scientist Publishing.
Fatmariza, F., Muchtar, H., Dewi, S. F., Irwan, I., Putra, I., Suasti, Y., & Febriani, R. (2020). Peningkatan Pengetahuan dan Pemahaman Masyarakat Nagari Pasie Laweh tentang Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak melalui Penyuluhan. Vivabio: Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 2(1), 8–16. https://doi.org/10.35799/vivabio.2.1.2020.28398
Ginting, Y. P., & Wartoyo, F. X. (2023). Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) Dalam Rangka Penyelenggaraan Orientasi Karyawan Baru. West Science: Jurnal Pengabdian , 2(01), 60-74. https://fou.org/10.588712/jpws.v2i01.155
Hasan, Z., & Ramadhan, S. (2023). Isu-Isu Gender Sebagai Basis Pemikiran Modern- Kontemporer Pemikiran Dalam Islam. Religion: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya, 1(2), 515-524. https://doi.org/10.55606/religion.v1i2.109
Hasibuan, L. (2021). Woman Trafficking Dan Konseling Psikososial Sebagai Penolong. Jurnal Al-Irsyad: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(1), 135. https://doi.org/10.24952/bki.v3i1.4176
Indriyany, I. A., Hikmawan, M. D., & Utami, W. K. (2021). Gender dan pendidikan tinggi: Studi tentang urgensitas kampus berperspektif gender. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 6(1), 55-72. https://doi.org/10.14710/jiip.v6i1.9376
Jafar, ES, Firsa, NA, Syafiyah, NYZ, Zugito, NAT, Ainunnisa, N., & Mirsyah, NF (2023). Metode Pengenalan Konsep dan Peran Gender (PENERANG) melalui Video dan Poster sebagai Upaya Pencegahan Kekerasan Seksual pada Anak Usia Dini. AIJER: Algazali International Journal Of Educational Research , 5 (2), 110-117. https://doi.org/10.59638/aijer.v5i2.464
Kurniawan, F., & Setiawati, D. (2023). Sosialisasi Pengarusuyamaan Gender Sebagai Upaya Membangun Desa Adil Gender di Kecamatan Kedungkandang. Musyawarah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 21-30. https://doi.org/10.572349/musyawarah.v2i1.239
Laxmi, L., Yusran, S., Hidayat, S., Mokodompit, E. A., Herik, E., & Akifah, A. (2023). Sosialisasi Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI No. 30 Tahun 2021 Tentang Penanganan Kekerasan Seksual di Lingkungan Perguruan Tinggi. Ekalaya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia, 2(2), 307-314. https://doi.org/10.57254/eka.v2i2.62
Nurhafiyah, I., & Marcos, H. (2023). Sistem Pakar Diagnosa Kesehatan Mental Pada Mahasiswa Universitas Amikom Purwokerto. Komputa: Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika, 12(1), 49-56. https://badge.dimensions.ai/details/doi/10.34010/komputa.v12i1.8978?domain=https://ojs.unikom.ac.id
Nurul, K.N. (2019). Konsep Kesetaraan Gender Dalam Pendidkan Islam dan Implementasinya di Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Nugraha, S. P., & Susilastuti, D. H. (2022). Peran Gender Kontemporer di Indonesia-Perubahan dan Keberlanjutan: Studi Pustaka. Psikologika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 27(2), 351-378. https://doi.org/10.20885/psikologika.vol27.iss2.art9
Riyandi, M. (2023). Praktik Kesetaraan Gender dalam Keluarga Mahasiswa Fisip Unsoed (Doctoral dissertation). Universitas Jenderal Soedirman.
Udzma, N. S. A., Hamid, A., & Herwati, H. (2023). Analisis Ketidakadilan Gender dalam Budaya Patriarchi Menurut Karin Van Nieuwkerk dalam Buku Women Embracing Islam. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1709-1716. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1438
Wartoyo, F. X., & Ginting, Y. P. (2023). Kekerasan Seksual Pada Lingkungan Perguruan Tinggi Ditinjau Dari Nilai Pancasila. Jurnal Lemhannas RI, 11(1), 29-46.https://doi.org/10.55960/jlri.v11i1.423
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).