Peningkatan Kompetensi Guru Bahasa Inggris melalui Pelatihan Metode Pembelajaran Berbasis Teknologi dan Manajemen Kelas di Sulawesi Selatan
Abstrak
Kebijakan merdeka belajar oleh Kemendikbud yang diikuti dengan lahirnya Madrasah Reform menuntut para guru untuk memiliki kompetensi pembelajaran Abad 21 yakni salah satunya keterampilan dalam pemanfaatan IT dalam pembelajaran. Sejalan dengan itu, kemampuan dalam mengelola kelas yang berpusat pada siswa sangat penting agar stigma pembelajaran yang masih bernuansa teacher-centered tidak lagi sering didengarkan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru Bahasa Inggris Madrasah Tsanawiyah melalui pelatihan metode pembelajaran berbasis teknologi untuk dapat diimplementasikan baik dalam pembelajaran daring maupun luring, melalui pelatihan manajemen kelas untuk dapat menciptakan proses belajar mengajar yang menyenangkan dan berpusat pada siswa, dan melalui pendampingan penyusunan perencanaan dan evaluasi pembelajaran di Sulawesi Selatan untuk dapat mencipatkan proses pembelajaran yang terencana dan terukur dengan baik. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah pelatihan dengan mengaplikasikan pendekatan model CBR (Communnity Based Research). Pelatihan dilaksanakan dalam empat tahap, yaitu meletakkan dasar (laying foundation), perencanaan (planning), pengumpulan dan analisis data (gathering and analysis information), serta tindak lanjut (action on finding). Peserta pada kegiatan ini yaitu 2 kota dan 1 kabupaten yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan diantaranya Kota Palopo, Kota Makassar, dan Kabupaten Gowa dengan total 40 guru dari masing-masing kota dan kabupaten. Proses pemilihan peserta pelatihan yaitu bersifat perwakilan dari sekolah yang terpilih atas rekomendasi kantor Kementerian Agama Kota dan Kabupaten setempat. Hasil dari pelatihan ini menunjukkan bahwa kompetensi guru Bahasa Inggris Madrasah Tsanawiyah meningkat melalui pelatihan metode pembelajaran berbasis teknologi untuk dapat diimplementasikan baik dalam pembelajaran daring maupun luring, melalui pelatihan manajemen kelas untuk dapat menciptakan proses belajar mengajar yang menyenangkan dan berpusat pada siswa, dan melalui pendampingan penyusunan perencanaan dan evaluasi pembelajaran di Sulawesi Selatan untuk dapat mencipatkan proses pembelajaran yang terencana dan terukur dengan baik.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Aprianti, Nurah. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Dengan Media Roda Pintar Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa Pada Materi Bangun Datar Kelas IV Di UPTD SD Negeri Campor 2. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP PGRI Bangkalan.
Banks, Sarah. 2012. Community Based Participatory Research A Guide to Ethical Principles and Practice. Durham University: Center for Social Justice and Community Action.
Centre for Community Based Research (CCBR) (formerly Centre for Research and Education in Human Services). 2004. Good practice and resource guide: Community needs assessments and service evaluations in Military Family Resource Centres by R Janzen, M Hatzipantelis, J Vinograd, M Kellerman & O Kitchener.
Ismah, Atifatul. 2020. Learning styles and the teacher's teaching strategies in SMPN 12 Malang. Universitas Negeri Malang.
Pujiani, Rejo. T., Nisa, K., & Soali, M. 2020. Pelatihan TOEFL online melalui media youtube untuk santri pondok pesantren darussalam purwokerto. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat.
Rosyada, Dede. 2016. Community Based Research CBR) Salah Satu Model Penelitian Akademik. Official Blog.
Sabon, Simon Sili. 2017. Kajian Kesiapan Kompetensi Gurubahasa inggris smp untuk mendukung implementasi Kurikulum 2013 (K-13). Jakarta: Peneliti pada Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Balitbang, Kemendikbud.
Sari, F. M. 2020. Exploring English learners’ engagement and their roles in the online language course. Journal of English Language Teaching and Linguistics.
Tim Penyusun Panduan CBR. 2015. Panduan Merancang dan Melaksanakan Penelitian Bersama Komunitas. Surabaya: UIN Sunan Ampel Surabaya.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).