Peningkatan Pemahaman Profil Pelajar Pancasila Terhadap Guru IPS Tingkat SMP Se-Kota Parepare dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

  • Masita Universitas Muhammadiyah Parepare
    (ID)
  • Mas’ud Badolo Universitas Muhammadiyah Parepare
    (ID)
  • Marwati Abd. Malik Universitas Muhammadiyah Parepare
    (ID)
  • Melinda Universitas Muhammadiyah Parepare
    (ID)
  • Musrifah Universitas Muhammadiyah Parepare
    (ID)
  • Nur Izzatil Hasanah Universitas Muhammadiyah Parepare
    (ID)
  • Nurjaya Syamsualam Universitas Muhammadiyah Parepare
    (ID)
  • Nurserianti Universitas Muhammadiyah Parepare
    (ID)
  • Nurul Fadhilah Universitas Muhammadiyah Parepare
    (ID)
  • Riska Amelia Insani Bakri Universitas Muhammadiyah Parepare
    (ID)
Kata Kunci: Seminar P3, Kurikulum Merdeka, Profil Pelajar Pancasila

Abstrak

Profil Pelajar Pancasila (P3) merupakan karakter dan kemampuan yang harus dimiliki oleh pelajar Indonesia baik dalam proses pembelajaran maupun dalam kehidupan bermasyarakat nantinya. Dalam proses implementasi Profil Pelajar Pancasila, masih terdapat permasalahan berupa ketidaksiapan guru dalam memaknai P3 dan miskonsepsi  terkait pelaksanaannya. Guru masih memiliki kendala dalam pemilihan waktu yang tepat dalam pelaksanaan P3 sehingga terkesan tidak inovatif dalam merancang sebuah projek sesuai dengan karakteristik peserta didik yang dipilih serta kesalahpahaman bahwa setiap projek yang dilakukan harus menghasilkan sebuah produk. Tujuan dari kegiatan pengabdian berupa Seminar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tingkat SMP Bidang Studi IPS se-Kota Parepare adalah untuk mewadahi guru IPS dalam menumbuhkan pemahaman mengenai P5 di lingkungan sekolah sebagai bentuk pengembangan karakter dalam kurikulum merdeka. Metode pelaksanaan yang digunakan dalam pengabdian ini dimulai dari tahap observasi kebutuhan guru melalui wawancara dan survei, tahap perencanaan, dan tahap pelaksanaan kegiatan seminar. Evaluasi tingkat keberhasilan pengabdian dilakukan melalui hasil angket respon peserta seminar setelah mengikuti kegiatan tersebut. Berdasarkan hasil perhitungan angket, diperoleh persentase respon sebesar 93,86% dengan kategori sangat baik. Hasil evaluasi ini mengindikasikan bahwa kegiatan yang dilakukan mampu meningkatkan pengetahuan guru terkait P3, meningkatkan pemahaman dalam pengimplementasian P3, dan memotivasi guru untuk melaksanakan P3 di sekolah dengan baik. Dengan demikian, kegiatan pengabdian sangat dianjurkan untuk dilaksanakan secara berkelanjutan dalam upaya meningkatkan kemampuan guru dalam pengimplementasian profil pelajar pancasila.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Asiati, S., & Hasanah, U. (2022). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Penggerak. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 19(2), 61–72. https://doi.org/10.54124/jlmp.v19i2.78

Astuti, N. R. W., Fitriani, R., Ashifa, R., Suryani, Z., & Prihantini. (2023). Analisis Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 26906–26912. http://repository.unpas.ac.id/64678/

Asvio, N., SrIwahyuni, E., Rahmadoni, J., Sugianto, Mindani, & Wulandari, I. (2023). Kompetensi Guru: Faktor Penghambat Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. PRODU: Prokurasi Edukasi-Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5, 29–45.

Defianti, A., Sakti, I., & Agustinsa, R. (2024). Pelatihan dan pendampingan penerapan projek penguatan profil pelajar pancasila (p5) di smp idhata kota bengkulu. 2(1), 1–8. https://doi.org/10.33369/abdimas.v2i1.33085

Dheafriska, D. A., & Nofiana, M. (2023). Analisis Kebutuhan Guru Rumpun IPA Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Negeri Kabupaten Banyumas. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 13, 58–67. https://doi.org/10.30595/pssh.v13i.883

Diah Ayu Saraswati, Diva Novi Sandrian, Indah Nazulfah, Nurmanita Tanzil Abida, Nurul Azmina, Riza Indriyani, & Septionita Suryaningsih. (2022). Analisis Kegiatan P5 di SMA Negeri 4 Kota Tangerang sebagai Penerapan Pembelajaran Terdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 185–191. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.578

Dwiputri, F. A., Anggraeni, D., Guru, P., Dasar, S., Kunci:, K., Pancasila, N.-N., Siswa, K., & Karakter, P. (2021). Penerapan Nilai Pancasila dalam Menumbuhkan Karakter Siswa Sekolah Dasar yang Cerdas Kreatif dan Berakhlak Mulia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 1267–1273.

Fitriya, Y., & Latif, A. (2022). Miskonsepsi Guru Terhadap Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Sultan Agung Ke-4, November 2022, 139–150.

Hadian, T., Mulyana, R., Mulyana, N., & Tejawiani, I. (2022). Implementasi Project Based Learning Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sman 1 Kota Sukabumi. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(6), 1659. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i6.9307

Hurman, H., Ali, M., & Nuraini, N. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Program Sekolah Penggerak (PSP) Tingkat SMA Dikabupaten Lombok Timur. Jurnal Suluh Edukasi, 04(1), 113–122. http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/suluhedukasi/article/view/23753

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622

Kemendikbud. (2022). Peraturan pemerintah tentang Dimensi, Elemen, dan Sub-Elemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka. In Kemendikbudristek BSKAP RI (Issue 021).

Maharani, A. I., Isharoh, & Putri, P. A. (2023). Program P5 sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka: Faktor Penghambat dan Upayanya. Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, Dan Sosial Humaniora, 1(2), 176–187. https://doi.org/10.59024/atmosfer.v1i2.153

Muh, Saputra, R., & Syukur, M. (2021). PERAN GURU DALAM PENERAPAN KARAKTER PENDIDIKAN ABAD 21 PADA SISWA SMA NEGERI 1 PAREPARE Abstrak. Pinisi Journal Of Sociology Education Review, 1(2), 114–124.

Muhartono, D. S., Wahyuni, S., Umiyati, S., Azhar, A. W., & Puspaningrum, I. I. (2023). Evaluasi Pelaksanaan Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Rangka Peningkatan Hasil Belajar. Publiciana, 16(1), 1–12. https://doi.org/10.36563/p

Rizky Satria, P. A., Sekar, W. K., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Projek Penguatan. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, 138.

Suyatno, Jumintono, Pambudi, D. I., Mardati, A., & Wantini. (2019). Strategy of values education in the Indonesian education system. International Journal of Instruction, 12(1), 607–624. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12139a

Widiastari, N. L. P. D., & Yuliandewi, N. W. (2022). Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Peserta Didik Kelas 7 dalam Mata Pelajaran Bahasa Bali di SMP Dharma Wiweka Denpasar. Dharma Sastra: Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Daerah, 2(2), 166–170. https://doi.org/10.25078/ds.v2i2.987

Diterbitkan
2024-07-31
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 74 times